Dra. Sitti Aisyah, M.Pd.

Aku adalah seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Telukjambe Barat, keseharianku selain menjadi guru IPS juga pembantu kepala sekolah bidang kurikulum. Pada...

Selengkapnya
Navigasi Web
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Google Classroom -Bab 2

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Google Classroom -Bab 2

#Tantangan Gurusiana

#Hari ke 67

BAB II

KAJIAN TEORITIK DAN HIPOTESIS TINDAKAN

A.    Prestasi Belajar Siswa 1.      Prestasi

Menurut kamus bahasa Indonesia (W.J.S. Poerdaminta, 2011: 910) “Prestasi adalah hasil yang telah dicapai atau yang telah di kerjakan, pada siswa prestasi artinya yang telah di capai sebagai hasil dari apa yang di pelajari.

Djamarah mengatakan bahwa prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, baik secara individu maupun kelompok. (Djamarah. 1994)

Prestasi itu tidak mungkin diacapai atau dihasilkan oleh seseorang selama ia tidak melakukan kegiatan dengan sungguh-sungguh atau dengan perjuangan yang gigih. Dalam kenyataannya untuk mendapatkan prestasi tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi harus penuh perjuangan dan berbagai rintangan dan hambatan yang harus dihadapi untuk mencapainya. Hanya dengan keuletan, kegigihan dan optimisme prestasi itu dapat tercapai.

 

2.      Belajar

Belajar dalam kamus Umum Bahasa Indonesia adalah “ berusaha supaya mendapat suatu kepandaian “ (W.J.S. Poerdaminta, 2011: 121)  sedangkan menurut Dra. Evaline Siregar M. Pd (2011 : 3) yaitu “suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup sejak masih bayi      ( bahkan dalam kandungan ) hingga keliang lahat “.

Harold Spears (dalam Dra. Evaline Siregar, M.Pd, 2011 : 4) “Learning is to observe, to read, to imitate, to try something them selves, to listen to follow direction“, (Belajar adalah mengamati, membaca, meniru, mencoba, sesuatu pada dirinya sendiri, mendengar dan mengikuti aturan ).

Dari beberapa definisi diatas dapat di katakan bahwa belajar adalah suatu aktivitas mental (psikis) yang berlangsung dalam interaksi dengan lingkungannya yang menghasilkan perubahan yang bersifat relatif konstan. Ciri belajar adalah :

1)      Adanya kemampuan baru atau perubahan. Perubahan tingkah laku tersebut bersifat pengetahuan (kognitif), tingkah laku (afektif) , dan keterampilan      (psikomotor) . 2)      Perubahan itu tidak berlanggsung sesaat, melainkan menetap atau dapat di simpan.

 

3)      Perubahan tidak terjadi begitu saja, melainkan harus dengan usaha. Terjadi akibat interaksi dengan lingkungan. 4)      Perubahan tidak semata-mata oleh karena pertumbuhan fisik atau kedewasaan, tidak karena kelelahan, atau pengaruh obat-obatan.

Jadi dapat di simpulkan bahwa Pengertian Prestasi Siswa merupakan hasil yang dicapai seseorang ketika mengerjakan tugas atau kegiatan tertentu. Prestasi siswa merupakan hasil yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran di sekolah yang bersifat sikap, pengetahuan, dan keterampilan, biasanya ditentukan melalui pengukuran dan penilaian. Prestasi belajar merupakan penguasaan terhadap mata pelajaran yang ditentukan lewat nilai atau angka yang diberikan guru. Berdasarkan hal ini, prestasi belajar yang dapat dirumuskan :

1)      Prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai ketika mengikuti, mengerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran di sekolah. 2)      Prestasi belajar tersebut terutama dinilai aspek kognitifnya karena bersangkutan dengan kemampuan siswa dalam pengetahuan atau ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesa dan evaluasi, dan Mencipta. 3)      Prestasi belajar dibuktikan dan ditunjukkan melalui nilai atau angka dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru.

Jadi prestasi belajar berfokus pada nilai yang dicapai dalam proses pembelajaran di sekolah. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh karena itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyak-banyaknya dengan berbagai upaya, tapi kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk menghasilkan keputusan.

