Dra. Sitti Aisyah, M.Pd.

Aku adalah seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Telukjambe Barat, keseharianku selain menjadi guru IPS juga pembantu kepala sekolah bidang kurikulum. Pada...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuat Soal Puzzle - Bagian 3

Membuat Soal Puzzle - Bagian 3

#Tantangan Gurusiana

#Hari ke 53

1. Puzzle Ubin Soal (letter tiles).

Cocok untuk game didalam ruangan maupun diluar ruangan, bisa menjadi frasa tersembunyi kantong atau amplop.

a. Masukkan judul Puzzle Ubin Soal (letter tiles) Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter. Contoh “Benda dirumah”

b. Masukkan frasa yang akan diacak. Misalnya berkaitan dengan “Benda dirumah”

c. Berapa banyak huruf yang harus ada disetiap ubin? Tiga adalah angka tipikal. Bisa anda pilih : Dua, Tiga, atau Empat. Caranya klik tombol dan bulatkan warnanya.

d. Tunjukkan instruksi. Centang kotak ini jika Anda ingin instruksi muncul di bawah puzzle.

e. Tunjukkan area jawaban. Centang kotak ini jika Anda ingin kotak kosong muncul di bawah ubin. Kotak-kotak ini akan memberi pemecah tempat untuk menulis surat.

Hasilnya seperti ini :

Instruksinya :

Pisahkan ubin untuk mengungkapkan pesan. Masukkan guntungan puzzle ubin kata, Dan tempel pada ubin kosong dibawahnya

2. Puzzle Kriptogram (Cryptogram). Cocok untuk game didalam ruangan maupun diluar ruangan, bisa menjadi frasa tersembunyi kantong atau amplop.

a. Masukkan judul Puzzle Kriptogram (Cryptogram). Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter. Contoh “Negara Negara di Benua Asia”

b. Masukkan frasa yang akan diacak. Misalnya: “Nama negara di Benua Asia” (sesuai keinginan)

c. Pilih gaya karakter. Pilih jenis karakter yang ingin Anda gunakan untuk mengganti huruf dalam frasa. Klik tombol warna : Angka, Kata Bahasa Inggris, Kata huruf Yunani.

d. Berikan surat Anda dapat memilih untuk memberikan beberapa huruf dalam cryptogram untuk membuat soal memulai. Masukkan huruf yang ingin Anda berikan dibawah. Pisahkan setiap huruf dengan spasi. Hasilnya sebagai berikut Saya membuat alat bantu kata A I U E O, artinya siswa diminta mencari kata lain berkaitan Negara-negara di Benua Asia

Hasil Puzzle ini contohnya adalah seperti ini, saya masukkan 2 contoh puzzle berbeda :

3. Puzzle Nomor Blok (Number Block)

Puzzule ini bisa digunakan untuk game angka terutama saat belajar Matematika, atau game uji kecerdasan lainnya.

a. Masukkan judul Puzzle Nomor Blok (Number Block). Anda. Judul akan muncul dibagian atas halaman Anda. Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter.

b. Masukkan ukuran blok nomor Anda. Blok angka Anda bisa sekecil 3 x 3 atau paling besar 10 x 10. Dimensi harus sama. Masukkan nomor pada kotak.

c. Masukkan nilai minimum dan maksimum untuk angka dalam kotak. Tentukan kisaran angka untuk nilai-nilai kisi. Semakin kecil kisaran angka, semakin mudah puzzle. Minimum 0 dan Maksimum 9

d. Masukkan jumlah sel yang akan kosong. Banyak sel kosong, semakin sulit teka-teki itu. Kadang-kadang, sebuah puzzle akan dihasilkan yang mengungkapkan persamaan yang dapat dipecahkan oleh lebih dari satu kombinasi angka Kosong, misalnya isi angka “5”.

e. Tunjukkan instruksi. Centang kotak ini jika Anda ingin instruksi muncul di bawah puzzle.

Cobalah untuk mengisi angka yang hilang. Angka yang hilang adalah bilangan bulat antara 0 dan 9. Angka-angka di setiap baris bertambah hingga total ke kanan. Angka-angka di setiap kolom menambahkan hingga total di sepanjang bagian bawah. Garis diagonal juga menjumlahkan total kekanan.

1. Pesan Tersembunyi (Message to be Hidden).

a. Masukkan judul untuk pencarian kata Anda. Judul akan muncul di bagian atas halaman Anda.perlu di ketahui, Judul puzzle dibatasi hingga 49 karakter.

b. Masukkan pesan yang akan disembunyikan dalam puzzle pencarian kata Anda. Huruf-huruf dalam pesan akan disembunyikan di antara kata-kata yang Anda masukkan pada kotak. Ketika orang yang memecahkan teka-teki menemukan semua kata, pesan yang tersembunyi akan terungkap

c. Masukkan ukuran puzzle pencarian kata Anda

d. Teka-teki Anda bisa hingga 40 huruf samping dan 40 huruf kebawah dan masih muat di satu halaman. Ukuran puzzle optimal adalah 15 huruf kesamping dan 15 huruf. Ke bawah

e. Jenis output puzzle pencarian kata dapat dipilih diantara 3 ini :

1) HTML. Pilih opsi ini jika Anda berencana untuk mencetak puzzle langsung dari browser.

2) Teks. Pilih opsi ini jika Anda berencana memotong dan menempelkan puzzle ke aplikasi yang berbeda.

3) Teks Huruf Kecil. Sama seperti "Teks" kecuali huruf-huruf kecil.

f. Periksa puzzle Anda. Puzzlemaker menggunakan filter kata untuk mencegah penciptaan acak kata-kata yang ofensif. Setelah Anda membuat puzzle, baca ulang dengan cermat untuk memeriksa penempatan kata-kata yang tidak diinginkan yang dibuat oleh kombinasi huruf acak. Anda dapat membuat ulang teka-teki Anda dengan memilih tombol "Kembali" di browser Anda dan menekan tombol "Buat" lagi.

Hasilnya dapat dilihat pada contoh ini :

Demikianlah yang bisa saya sampaikan dari hasil telaah saya dan praktik soal-soal menggunakan aplikasi "Puzzle Discovery Education". semoga dapat bermanfaat untuk semuanya, Amin, terimakasih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, ide kreatifnya

07 Apr
Balas

Terima kasih Bu atas apresiasinya Alhamdulillah bermanfaat

09 Apr

Manfaat sekali bu. Terimakasih ilmunya

08 Apr
Balas

Alhamdulillah bermanfaat terima kasih Bu apresiasinya

09 Apr



search

New Post