Analisis Metapedadidaktik (1)
T. 89
Dalam kegiatan pengembangan profesionalisme guru, Hubungan Didaktis (HD) hendaknya dapat diciptakan oleh pengawas sekolah. Keberhasilan HD juga ditunjukan ketika melakukan diskusi. Arahkan para guru agar aktif dalam menanggapi presentasi dari salah seorang guru. Para guru berdiskusi bukan hanya berdasarkan tahapan-tahapan pembelajaran tetapi juga melibatkan pengalaman mereka dalam mengajarkan materi tersebut.
Keberhasilan HD tersebut tentunya ditunjang oleh hubungan pedagogis (HP) yang baik pengawas sekolah dan guru. Pengetahuan guru dapat terbentuk melalui hubungan didaktis yang didorong oleh situasi didaktis yang diciptakan serta proses sosial melalui hubungan pedagogis yang terjadi karenanya. Sebagai contoh, ketika guru mengalami kesulitan dalam mencari luas trapesium, beberapa orang guru memberikan alternatif pembelajaran. Namun jawaban guru belum memuaskan, kerana dianggap belum memberikan alternatif pembelajaran yang konstruktif. Pengawas sekolah memberikan HP ketika terjadi interaksi untuk menegaskan apa yang belum dimengerti guru. Hal ini sejalan dengan pendapat Vygotsky yang memandang bahwa adanya interaksi sosial dan bantuan orang lain dapat membantu meningkatkan pemahaman.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar