Dra. Yasmi, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
#tantanganmenulisH30. CANDUANG MENDUNIA (Bag.24) Tau Jo Nan Ampek (part.5)

#tantanganmenulisH30. CANDUANG MENDUNIA (Bag.24) Tau Jo Nan Ampek (part.5)

CANDUANG MENDUNIA (Bag.24)

Tau Jo Nan Ampek (part.5)

7. Padusi nan Ampek (Perempuan yang Empat).

Perempuan di Minang sangatlah dihormati, dimuliakan, dan ditempatkan pada posisi yang wajar. Saya juga yakin aerah lain juga demikian.

Di Minang perempuan itu dibagi kedalam empat jenis atau karakter, yaitu perempuan Simarewan, perempuan Mambang Tali Awan, perempuan, dan Bundo Kanduang,

- Banamo Padusi Simarewan (perempuan Simarewan); yaitu nan pancaliank bayang-bayang, nan panagak di tapi labuah, tagisia labiah bak kanai, dan tasingguang labiah bak jadi. Eloh baso tak manantu, suko bakato-kato cabua, duduak jo tagak dak parnah sopan. Perempuan yang yang kurang berprinsip dalam hidup. Selalu berubah-ubah arah, kemana angin kencang ke sana dia menghadap. Mudah mengumbar janji, sering keluyuran, cepat tergoda rayuan diapa saja. Suka bicara kotor, tidak pinya rasa malu, dll.

- Banamo Padusi Mambang Tali Awan (perempuan mambang tali awan). Kalau mangecek co samo gadang, sagalo labiah dari urang. Siang jo malam jarang di rumah, suko mangecek jo maota. Batandang kian kamari,lah bantuak ayam putiah, sarato duduak tagak kamari sumbang. Capek kaki tapi panaruang, capek tangan tapi pamacah.

Menurut adat Minang dulunya yaitu; perempuan yang tinggi hati, sombong, dan angkuh. Suka bergunjing, dan menceritakan kejelekan keluarga pada orang lain.sering disebut perempuan seperti preman. Perempuan senang melihat orang susah, susah melihat orang senang. SMS kata orang sekarang.

- Banamo Perempuan (perempuan sebenarnya). Perempuan diartikan sebagai wanita yang utama. Utama dalam keluarga, suku, kaum ataupun nagari. Dalam adat Minang, kedudukan dan peranan perempuan itu sangat besar dan sangat diharapkan keberadaannya. Perempuan yang mempunyai budi pekerti yang baik, tawakal kepada Allah, sopan dan hormat pada sesama. Sifat ini tampak dalam ungkapan: budi tapakai taratik dengan sopan, memakai baso-basi di ereng jo gendeng, tahu kepada sumbang salah, takut kepada Allah dan Rasul, muluik manih baso katuju, pandai bagaua samo gadang, hormat pado ibu jo bapa, baitupun jo urang tuo.

- Banamo Bundo Kanduang (bunda kandung). Sebagai lambang kehormatan dan kemuliaan, seorang perempuan yang menjadi Bundo Kanduang tidak hanya menjadi hiasan dalam bentuk fisik saja, tapi kepribadiannya sebagai perempuan. Kemudian ia harus memahami ketentuan adat yang berlaku, disamping tahu dengan malu dan sopan santun, juga tahu dengan basa basi dan tahu cara berpakaian yang pantas.

Sifat perempuan bila menjadi Bundo Kanduang tersebut dinyatakan dalam kato pusako (kata pusaka) berikut: …dihias jo budi baiak, malu sopan tinggi sakali, Baso jo basi bapakaian, nan gadang basa batuah, kok hiduik tampek banazar, kok mati tampek baniat. Tiang kokoh budi nan baiak, pasak kunci malu jo sopan, hiasan dunia jo akhirat, auih tampek mintak aia, litak tampek minta nasi, (Zulkarnaini, 1994). Makna yang terkandung dalam ungkapan ini sangatlah mendalam, kehadiran perempuan sebagai bundo kanduang merupakan contoh dan teladan budi bagi masyarakatnya, bagi kaumnya, dan bagi rumah tangganya. Sosok bundo kanduang digambarkan sebagai ibu yang berwibawa, arif bijaksana, suri teladan, dan memakai raso (rasa) dan pareso (periksa), serta tutur katanya sopan.

Canduang, 17/2/20

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post