Dwiana novitasari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Salah Kaprah Daring (tantangan menulis hari ke 10)

Salah Kaprah Daring (tantangan menulis hari ke 10)

Sejak Mendikbud mengeluarkan Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 agar seluruh kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun kampus perguruan tinggi menggunakan metoda daring (dalam jaringan) alias online sebagai upaya pencegahan terhadap perkembangan dan penyebaran Coronavirus disease (Covid-19), dunia pendidikan mulai diramaikan dengan berbagai aplikasi aplikasi yang menunjang pembelajaran daring.

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet, pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan murid, tetapi dilakukan melalui online. Pembelajaran dilakukan melalui video conference, e-learning atau distance learning.

Jadi salah kaprah jika ada yang beranggapan bahwa ciri khas pembelajaran daring adalah dilakukannya videoconference ( zoom, webex, google meet dan lain-lain), karena daring dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi yang mudah dan familier bagi siswa, diantaranya Whatsapp, Youtube, dan FB.

Sekali lagi pembelajaran daring tidak harus melakukan videoconference. Pembelajaran daring dapat menggunakan apllikasi apa saja yang terpenting adalah tujuan pembelajaran tercapai. Jika menggunakan WhatsApp adalah cara yang paling mudah dipahami siswa maka gunakanlah WhatsApp. Melalui WhatsApp pun kita dapat share link google formulir yang di dalamnya dapat disajikan materi berupa video (youtube).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju....yg paling efektif utk siswa kita masing2.

11 Jul
Balas

Iya mba umi, ada teman yg ngeyel pengen pake zoom n google meet.. Lha anak anak lho kuotane terbatas

12 Jul

setujiu disesuaikan dengan kondisi guru dan siswa

21 Jul
Balas



search

New Post