Guru sebagai ujung tombak keberhasilan belajar siswa disekolah, mereka dapat membuat keputusan untuk segera melakukan tindakan perbaikan jika dalam pelaksanaan proses pembelajarannya dirasakan ada masalah yang menghambat peningkatan hasil belajar siswanya, disinilah perlunya guru melakukan penelitian tindakan kelas.

Pada saat sekarang ini guru dituntut untuk kreatif dan inovatif (senantiasa memunculkan hal-hal baru ketika mengajar). Kombinasi antara pembelajaran dikelas, penggunaan media pembelajaran, sumber belajar yang lengkap, dan penilaian yang akurat dalam setiap kegiatan pembelajarannya. Kegiatan belajar mengajar bersifat merasakan sendiri dan berfikir sendiri dimana siswa dituntut lebih banyak berperan dalam proses pembelajaran dikelas.hal ini karena amanah kurikulum 2013 pembelajaran berorientasi pada siswa.

B.     Google Classroom

Google Classroom (atau dalam bahasa Indonesia yaitu Ruang Kelas Google) adalah suatu serambi pembelajaran campuran yang diperuntukkan terhadap setiap ruang lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk menemukan jalan keluar atas kesulitan dalam membuat, membagikan dan menggolong-golongkan setiap penugasan tanpa kertas. Perangkat lunak ini telah diperkenalkan sebagai keistimewaan Google Apps for Education lalu itu disudahi dengan pengeluaran kepada khalayak sejak 12 Agustus 2014 (Yeskel, Zach: 2014) Google sudah melakukan pemberitahuan mengenai antarmuka pemrograman aplikasi dari sebuah ruang kelas dan sebuah tombol berbagi untuk situs web sehingga pihak kepengelolaan sekolah beserta para pengembang diperkenankan supaya melakukan penerapan lebih lanjut terhadap Google Classroom (Perez, Sarah: 2015).

Google Classroom menghubungkan banyaknya layanan Google secara bersamaan guna memudahkan bagi lembaga-lembaga pendidikan agar beralih cara menuju sistem tanpa kertas (Kerr, Dara: 2014). Pembuatan dan pemberian tugas bisa dilakukan penyelesaiannya melewati Google Drive sambil menggunakan Gmail untuk membuat pemberitahuan di ruang kelas Google. Para murid dapat diundang ke sebuah ruang kelas dengan beberapa cara yaitu melalui basis data lembaga, melalui sebuah kode pribadi yang kemudian dapat ditambahkan di dalam antarmuka murid atau dengan didatangkan secara sendirian dari Sistem Pengelolaan. Keterangan Sekolah (School Information Management System). Google Classroom disatupadukan dengan Google Calendar dari para murid dan guru. Tiap-tiap kelas dibuatkan dengan adanya sebuah berkas yang dipisahkan oleh Google Classroom di dalam masing-masing layanan Google di mana para murid dapat menyerahkan hasil kerjanya untuk digolong-golongkan oleh seorang guru (Steele, Billy: 2014). Penyampaian kabar melalui Gmail membebaskan para guru untuk membuat pengumuman serta menanyakan mengenai soal-soal kepada muridnya dalam kelasnya masing-masing (Etherington, Darrell: 2014). Para guru bisa menambahkan secara langsung muridnya dari direktori Google Apps dan bisa menyediakan sebuah kode yang dapat dimasukkan sebagai jalan masuk/akses untuk para murid ke kelasnya.

Google Classroom memiliki keistimewaan dengan layanan-layanan biasa Google yaitu tidak terdapat pariwara atau iklan apapun dalam bagian antarmuka untuk para murid, fakultas dan para guru serta data pengguna tidak menjalani pemindaian dan tidak dipakai untuk kegunaan pengiklanan (Magid, Larry: 2014)

 

 

 

