Drs. Zainuddin, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

MISTERI

"Kehidupan orang itu penuh misteri". Begitulah ungkapan seseorang bila melihat keanehan pada orang lain, yang tidak diketahui asal muasal dan sepak terjang dalam kehidupannya. Misalnya kaya mendadak, namun tidak diketahui sumber kekayaannya, demikian juga sebaliknya. Kita juga sering berkata "ceritanya penuh misteri", berarti cerita itu tak terjawab sampai tuntas diakhir cerita, sehingga menimbulkan berbagai spekulasi orang utk menutup cerita itu menurut ilustrasi masing - masing.

Ada 4 (empat) hal dalam kehidupan manusia yang tidak lepas dari misteri, yang tidak pernah diketahui kepastiannya yaitu :

1. Langkah.

2. Rezeki

3. Pertemuan.

4. Maut.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, kata misteri di maknai sebagai sesuatu yang belum diketahui dan belum pasti kejadiannya. Misteri sering diartikan sebagai sesuatu kejadian diluar logika manusia, yang penuh teka teki. Misteri ada juga dikaitkan dengan alam ghaib atau supra natural. Misteri ada yang mengatakan, kejadikan yg menarik utk diketahui penyebabnya dengan pasti namun takkan diketahui kejadian yg sebenarnya, sehingga menarik keingintahuan orang-orang untuk mengetahuinya.

Contoh hal-hal yang dianggap sebagai misteri adalah hilangnya pesawat Malaysia Airline, hilangnya kapal -kapal di wilayah Segitiga Bermuda, yang sampai sekarang belum diketahui keberadaannya.

Tiba2 tanah lebur menjadi bubur lalu menelan apa saja yg ada diatasnya, yg sering disebutkan linguifaksi oleh orang yang ahli geologi dan gempa. Itulah misteri yg tidak akan pernah terungkap sampai kapanpun.

Contoh lain adalah rumah angker, rumah yang sering disebut ada penghuninya. Siapa oenghuninya, tak pernah diketahui. Ada yang mengatakan makhluk halus yang kasat mata, namun sanggub mengganggu ketenangan penghuninya. Makluk hakus itu hrs dipuja dan diberikan sesembahan, kalau tidak, maka semua penghuninya akan bermasalah. Inilah misteri yang yg berbau supra natural yg berhubungan dengan alam gaib.

Banyak kejadian misteri yang dialami manusia dalam menjalani kehidupannya di dunia ini, mau tidak mau harus diterima sebagai sebuah fakta walau kadang tidak diterima akal sehat.

Dimana kita hidup dan dimana kita menjalani kehidupan, tidak seorangpun bisa memastikan. Kalau ditanya, kenapa kita tidak dilahirkan di New Zealand saja, lalu kita akan menjalani kehidupan disana, tdk seorangpun bisa menjawab.

Begutu juga dengan rezeki dan jodoh, tidak seorang pun tau. Sekuat apapun kita berusaha dan sekuat apapun kita genggam, maka semua itu akan lepas. Demikian juga sebaliknya, kalau sudah rezeki maka selemah apapun kita genggam, kalau sudah rezeki tetap akan menjadi milik kita. Karena rezeki dan jodoh hak prerogatif Allah, yang tidak bisa digugat oleh seorangpun dimuka bumi ini.

Dari itulah, dalam islam tidak dibenarkan berpacaran. Karena selama apapun dan sehebat apapun sepasang muda - mudi menjaga hubungan mereka agar tetap langgeng, kalau bukan jodoh dan rezekinya tetap tidak sampai kepelaminan. Maka jangan heran, gara2 asmara ini, tidak sedikit pasangan yang bunuh diri. Kenapa tidak, karena kecewa cintanya tidak kesampaian, "cinta diawak kawin di urang" begitu kata orang Padang

Berapa lama hidup seseorang didunia ini juga misteri, ada yg masih dlm kandungan sudah mati,. Ada juga usia sampai se100san tahun baru meninggal. Usia ini benar - benar misteri, mati tak menunggu usia tua, yang bayipun meninggal. Demikian juga tempat kita mati menuh misteri. Kadang orang rumahnya bak istana, tapi matinya di comberanbahkan yang dibungkus dengan plastik bekas, krn dibunuh orang. Ada yang mati di jalan berbatu dan berlumpur dan ada yang mati di jalan tol, jalan yang lurus dan mulus. Jadi mati dan tempat kita mati sdh ketentuan Allah yang tidak pernah diberitahukan kepada manusia, kapan dan dimana hidupnya akan berakhir.

Berapa lama orang hidup di dunia, persis seperti paket intetnet yang ada dlm HP, berapa koata yang Allah berikan dalam jasad manusia tdk seorangpun tau. Tiba2 koata kehidupannya habis, maka hpnya tdk berfungsi lagi. Semuanya sudah tidak aktif, tidak bisa lagi kita berhubungan satu sama lain. Bedanya kalau koata hp dapat diisi ulang, tapi jatah koata hidup (usia) tidak bisa diisi ulang, krn usia adalah limited edition.

Ilmu pengetahuan tak akan mampu mengungkap misteri kehidupan, tidak ada teori khusus dan rumusan tertentu untuk mengungkap kejadian - kajadian yg sudah tergolong dalam misteri. Jadi mari kita mamfaatkan saja koata usia yang telah diberikan oleh yang Maha Kuasa, kepada hal - hal yang baik dan bermamfaat untuk kehidupan di akhirat kelak, yang juga masih penuh miateri.

Bireuen, 22 . 03. 2013.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

betul Pak meskipun seandainya besok kiamat tetaplah berbuat baik, karena kiamat misteri ilahi. dan pahala kebaikan tetap abadi

13 Apr
Balas



search

New Post