Dra. Sitti Aisyah, M.Pd.

Aku adalah seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Telukjambe Barat, keseharianku selain menjadi guru IPS juga pembantu kepala sekolah bidang kurikulum. Pada...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuat Soal Puzzle - Bagian 2

Membuat Soal Puzzle - Bagian 2

#Tantangan Gurusiana

#Hari ke 52

Sungguh banyak bentuk evaluasi yang bisa kita buat dengan menggunakan aplikasi Puzzle Discovery Education. tentu sangat disukai oleh guru maupun siswa, sehingga ketika membuat soal tidak hanya satu jenis puzzle saja. Permainan Puzzle ini asik dimainkan di kelas maupun di rumah Bersama teman-teman. atau saat ada game bersama kelompok . Jangan khawatir bila tak keluar rumah, siapakan saja sederhana membuatnya dan mudah menerapkanya.

Seperti tulisan saya sebelumnya pada bagian ke 1 saya membahas 3 jenis Puzzle, dan kali ini saya tambahkan 3 jenis Puzzle lagi, sengaja saya bagi 3 bagian agar Bapak ibu mudah mempraktikkannya, tidak ternuru dan bosan membaca sekaligus.

5. Puzzle Matematika (Math square)

a. Masukkan judul Puzzle Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter.

b. Masukkan frasa Anda. Masukkan frasa yang harus dipecahkan. Frasa panjangnya harus minimal 40 karakter. Sebelumnya usahakan frasa tersebut ada dalam tema yang sama, jadi siswa mudah menebaknya.

Contoh hasilnya seperti ini :

Cari kata-kata yang berhubungan dengan “Interaksi antar Ruang” . untuk mengisinya pilih kata yang terbentuk “Menemukan Frasa” (Fallen Phrase) untuk menjawabnya perhatikan soal ini

1. Tempat tinggal makhluk hidup

2. Kondisi saling melengkapi yang terjadi jika ada wilayah-wilayah yang berbeda komoditas.

3. Faktor penyebab beralihnya membeli dipasar sekitar rumah.

4. Tempat berkumpul pedagang dan pembeli 5. Interaksi melalui perpindahan suatu ide atau gagasan dan informasi. 6. Interaksi melalui perpindahan barang atau energi. 7. adalah kegiatan komunikasi dengan video 8. alat komunikasi jarak jauh 9. Pepindahan Penduduk dari luar negeri ke dalam negeri 10. Komunikasi langsung dua arah

6. Puzzle Matematika (Math square)

Puzzle ini berguna untuk pelajaran berhitung atau matematika. Langkah-langkah membuat Puzzle adalah:

a. Masukkan judul Puzzle Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter.

b. Masukkan ukuran kotak matematika Anda. Paling kecil 2 x 2 atau paling besar 10 x 10. Dimensi harus sama (persegi). Masukkan angka pilihan anda di bawah kotak ini, ukuran kotak tergantung tingkatan kelas, jika tingkatan dasar maka pilih 2 sampai 4, jika tingkatan lebih tingg bisa angkanya lebih besar.

c. Pilih metode perhitungan untuk formula. Diutamakan Operator baku, ada dua pilihan.

1) Pilih opsi ini dengan cara bulatkan tombolnya, jika Anda ingin rumus dalam kotak matematika untuk menggunakan prioritas operasi baku, yang berarti perkalian dan pembagian dilakukan sebelum penambahan dan pengurangan. Ini sesuai yang digunakan di Indonesia

2) Pilih Dari kiri ke Kanan dengan cara bulatkan tombolnya, jika Anda ingin rumus dalam kotak matematika dihitung dari kiri ke kanan.

d. Tunjukkan instruksi. Centang kotak ini jika Anda ingin instruksi muncul di bawah puzzle.

Berhitung Cepat

Petunjuknya :

Cobalah untuk mengisi angka yang hilang. Gunakan angka 1 hingga 9 untuk menyelesaikan persamaan. Setiap angka hanya digunakan satu kali. Setiap baris adalah persamaan matematika. Setiap kolom adalah persamaan matematika. Ingatlah bahwa penggandaan dan pembagian dilakukan sebelum penambahan dan pengurangan.

7. Puzzle Mazes (Labirin)

a. Masukkan judul Labirin Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter.

b. Pilih bentuk labirin Anda yang di sukai. Pilih bentuk dengan mengklik tombol yang sesuai pada kotak di bawah ini

1) Empat persegi panjang

2) Cut-Out

3) Lingkaran / Oval

4) Roda

5) Melarikan diri

a. Masukkan ukuran labirin Anda. Labirin bisa berukuran 80 X 80. Misalnya : Lebar (W) 40, Tinggi (H) 40, Tambahan (A) , 5. Semakin sedikit lebarnya dan tingginya semakin mudah.

b. Masukkan jumlah piksel yang Anda inginkan untuk setiap kotak labirin (maze). Jika labirin Anda lebih besar dari 40 X 40, nilai ini harus 8 atau kurang.

c. Pilih gaya isian untuk labirin. komputer dapat menggunakan metode yang berbeda. Caranya klik dan bulatkan pilihan tombol dibawah ini:

1) Jalur Acak (Random Paths)

2) Kebanyakan Jalur Horisontal (Mostly Horizontal Paths)

3) Sebagian Besar Jalur Vertikal (Mostly Vertical Paths)

4) Jalur Kotak-kotak (Checkerboard Paths)

5) Kotak Konsentris (Concentric Squares)

6) Ke dalam X (Inward X)

Hasil nya dapat dilihat pada gambar ini

Demikian bagian ke dua tulisan saya Tentang Membuat soal menggunakan Puzzle . semoga bermanfaat, Amin ya Robbal alamin, Terimakasih atas perhatian dan apresiasinya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post