PANDUAN MENGGUNAKAN CLASSROOM

1.      Masuk Untuk Pertama Kalinya 1)      Buka aplikasi perambahan website (browser) di komputer PC atau laptop Anda. Masuk ke laman http://www.Classroom.hsks.sch.id. 2)      Klik tombol “Buka Kelas”untuk masuk ke laman login Akun Google. 3)      Apabila Anda sebelumnya sudah login menggunakan akun Google atau Gmail milik Anda, Anda tidak dapat melanjutkan proses ini. Hal ini dikarenakan akun anda tidak terdaftar, hal ini akan membuat Anda tidak dapat bergabung dengan kelas (join class). Untuk melanjutkan, klik profil picture account Google Anda, kemudian klik tombol “add another account” atau “tambahkan akun”. 4)      (lewati tahapan ini, jika Anda tidak melakukan login menggunakan akun Google sebelumnya) 5)      Login menggunakan Email Classroom berupa nama depan berikut tanggal dan bulan lahir dengan domain [at] Classroom.hsks.sch.id sebagai nama pengguna dan kata sandi berupa tanggal lahir, masing-masing dengan format Tahun-Bulan-Tanggal (YYYY-MM-DD). 6)      Selanjutnya Anda akan diarahkan ke laman konfirmasi mengenai persetujuan syarat dan ketentuan layanan Google. Klik tombol “Terima” untuk melanjutkan. 7)      Untuk menghindari penyalahgunaan oleh orang yang tidak berhak, Anda akan segera diminta mengganti kata sandi (password) sementara dengan kata sandi (password) baru. Masukan kata sandi baru (password) untuk menyelesaikan proses masuk. Gunakan kata sandi (password) yang aman dan mudah diingat. 8)      Klik tombol “Lanjutkan” untuk memulai menggunakan Classroom. 9)      Untuk selanjutnya Anda akan diminta memilih peran apakah sebagai seorang siswa atau pengajar. Apabila anda berperan sebagai siswa, klik “saya sebagai siswa” dan untuk selanjutnya Anda akan diarahkan ke laman beranda kelas. 10)  Berikutnya, lakukan pendaftaran atau gabung kelas dengan cara mengklik tanda “+” (perhatikan tanda panah) dan klik “Gabung dengan kelas”, masukan kode kelas yang terdapat pada lembar jadwal tugas sesuai dengan kelas atau mata pelajaran yang akan Anda ikuti.

 

11)  Bila berhasil Anda akan diarahkan pada laman dashboard kelas Anda. Untuk memasukan kode kelas lainnya, klik menu , pilih “kelas”, masukan kode kelas sesuai petunjuk yang telah dijelaskan sebelumnya (lihat no. 9). Lakukan cara yang sama untuk memasukan kode kelas lainnya. 2.      Lebih Dekat Dengan Classroom

Klik “judul kelas” untuk masuk ke laman dashboard kelas Anda.

Dibawah ini adalah penjelasan beberapa menu dan fitur pada dashboard Classroom.

1. Menu , ketika Anda mengkliknya, Anda akan menemukan beberapa link atau informasi berikut:

a) Link kelas

Link ini berguna untuk memudahkan Anda melihat daftar kelas yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

b) Link Kalender

Memuat informasi tenggang waktu pengumpulan tugas.

c) Link perlu diselesaikan

Link ini memuat informasi daftar tugas apa saja yang belum dan sudah selasai dikerjakan.

d) Link kelas terdaftar

Memuat informasi daftar kelas yang diikuti.

e) Link setting/setelan

Digunakan untuk merubah gambar profil, notifikasi, bahasa dan pengaturan account lainnya.

2. Informasi judul kelas dan nama guru kelas/mata pelajaran Anda.

3. Nama account Classroom Anda, ketika Anda mengkliknya Anda akan menemukan beberapa pilihan antara lain link untuk merubah gambar profil, link pengaturan account dan tombol keluar (sign out) dari Classroom.

4. Menu utama aliran, Anda dapat melihat daftar tugas dan informasi yang diposting oleh guru atau teman sekelah Anda. Selain itu Anda dapat memberi komentar pada setiap item tersebut kapan saja. Semua pos atau komentar muncul di bawah item dalam aliran.

5. Teman sekelas, pada menu ini Anda dapat menemukan daftar nama teman-teman satu kelas dengan Anda.

6. Tentang, memuat informasi nama guru, alamat email guru, link kalender dan folder kelas Anda.

7. Tenggat waktu, memuat informasi daftar tugas dan tenggat waktu pengumpulan tugas terkini.

8. Icon +, bisa Anda pergunakan untuk membuat post/informasi, kemudian Anda bisa membagikannya di dalam kelas.

Mengerjakan Tugas

1. Untuk memulai mengerjakan tugas, klik tombol “buka” pada item judul tugas yang akan dikerjakan, kemudian pilih opsi alat yang tersedia pada Classroom sesuai petunjuk yang tertera pada tugas.

