Dra. Sitti Aisyah, M.Pd.

Aku adalah seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Telukjambe Barat, keseharianku selain menjadi guru IPS juga pembantu kepala sekolah bidang kurikulum. Pada...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menjadi Penulis Novel dengan wattpad

Menjadi Penulis Novel dengan wattpad

#Tantangan Gurusiana

#Hari ke 65

Bapak dan ibu guru yang suka menulis dan membaca berbagai cerita fiksi maupun pendidikan. Kali ini Saya ingin berbagi salah satu aplikasi pada perangkat saya yaitu wattpad. Sekarang ini banyak sekali aplikasi - aplikasi keren berbasis online untuk menuangkan ide pikiran kita, bahkan beberapa siswa saya yang masih SMP saja mampu menjadi pembuat cerita bentuk novel dengan aplikasi ini.

Wattpad adalah komunitas online bagi para penulis dan pembaca. Wattpad saya rekomendasikan karena aplikasi ini ringan, mudah digunakan, berbentuk text yang convert dengan komputer maupun HP android.

Banyak pilihan cerita dari postingan pengguna wattpad, yang bisa kita pilih, sesuai dengan selera baca kita, seperti novel, cerita pendek, puisi, artikel menarik, bahkan motivasi. Untuk mendapatkan aplikasi ini pada pengguna HP Android dengan cara download pada playstore sedangkan bagi pengguna laptop bisa masuk lewat web.

Aplikasi ini berbasis online jadi saat membaca maupun menambahkan karya dari tulisan kita harus dalam jaringan.

Mendaftarkan akun wattpad mudah, caranya bisa melalui akun Gmail atau akun Facebook.

Hobi menulis akan lebih asyiknya dengan menggunakan wattpad kita dapat menulis di mana saja kapan saja ditambah dengan penggunaan voice note pada ada HP kita.

Jangan khawatir di sini tidak perlu takut salah atau jelek karena disini tempat kita mengeksplorasi ide-ide kita untuk bercerita apa saja yang kita tahu dan apa saja yang kita pikirkan.

Kita tak terkendala lagi dengan komunitas karena menyimpan cerita pada wattpad dapat terbaca oleh public.

Langkah-langkah membuat akun dan membuat tulisan karya kita adalah:

Jika menggunakan laptop atau komputer searching pada Google ketik "wattpad"

Jika menggunakan HP Android maka Buka aplikasi Play store dan cari wattpad, download beberapa saat.

3. Setelah kita mendownload maka tampak pada layar utama hp Android kita. Pada halaman dasbor akan muncul fitur-fitur seperti:

Home 🏠, tempat kita mencari karya-karya berdasarkan tema-tema yang kita pilih dan yang terdapat dalam wattpad

Perpustakaan 📚, berisi cerita-cerita yang kita simpan untuk dibaca

Editor ✏️, sebagai pembuat cerita, kita dapat mengedit semua hasil karya yang pernah buat dan pernah dipublish.

Profil 👩‍💼, adalah informasi tentang pemilik akun.

4. Registrasi akun menggunakan akun gmail atau facebook,

5. Tampilan dasbor wattpad pada laptop atau PC hampir sama dengan tampilan HP , hanya pada laptop tidak terlihat ikon-ikon seperti diatas. Untuk menulis cerita karya kita buka profil akun. dan pilih “tulis” dan “buat cerita baru”, sedangkan untuk mengedit cerita yang sudah kita buat pilih”tulis” dan “cerita saya”.

6. Selain itu kita bisa membaca karya orang lain, dan untuk menemukan karya orang lain, kita pilih menu Home, pada HP, sedangkan pada Laptop atau PC, pilih menu Jelajahi, ada banyak thema cerita baik fiksi maupun non fiksi, pilih sesuai selera.

7. kita juga bisa bergabung dengan komunitas penulis pengguna aplikasi wattpad seluruh dunia, caranya klik “komunitas” pilih watty awards, wattpad menyebut penggunanya the watty. anda bisa bersaing merebut viewer dan menangkan hadiahnya yang selalu di bagikan setiap momen wattpad.

Selamat mencoba semoga bapak-dan ibu guru hebat terinspirasi menuliskan semua ide-ide cemerlang yang masih tersimpan di kepala masing-masing, dituangkan kedalam wattpad dimana dan kapan saja, semoga bisa bermanfaat bagi pribadi dan orang lain. Terimakasih sudah membaca tulisan ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Informatif dan inspiratif Bun....

19 Apr
Balas

Terimakasih pak Cecep, apresiasinya

21 Apr

iya mi anakku sudah bikin 3 tulisan novel fiksi dengan aplikasi ini emanya kalah..belum brani nulis

19 Apr
Balas

nah itu dia, tulisan siswaku sudah banyak, bahkan jauh lebih keren dari kita, aku aja baru 2 tulisan disitu, hehehe. semangat say

19 Apr

Ingin mencoba...trima kasih ilmunya bu

19 Apr
Balas

sama sama bu, terimakasih kembali atas apresiasinya bu Fatima

20 Apr

Sy belum mencoba Bu. Hp sy sulit. Kapasitas kecil.

19 Apr
Balas

masuknya lewat google, jgn di download saja

20 Apr

jadi ingin segera mencoba. terimakasih infonya. salam sehat dan sukses selalu Bunda

08 Jun
Balas



search

New Post