Dra. Sitti Aisyah, M.Pd.

Aku adalah seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Telukjambe Barat, keseharianku selain menjadi guru IPS juga pembantu kepala sekolah bidang kurikulum. Pada...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuat QR code dan Barkcode

Membuat QR code dan Barkcode

#Tantangan Gurusiana

#Hari ke 60

Kita sering melihat suatu kegiatan atau absensi menggunakan kode kotak dua dimensi yang terdapat pada informasi. Disamping itu kadang kalau belanja di Supermarket kita juga dapat melihat barcode yang terdapat pada setiap produk barang yang akan dibeli. Keduanya adalah kode matriks yang mulai dikenal pada kegiatan industri.

Keduanya adalah produk dari kemajuan sains dan teknologi di dunia dengan menciptakan fitur mudah dalam mengakses informasi.

Sepertinya keduanya mirip namun ternyata memang berbeda, perbedaannya adalah:

QR code bentuknya persegi berisi informasi berbasis teks yang muatannya lebih besar, sedangkan barcode berbentuk batang lurus tidak beraturan lebarnya muatan nya simple Barcode biasanya memuat jenis ukuran warna sebuah produk , QR Code memuat informasi dokumen, membuka dan berbagi dokumen atau apliksi. QR Code dapat memuat data secara vertikal dan horizontal dengan ruang penyimpanan yang lebih banyak dibandingkan barcode QR Code bisad dengan smartphone atau alat pemindai. sedangkan menggunakan Barcode hanya dibaca dengan alat pemindai dari perusahaan tertentu

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang QR Code, karena sering digunakan oleh guru dalam membuat brosur, flyer, absen dan sebagainya.

Cara membuat QR code

Siapkan Link yang akan dibuatQR codenya. Searching pada halaman Google ketik QR code generator Gratis atau klik link ini https://gg.gg/hy75d. Banyak aplikasi membuat QR code, pilih yang di anggap mudah dan praktis.
Ada tampilan pilihan pada Dasbor QR Code. Masukkan situs web dari dokumen atau, apliksi, atau data anda yang membutuhkan QR Code dengan cara paste link, klik kanan copy pada mouse lalu klik paste. Buat QR code yang dipaste td. Klik " buat QR Code". Pilih style yang sediakan sesuai selera
Paste Link Media, Texr atau aplikasi lainnya pada kolom "masukkan link disini
Unduh atau download QR code yang berbentuk persegi tersebut, simpan diperangkat anda. apabila dibutuhkan untuk disisipkan pada dokumen lain sepeti brosur, flyer, absen, formulir dan lain-lain. tinggal klik insert picture.

Demikian tulisan singkat ini semoga bermanfaat. amin ya rabbal alamin. Terimakasih atas perhatiannya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bu Siti Produktif sekali, saya sempat melupakan gurusiana, melihat ibu, jadi terinpirasi. Kembali menulis di gurusiana.

14 Apr
Balas

Alhamdulillah, sudah memberikan pengaruh positif bagi orang lain, Terimakasih bu atas apresiasinya.

15 Apr

QR QUICK RESPONS, Asyiiik banget

14 Apr
Balas

Terimakasih Bu atas apresiasinya

14 Apr

Mksh ibuPanjenengan benar2 seorang guru yg kreatif,inovatif , produktif dan mudah berbagi...Smg berkah ibu...

14 Apr
Balas

Alhamdulillah, terimakasih apresianya bu, semoga saya termotivasi terus berbagi. amin

15 Apr

Mksh ibuPanjenengan benar2 seorang guru yg kreatif,inovatif , produktif dan mudah berbagi...Smg berkah ibu...

14 Apr
Balas

Terima kasih Ibu Siti Naiah atas apresiasinya. Alhamdulillah jika bermanfaat juga untuk ibu sukses terus Bu

28 Apr



search

New Post