Dra. Sitti Dahliah

Nama : Sitti Dahlia AzisTTL : Langnga, 11 Nopember 1966Pekerjaan : PNS (Guru SMAN 3 Pinrang-Sulawesi Selatan)...

Selengkapnya
Navigasi Web
KEMATIAN PASTI DATANG (H 6)

KEMATIAN PASTI DATANG (H 6)

Badan pun tak berharga

Sesaat ditinggal nyawa

Anak istri tercinta

Tak Sudi lagi bersama

KEMATIAN PASTI DATANG

Kematian adalah peringatan bahwa semua yg bernyawa pasti akan kembali ke Sang Khalik.

كل نفس زاعكت الموت

Takziyah ust Abdul Latif S. Pd.I, M.Pd.I

Tiada alasan untuk tidak bersyukur. Salawat dan salam untuk nabiyullah Muhammad SAW. Salam kepada semua jamaah calon mati. Semua adalah calon mati tanpa repot mendaftar.

Setiap yg bernyawa pasti akan mati. Berpisahnya raga dengan ruh itulah wafat.

Kita melayat (melihat mayat), kita takziyah (menghibur keluarga yang berduka, menghibur, menyabarkan)

Cukuplah kematian menjadi peringatan. Menjadi hikmah agar kembali mengingat akhirat. Walau banyak harta tetap akan ditinggalkan. Dunia hanya sementara. Bagaikan seorang perantau dari alam ruh ke alam arham (rahim) ke alam syahadat (persaksian) ke alam barzah dan alam akhirat.

Perbanyak modal, bekal tak basi.

Seumpama perantau, mendapat kiriman foto rumahnya di seberang sana ... ada usaha walet, punya modal yang dikirim ke kampung. Suatu waktu semua asetnya diperlihatkan. Tentu akan ada rasa rindu pulang. Kalau orang baik meninggal ... jangan khawatir karena dia sudah save modal akhirat.

Setiap diri akan bertemu maut (kemana akan pergi?). Kematian tidak melihat kekayaan. Nabi Sulaeman kaya, mati. Nabi Yusuf gagah mati juga. Nabi Muhammad baik juga mati.

Tak perlu mencari ilmu kapan kita meninggal. Lalu melakukan tarekat yang bisa membuat musyrik.

Sebenarnya ada tanda/isyarat yg diberikan Allah.

Imam Al Qurtubi "Ada tanda yg tidak disadari:"

1. Sakit. Ingat bertapa nikmatnya kesehatan

2. Al Amrar: sakit ambil hikmahnya agar bertobat dan semakin dekat kpd-Nya

3. Al Hamum (resah, gelisah= sara ininnawa)

4. Berubahnya pendengaran, agak tuli, tidak jelas atau banta taru= tuli yang tidak peduli

5. Berubahnya penglihatan tanpa memandang usia.

Periksa diri:

-gesekkan tangan ke kulit, kalau masih berbunyi (gesekannya) berarti masih ada waktu

- cabut rambut bagian belakang tengkuk, kalau masih sakit itu masih sehat

-keringat orang yang sakit masih asin, masih sehat

-langit-langit mulut masih geli jika disentuh

Ingat umur umat Muhammad sekitar 60-70.

Jangan sampai STNK = Sudah Tua Nakal Kembali. Kematian rahasia Allah ... Tua atau muda bila ajal menjemput maka tak bisa ditunda.

Syawal sudah hampir berlalu. Janganlah menjadi Ata Ramadani (hamba Ramadan) tapi jadilah Ata Rabbani (hamba Rabb). Ada yang dengan gaya bahasa Sature (sindiran) "Kalau mau lihat ummat Islam ... lihat waktu salat ID tapi kalau yang dicari muslim sejati lihat pada saat salat Subuh".

Kita harus mempersiapkan diri secara dini agar bisa selamat dunia dan akhirat. Sibukkan raga, lisan dan hati dengan zikrullah (mengingat Allah) karena hanya dengan mengingat Allah hati akan menjadi tenang.

Pinrang, 22 Mei 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post