STRATEGI DIGITAL MARKETING 2025 (Bagian Terakhir)
Marilah kita lanjutkan pembahasan tentang strategi digital marketing 2025 untuk bahasan keempat dan kelima. Bagian keempat tentang meningkatnya voice seatch dan voice commerce, dan bagian terakhir tentang personalisasi pengalaman.
Keempat, meningkatnya voice search dan voice commerce. Teknologi ini benar-benar menjadi pusat perhatian pada tahun 2025. Mengapa demikian?
1. Nilai yang diharapkan dari pasar global smart speaker pada tahun 2033 sebesar US$100 milliar.
2. Persentase orang dewasa muda (18-34) yang menggunakan voice search di ponsel pintar ada 77%.
3. Persentase rumah tangga AS yang diharapkan memiliki smart speaker pada tahun 2025 ada 75%.
Semakin banyak konsumen menggunakan perangkat yang diaktifkan dengan suara sehingga perusahaan perlu mengoptimalkan kehadiran online mereka untuk memenuhi permintaan suara. Ini berarti mengadopsi nada yang lebih komunikatif yang mencerminkan pola bicara sehari-hari, sehingga memudahkan asisten virtual untuk memahami dan merespons secara akurat. Optimalisasi SEO dan VSO (voice search optimization) mendorong pengguna menjadi semakin akrab dengan teknologi suara, hambatan untuk masuk akan berkurang, dan mendorong adopsi yang lebih luas. Pergeseran ini akan meningkatkan pengalaman pengguna dan memungkinkan merek untuk terlibat dengan pengguna secara lebih alami.
Kelima, pengalaman dan komunikasi yang sangat personal membantu merek untuk meningkatkan kepercayaan dan keterlibatan komunitas. Membangun kepercayaan melalui pengalaman yang dipersonalisasi akan mencapai titik tertinggi baru pada tahun 2025. Masa depan personalisasi terletak pada kemampuannya untuk menggali lebih dalam preferensi, perilaku, dan emosi pelanggan individu. Dengan munculnya AI dan teknologi digital, pelanggan memiliki akses langsung ke informasi dan dapat dengan cepat memverifikasi klaim perusahaan. Ini berarti perusahaan perlu bersikap jujur dan transparan dalam operasi mereka, dan kepercayaan harus dipupuk di setiap level organisasi. Perusahaan yang memahami hal ini dan secara aktif akan berupaya membangun ekuitas kepercayaan di semua titik kontak mulai dari kejelasan komunikasi hingga penyampaian layanan yang konsisten. Dengan demikian, perusahaan akan memiliki keunggulan kompetitif yang signifikan. Mengingat saat ini, hanya 49% orang yang memercayai klaim tersebut.
Jadi, dengan memanfaatkan AI canggih dan algoritme pembelajaran mesin, perusahaan akan menciptakan interaksi yang sangat personal yang beresonansi secara personal, menciptakan rasa koneksi, dan pemahaman yang tulus. Bayangkan, Anda menerima pesan yang mengakui pembelian terbaru Anda dan mengantisipasi kebutuhan masa depan Anda berdasarkan gaya hidup dan preferensi unik Anda. Tingkat personalisasi ini akan menumbuhkan kepercayaan yang lebih dalam antara konsumen dan merek. Pelanggan akan merasa diperhatikan, dihargai, dan dipahami dengan cara yang sebelumnya tidak terbayangkan. Hasilnya, perusahaan yang menggunakan pendekatan canggih ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan, dan mendorong pertumbuhan jangka panjang dengan membangun hubungan autentik yang bertahan lama.
Masa Depan Pemasaran.
Saat kita menatap tahun 2025, lanskap pemasaran dengan teknologi digital terus mendorong inovasi dan membentuk kembali cara merek terhubung dengan pelanggannya. Perubahan ini perlu disikapi dengan tangkas, memanfaatkan alat dan strategi baru untuk menciptakan pengalaman yang bermakna dan personal. Semoga tahun 2025 membawa kesuksesan, kegembiraan, dan peluang tanpa akhir di dunia pemasaran digital yang terus bertumbuh. Salam inovasi.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Mantap surantap ulasannya Pak. Sukses selalu
Terima kasih apresiasinya. Salam bahagia
Semoga digital marketing makin memasyarakat.
Semofa, ibu.
Mantap banget, salam sukses
Tks apresiasinya. Salam bahagia
Contoh kecil yang sekarang di aplikasikan adalah Q-ris mempermudah pembayaran bagi pedagang cilok,
Terima kasih utk implementasinya. Mantap
Selamat mencermati bagian terakhir dari strategi digital marketing 2025. Semoga semakin meningkatkan usaha-usaha kita untuk meningkatkan daya saing dan bertumbuh secara berkelanjutan. Salam inovasi.
Bisa belajar mandiri di youtube. Materi sdh byk. Mantap
Nah... bisa belajar lewat you tube. Skg byk materinya.
Strategi digital marketing, memegang peranan penting dalam dunia usaha dimasa yg akan datang
Bagi pelaku UKM masih awam dengan SEO dan VSO, sebagian besar dari mereka sdh mengenal Digital Marketing tetapi masih blm bisa mengaplikasikan DM secara maksimal karena msh blm mahir menggunakan teknologi digital ...Bgmn solusinya Bapak ?
Terimakasih ulasannya Pak.. sukses dll
Tks.... apresiasinya
Mantap banget salam sikses