Dra. Yasmi, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
#tantanganmenulisH18#
foto baralekdatuaksukusikumbang

#tantanganmenulisH18# "CANDUANG MENDUNIA(bag.15)Alam Takambang Manjadi Guru (lanjutan)

“CANDUANG MENDUNIA”(Bag.14)

Alam Takambang Manjadi Guru (lanjutan)

Alam takambang jadi guru, filosofi utama yang selalu dipakai oleh masyarakat Minang, baik di kampung atau di perantauan. Filosofi ini dikenal sebagai ikhwal cara masyarakat Minang dalam memandang dan memaknai alam yang terbentang. Alam sebagai ruang yang sangat luas harus dipelajari sebaik mungkin. Sebagaimana alam merupakan refleksi dari proses kehidupan manusia.

Semua unsur alam yang berbeda kadar dan perannya itu saling berhubungan tetapi tidak saling mengikat, saling berbenturan tapi tidak saling melenyapkan, saling mengelompok tapi tidak saling meleburkan.

Unsur-unsur itu, masing-masing hidup dengan eksistensinya dalam suatu harmoni. Dinamis sesuai dengan hukum alam yang dinamakan ‘bakarano bakajadian’ atau sebab akibat. Tidak berlebihan rasanya, jika orang sering menyebut bahwa setiap hembusan nafas orang Minang banyak makna simbolik di dalamnya.

Tak di kedai, surau, sawah atau ladang. Setiap ucapan baik berupa petatah, petitih, atau sekedar olok-olokan, segalanya diungkap berdasarkan alam. Hampir semuanya mengandung makna simbolik.

Ambil saja satu contoh yang merujuk pada sumpah pengangkatan penghulu atau datuk:

ka ateh indak bapucuk, (ke atas tidak berpucuk)

ka bawah indak baurek, (ke bawah tidak berurat)

di tangah-tangah digiriak kumbang.(di tengah-tengah dilubangi kumbang)

Tak ada sumpah yang lebih sakral dari itu. Ucapan sumpah yang disimbolkan pada sebatang pohon. Jika sumpah itu dilanggar, akan seperti pohon yang tidak berpucuk, tidak berurat, di bagian tengah dilubangi kumbang pula. Artinya. pohon itu sudah tak bisa digunakan lagi atau mati.

Makna simbolik dari petitih itu adalah, bahwa penghulu yang diangkat dengan sumpah tersebut jika melakukan kesalahan atau pelanggaran dari apa yang seharusnya dilakukan. Maka dia termakan sumpah, sehingga hidupnya sengsara turun temurun tidak bahagia.

Alam barangkali bukan cuma yang berada di sekitar, tapi sejauh mata memandang, sejauh apa yang terlihat dan dirasakan.

Beranjak dari filosofi ‘alam takambang jadi guru’ tersebut. Mulailah orang Minang hidup dengan kieh (bahasa kiasan). Ibaratnya bukanlah orang Minang namanya jika seseorang tak tau bahasa kieh.

Orang Minang harus bisa meletakkan sesuatu kato (kata) pada tempatnya. Barangkali dari sini bisa dimaklumi, bagaimana tindak tutur masyarakat Minang dalam ‘babahaso’ (berbahasa) dan berungkap, dimulai dengan membaca situasi alam melalui raso jo pareso (rasa dan periksa).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keren bun, jgn sp anak turun kita melupakannya

06 Feb
Balas

Sumangaaaat bundo

06 Feb
Balas

Tulisan Bundo keren, harus dilestarikan budaya kito, turunkan ka anak, sanak, ponakan maupun cucu agar terus bertahan, ndak lakang dek paneh ndak lapuak dek hujan, semoga sehat terus yo Bundo, Aamiin

05 Feb
Balas

Bisa jadi referensi utk diri sendiri dan mapel BAM, trims ilmu nyo bundo

06 Feb
Balas

Bisa jadi referensi utk diri sendiri dan mapel BAM, trims ilmu nyo bundo

06 Feb
Balas

Batuo bundo ndak urang minang namonyo kalau ndak tahu jo keih. Ndak tahu raso jo pareso... Ndak tahu jo kato nan ampek... Budaya minang harus digali lagi bundo biar ank kemenakan dan keturunan kito mengetahui adab rang minang.... Mantappp bundo... Salam kenal syifa bundo

06 Feb
Balas



search

New Post