Dra. Yenni Putri, MM

Dra. Yenni Putri, MM, akrab dipanggil dengan bunda yenni, lahir diPadang, Smatera Barat, hobbi membaca dan menulis, motto, berbuat...

Selengkapnya
Navigasi Web
SAAT MEMBERI DAN SAAT MENERIMA

SAAT MEMBERI DAN SAAT MENERIMA

Setiap waktu kita membicarakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), implementasi nilai-nilai karakter sudah ada terlihat, pada umumnya sekolah melaksanakan program berbagi sesama warga sekolah, baik oleh guru maupun peserta didik. Osis di sekolah melaksanakan kegiatan “OSIS BERBAGI” dengan tema saat memberi dan saat menerima.

Situasi sekarang dalam menghadapi covid 19 banyak lapangan pekerjaan tutup dan karyawan banyak di PHK. Selain dari itu usaha-usaha tidak berjalan dengan baik sampai ada yang ditutup. ini juga berdampak pada orang tua peserta didik terkana PHK.

Pada kegiatan “OSIS BERBAGI” inilah peserta didik saat memberi dan saat menerima. Peserta Didik yang orang tuanya mampu maka menyumbangkan hartanya untuk dapat berbagi kepada peserta didik yang kurang mampu/yatim/yatim piatu, dan peserta didik yang kurang mampu saatnya menerima sumbangan dari peserta didik yang mampu tersebut. Kegiatan ini merupakan implemetasi nilai-nilai PPK yaitu religius, integritas, mandiri, nasionalis, dan gotong royong. Begitu juga dengan guru ada saat menerima yaitu menerima penghasilan, dan ada saatnya untuk berbagi dengan orang yang membutuhkan.

Langkah-langkah yang dilaksanakan , adalah :

1. 1. Mengadakan rapat osis dengan pembina dan pimpinan sekolah melalui zoom meeting.

2. 2. Menetapkan panitia saat zoom meeting.

3. 3. Jadwal pelaksanaan

4. 4. Membuat rekening bank tempat menyalurkan sumbangan

5. 5. Menetapkan Sumbangan berupa sembako

6. 6. Menetapkan kriteria peserta didik yang akan memberikan sumbangan.

7. 7. Menetapkan peserta didik yang akan menerima sumbangan.

8. 8. Membuat pengumuman oleh wakil kesiswaan, pembina osis, osis, dan megetahui kepala sekolah bahwa ada kegiatan ‘OSIS BERBAGI” melalui online (WA kelas dan WA guru).

9. 9. Menetapkan Tempat pelaksanan yaitu di sekolah, dengan menyesuaikan protokoler kegiatan di sekolah, seperti tidak boleh terlalu ramai, memakai masker, cuci tangan, cek suhu tubuh. Sehingga peserta didik yang datang kesekolah bergantian.

Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar, orang tua yang menyumbangkan rezkinya sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Peserta didik yang menerima juga senang karena merasa terbantu dan saling peduli sesama. Saat berjauhan kita bisa peduli dan berbagi untuk sesama.

Kegiatan tidak hanya untuk peserta didik saja tetapi juga tetangga sekitar sekolah yang kurang mampu . Kegiatan merupakan kegiatan rutin osis setiap tahunnya, tetapi tahun ini berbeda situasi karena covid 19.

Kita berdo’a pada Tuhan semoga covid 19 cepat berlalu dan kita sehat semuanya. Mari kita menjaga kesehatan kita tetap mengikuti petunjuk-petunjuk yaitu harus memakai masker, hindari keramaian, jaga jarak, sering cuci tangan, jaga kebersihan, dan berdo’a.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasih bu nur

26 May
Balas

Makasih bu nur

26 May
Balas



search

New Post