Sutarno

Ttl. : Cilacap, 3 Maret 1966 Alamat : Jl. Komodo 66 Mertasinga Cilacap Pendidikan : S1 IKIP Yogyakarta th 1992, S2 PKLH UNS ...

Selengkapnya
Navigasi Web

TERJAUH MEMBAWA BERKAH

Istilah jauh bagi seseorang kadang terdengar kurang enak di dengar dalam arti perjalanan maupun maupu biaya. Bagi seorang pekerja, baik negeri/ swasta jelas membutuhka energi yang tidak sedikit. Apalagi bagi seorang kepala sekolah seperti saya ternyata penempatan lokasi dari rumah ke tempat tugas cukup lumayan jauh jaraknya yakni 94 km.

Setelah saya alami sampai satu setengah tahun ternyata kondisinya berbeda sekali. Anggapan kepala sekolah buangan atau sejenisnya sirna. Ternyata warga sekolah mempunyai kinerja yang bagus, dan tetap kompak serta mau menghargai siapapun termasuk kepala sekolah maupun lainya yang baru datang. Pekerjaan mereka ternyata sudah tertata rapi sesuai tupoksi yang diatur oleh kepala sekolah dan kepala tata usaha. Uniknya pekerjaan tata usaha selain sesuai tupoksi juga merangkap atau membantu tugas lain sebagai bentuk jiwa korsa. Contoh seorang urusan kepegawaian membantu persuratan karena bagian persuratan belum mahir dalam pengetikan. Selain itu seorang urusan kepegawaian membantu pembuatan laporan keuangan bendahara. Uniknya lagi bagian persuratan membantu bendahara dalam mendistribusikan honor. Setelah saya cek kenapa begitu kepada yang bersangkutan jawabanya “ karena sudah biasa begitu, kan saling membantu “.

Masyarakat di sekitar sekolah sangat akrab, hal ini dibuktikan ketika saya baru datang dan kunjungan ke kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh ulama di pondok pesantren sekitar dan tetangga. Ternyata antusiasnya tinggi, katanya baru kali ini kepala sekolah mau datang ke tempat kami.

Dua pondok pesantren yang ada akhirnya bisa bekerjasama dengan sekolah dalam pesantren kilat, baik untuk kelas X maupun kelas XI. Kedua pondok juga melayani pendidikan bagi siswa SMA Dayeuhluhur yang kurang mampu dan dibiayai oleh paguyuban orang tua asuh ( POTA ) warga sekolah.

Pada kegiatan tingkat kecamatan sekolah banyak dilibatkan baik guru maupun kepala sekolah sebagai anggota linsek ( lintas sektoral ). Akhirnya tak terasa anggapan jauh tak terasa karena terhempas oleh kegiatan dan jiwa korsa yang terjalin manis dan tulus.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post