 

3.      Berikut Ini Adalah Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan.

a) Perhatikan petunjuk yang tertera pada tugas

b) Jika Anda telah mengerjakan Lembar Kerja pada modul atau lembar kerja (hardcopy) tulisan tangan, agar tugas Anda dapat di upload melalui Classroom, anda terlebih dahulu harus merubah dokumen fisik tersebut ke format digital (PDF) menggunakan perangkat scanner kemudian mengirimkannnya melalui Classroom. Apabila Anda tidak memliki perangkat scanner, Anda dapat menggunakan aplikasi scanner seperti CamScanner, Office Lens atau Tiny Scanner di smartphone Anda (Android/iOS). Untuk panduan penggunaan aplikasi scanner di smartphone, Mohon perhatikan hal-hal dibawah ini agar file tugas Anda dapat dibaca dengan baik oleh guru.

✓ Pastikan dokumen yang akan di scan atau difoto dalam posisi portrait (tegak)

✓ Simpan file hasil scan dalam format PDF

✓ Pastikan kembali resolusi hasil scan jelas, dapat dibaca dan dalam posisi tegak (portrait).

✓ Setelah itu simpan file hasil scan pada computer atau smartphone Anda, kemudian upload pada Classroom sesuai dengan judul tugas yang tersedia.

c) Untuk tugas yang dikerjakan menggunakan Microsoft Word, Anda dapat langsung menguploadnya melalui Classroom.

d) Dan untuk jenis tugas berupa foto anda boleh menyimpannya dalam format JPG, PNG atau tipe file Image lainnya.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat langkah-langkahnya di bawah ini.

Upload Tugas Dari Komputer

Klik tombol “tambahkan” kemudian pilih “unggah file”. Pilih file yang akan Anda kirimkan, kemudian klik tombol “open”. Kemudian klik “file”. Tunggu beberapa saat, sampai proses upload file selesai.

4.      Membuat Atau Menyalin Tugas menggunakan Dokumen Online 1)      Pilihan ini bisa Anda pergunakan untuk membuat atau menyalin tugas secara langsung mengunakan alat pengolahan dokumen online yang tersedia pada Classroom. Untuk membuatnya, klik tombol “buat” pilih “dokumen”. Cara ini sama seperti halnya Anda membuat/mengketik dokumen pada Microsoft Word. 2)      Jika Anda ingin bertanya tentang tugas, Anda dapat langsung memberi komentar pada laman tugas tersebut. Komentar ini akan bersifat pribadi atau hanya dapat dilihat antara tutor dan Anda. 3)      Setelah tugas siap dikumpulkan, klik tombol “serahkan” untuk mengirimkan tugas. Untuk menghindari kesalahan pengiriman tugas, periksa kembali apakah file tugas yang akan Anda kirimkan sudah sesuai dengan judul tugas. 4)      Apabila terdapat kekeliruan dalam pengiriman, Anda dapat membatalkannya, dengan mengklik tombol “batalkan pengiriman”. Pembatalan hanya bisa dilakukan selama masa tenggat waktu pengumpulan belum berakhir atau selama tutor belum melakukan pemeriksaan dan penilaian tugas. Pastikan tugas yang dikirimkan sudah dicek sebelumnya.

 

Perhatikan status pada item tugas yang terdapat pada menu “stream” atau aliran, apabila terjadi perubahan status dari “done” atau “selesai” menjadi “returned” atau “dikembalikan” maka itu artinya tugas Anda sudah selesai dilakukan penilaian. Untuk melihat nilai buka item tugas Anda. Apabila nilai sudah muncul, Anda tidak diperkenankan untuk melakukan pengiriman ulang tugas atau mentap tombol “resubmit”, karena proses koreksi tugas yang diselenggarakan melalui Classroom hanya dilakukan satu kali.

 

5.      Pembaruan (Update) Informasi Maupun Tugas

Clasroom menyediakan 2 pilihan notifikasi (pemberitahuan) yang dikirimkan melalui email dan aplikasi Classroom di smartphone Anda. Anda sebaiknya tidak mengaktifkan fitur notifikasi melalui email untuk menghindari inbox di email Anda penuh. Gunakan aplikasi Classroom di smartphone untuk memperoleh informasi terkini di Classroom Anda. Untuk panduan instalasi Classroom di smartphone Anda.

