Dra. Yasmi, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
#tantanganmenulisH24. “CANDUANG MENDUNIA”(Bag.21) Lidah

#tantanganmenulisH24. “CANDUANG MENDUNIA”(Bag.21) Lidah

“CANDUANG MENDUNIA”(Bag.21)

Lidah

Kata-kata di bawah ini jika diperhatikan, hanya kata yang disimbolkan dari salah satu organ tubuh kita yaitu lidah. Namun memiliki makna yang amat dalam. Seperti kata kiasan berikut:

lidah lunak indak batulang. (lidah lunak tidak bertulang)

lambuiknyo malabiahi suto. (lembutnya melebihi sutra)

tajamnyo malabiahi pisau, (tajamnya melebihi pisau)

karehnyo malabiahi basi, (kerasnya melebihi besi)

bisonyo malabiahi racun, (bisanya melebihi racun)

kelok jalan lai bapangka, (kelok jalan ada berasal)

keloknyo lidah sumbarang jadi, (kelok lidah sembarang jadi)

Lidah disimbolkan alat untuk bicara atau berkata-kata. Lidah tidak bertulang, namun dia bisa tajam melebihi pisau. Kerasnya melebihi besi. Itu adalah kiasan yang memiliki makna, jika orang tidak hati-hati berbicara dapat melukai orang lain. Bisa menusuk hati orang.

Itu sebabnya orang sering mengatakan atau menasehati agar pelihara lidah atau hati hati bicara. Maknanya adalah kalau orang bicara jangan menyakiti atau melukai orang.

Bajalan paliharo kaki, (berjalan pelihara kaki)

bakato paliharo lidah, (berkata pelihara lidah)

Maknanya adalah; kalau orang berjalan peliharalah kaki, tujuannya agar tidak melangkah kearah yang negatif atau salah. Berbicara pelihara lidah, agar tidak salah omong. Jika salah bisa membuat orang tersinggung atau sakit hati.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post