Dra. Yasmi, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

#tantanganmenulisH20# “CANDUANG MENDUNIA” (bag.17) Tau Jo Nan Ampek (part 2)

“CANDUANG MENDUNIA” (bag.17)

Tau Jo Nan Ampek (part 2)

3. Nan ampek Sikap dalam pargaulan,(yang empat dalam pergaulan).

Nan tuo dihormati (yang tua dihormati)

Nan ketek disayangi, (yang kecil disayangi)

Samo Gadang kawan baiyo batido (sama besar teman berdiskusi)

serta Nan hati guru dipasanang, apo lai urang tuo awak,(senangkan hati guru, apalagi orang tua).

4. Nan Ampek Syarat dalam Pergaulan,(empat syarat dalam pergaulan).

Harus punya periksa, maksudnya adanya upaya untuk mengoreksi diri dari kekurangan, kelebihan, kekuatan serta kelemahan diri. Melalui pikiran yang jernih dan analisa yang dalam. Seperti adat mengatakan; caliak-caliaklah kadalam diri, nak Nampak nan di hati.” Jadi selalulah introspeksi diri dalam bergaul.Harus punya rasa, yaitu naluri ataupun perasaan pada diri seseorang berupa; sopan, santun, etika ataupun akhlakulkarimah. Adat mengatakan, ‘tau raso jo pareso.” Maksudnya rasa dari hati dibawa kepikiran untuk dipertimbangkan dengan baik.

Harus punya malu, rasa malu ini sudah ada semenjak manusia lahir. Dalam pergaulan, rasa malu itu adalah pakaian yang penting dalam pergaulan. Ingat malu itu adalah bagian dari iman.

Harus punya sopan, sopan santun, akan terlihat pada tingkah laku,, tutur kata yang harus dan terpuji.

Rang kampuang pai mangaji

Singgah sabanta di pasa Baso

Padusi kok indak baaka budi

duduaK taagak kaamari bedo

Canduang, 7/2/20

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post