 

6.      Membuka Email

Anda dapat memanfaatkan layanan Email untuk berkirim surat elektronik (e-mail) menggunakan account Classroom. Untuk dapat menggunakannnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

1)      Buka aplikasi perambahan website (browser) di komputer desktop Anda. Masuk ke laman http://www.mail.Classroom.hsks.sch.id. 2)      Login menggunakan Email dan password Classroom Anda. 3)      Account Classroom sudah mendukung fitur Single Sign On (SSO), apabila sebelumnya Anda sudah login pada laman Classroom, maka Anda tidak akan diminta kembali memasukan username dan password. 4)      Untuk kembali ke Classroom, klik icon apps menu di sisi kanan atas, kemudian klik icon Classroom.

 

7.      Merubah Bahasa

Laman Classroom ditampilkan dalam beberapa bahasa. Untuk memudahkan dalam pengunaannya, lakukan perubahan Bahasa sesuai dengan Bahasa yang dikehendaki. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan perubahan Bahasa.

5)      Buka aplikasi perambahan website (browser) pada komputer desktop Anda. Masuk ke laman http://www.Classroom.hsks.sch.id. Klik tombol buka kelas. 6)      Login menggunakan Email dan password Classroom Anda. 7)      (lewati tahapan nomor ini bila Anda sudah melakukan login sebelumnya) 8)      Pada halaman beranda Classroom, klik menu , pilih settings, kemudian klik “Google account settings”, scroll mouse ke bawah, pada menu “Account preferences” klik “Language & Input Tools” kemudian klik icon pensil pada pilhan menu Bahasa/Language untuk melakukan perubahan Bahasa, pilih Bahasa yang akan dipergunakan, kemudian klik “OK”.

 

8.      Menggunakan Classroom Pada Smartphone Android

Untuk dapat menggunakan aplikasi Classroom pada smartphone Android, anda terlebih dahulu harus menggaktifkan akun Classroom melalui web browser. Bila akun sudah diaktifkan, ikuti petunjuk di bawah ini.

1. Buka/tap aplikasi Play Store pada Smartphone Anda.

2. Ketikan “Classroom” di menu pencarian.

3. Pilih Classroom kemudian tap tombol “Instal”.

4. Untuk selanjutnya akan muncul laman pop up persetujuan, tap tombol “accept” untuk melanjutkan instalasi.

5. Setelah proses instalasi selesai, tap tombol “buka” atau “open” untuk membuka aplikasi Classroom.

6. Masukkan informasi akun Classroom Anda, tap tombol “Buka” atau “Sign In”.

7. Kemudian tap “add another account” atau “tambahkan akun lain”.

8. Pilih tombol “Existing” kemudian masukan informasi akun Classroom Anda berupa alamat email pada kolom yang tersedia, setelah itu masukan “password” atau “kata sandi”, klik tombol “Berikutnya” untuk melanjutkan.

9. Ketika proses signing in berhasil Anda akan diminta persetujuan tentang Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi, klik tombol “accept” atau “terima” untuk menyelesaikan proses masuk (sign in).

10. Ikuti tur Classroom dengan panduan atau sentuh “Lewati” atau “Skip” untuk membatalkannya.

Membuka Email di Smartphone

Anda dapat memanfaatkan layanan Email untuk berkirim surat elektronik (e-mail) menggunakan account Classroom pada Smartphone Anda. Untuk dapat menggunakannnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Tap aplikasi Email di Smartphone Anda

2. Apabila sebelumnya Anda sudah login menggunakan Account Email lain, switch Account ke account Classroom Anda.

 

C.    Hipotesis Tindakan

Dari paparan diatas penulis membuat Hipotesis bahwa : penggunaan Google Classroom secara signifikan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX.F pada pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Telukjambe Barat.

 

 

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

asiik bisa liat utuh nih

23 Apr
Balas

Mangga jika terinspirasi

26 Apr

Mantap Umi

25 Apr
Balas

Terimakasih Bu Titin atas apresiasinya

26 Apr

Lanjut Bu

22 Apr
Balas

Insyaallah bu

26 Apr

Infonya mntap. Trimksih buk.

24 Apr
Balas

SM sm bu. Terimakasih kembali

26 Apr

Trimksih ilmunya, bu?

02 May
Balas

Mksh bu...

23 Apr
Balas

Terimakasih kembali bu

26 Apr



search

New Post