Dudi Ridwandi

Asli Kota Pekalongan, seorang tenaga kependidikan di Kota Pekalongan, yang meniti asa menjadi seorang penulis dan menjadi Dosen...

Selengkapnya
Navigasi Web
Markotop dan Kemetak Bagian 8

Markotop dan Kemetak Bagian 8

Kemetak mengeluh kepada Markotop mengenai tetangganya yang dia benci " Mar, si Sudrun itu memang keterlaluan. Tetangga tetapi tidak pernah baik sama saya, selalu meremehkan saya. Saudara-saudara sebelah rumah juga ikut-ikutan membenci saya. Rasanya saya harus pindah rumah nih Mar, saya tidak betah inginnya pindah di perumahan saja yang orang-orangnya tidak mengurusi masalah tetangga alias nafsi-nafsi. Hidupnya tenang tidak ada ghibah, cek-cok masalah anak anak"

Markotop pun berkata " Tak, kalau kamu pindah saya kesepian dong tidak ada teman ngobrol dan ngopi lagi?"

"Tenang Mar, kamu kan bisa main ke rumahku jika saya pindah di perumahan " sahut Kemetak

"Seandainya kamu di perumahan yang orangnya nafsi-nafsi, kalau rumah kamu kecurian siapa yang menolongmu?, kalau kamu sakit mendadak siapa yang mau menolongmu?, atau kalau kamu meninggal siapa dulu yang mau menolong dan mengurusmu? Apakah saudaramu yang tinggal di luar kota atau adikmu yang di luar negeri yang menolong duluan? Tentu kan tidak mungkin, pasti tetangga dulu, makanya kita dengan tetangga harus baik. Tetangga itu bahasa Jawanya TONGGO yang artinya nggotong karo nggowo (yang memikul dan membawa). Jadi, kalau kita meninggal biasanya yang menolong dulu itu tetangga dan yang memikul dan membawa kita ke pemakaman itu tetangga juga. Makanya sangat berartinya kita hidup bertetangga.

Kemetak pun menggangguk dan mengurungkan niatnya untuk pindah rumah. Dalam hatinya "benar juga ya .....".

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post