DWI ISTI MUALIMAH

Lahir di Gunungkidul, 23 Desember 1981, Dwi Isti Mu'alimah biasa dipanggil Isti oleh orang tua dan orang-orang yg mengenalnya. Menamatkan S1 Pendidikan Bahasa I...

Selengkapnya
Navigasi Web
Seleksi Tahap Akhir AKSI Nasional, Wawancara Bergelora
Pucture: Personal Documentation

Seleksi Tahap Akhir AKSI Nasional, Wawancara Bergelora

Aku kembali melewati masa yang indah sekaligus mendebarkan sore ini. Selangkah lagi mengejar mimpi, menjadi tim penulis AKSI Nasional yang sudah kuimpikan dua tahun terakhir.

Aku ikut seleksi yang sama tahun lalu dan gagal. Kucoba lagi tahun ini, memperbaiki diri, belajar lebih banyak, mempersiapkan diri agar layak. Nyatanya, aku berhasil sampai di tahap akhir, interview, melewati dua tahapan sebelumnya yang tentu tak mudah. Ah jelaslah nggak mudah, namanya memilih tim penulis AKSI tingkat nasional, bukan memilih tim Dakon atau Sundamandah tingkat kecamatan.

Aku bertemu dengan tiga ibu luar biasa di ruang hampa, eh ruang Zoom tim panitia AKSI Nasional siang ini. Beliau- beliau mewawancaraiku dengan tutur kata ramah dan sorot mata nan bersahaja. Suaraku yang biasanya riang, menggebu, optimis, menggelegar, cetar (tak perlu mike kecuali audiencesnya puluhan) sesaat tadi sempat turun ke level minor karena grogi yang hadir tak kunyana. Ah... aku terpesona..sungguh terpesona..memandang memandang wajahmu..(duh kah malah nyanyi).

Selayaknya hidup yang begitu agung dan hebat, namun juga rapuh dan lemah, sungguh tak ada yang abadi di dunia. Pun ketakutanku berangsur hilang di menit selanjutnya. Aku menjawab semua pertanyaan, meski mungkin tak sempurna. Setidaknya aku jujur dan apa adanya. Aku menyelesaikannya. Sekitar 10 menit, bersama ibu-ibu hebat yang kuharapkan sangat akan kutemui lagi nantinya. Andai aku dinyatakan diterima. Aamiin.

Orang-orang seumurku umumnya tak lagi terlalu berambisi mengejar mimpi, atau bersemangat menantang rintangan. Sementata aku bak kompor Rinai, tak peduli sudah karatan, nyala dan panasnya tetap membakar.

Semangatku yang tak pernah surut mungkin sedikit berkebalikan dengan sendunya dunia saat ini. Linimasa dan media yang dipenuhi dengan berita duka, bencana alam, sakit maupun keresahan masyarakat akan hidup susah yang tak kunjung usai. Pandemi menyebabkan kelelahan bagi hampir semua orang, penurunan kemampuan ekonomi, juga kekhawatiran akan kesehatan anggota keluarga. Semuanya menjadikan tekanan hidup yang lebih berat tentunya.

Aku bukan tak berempati. Aku peduli. Hanya saja aku terlahir sebagai pejuang, tak bisa berhenti hanya karena keadaan sulit. Aku sudah terbiasa dengan kesulitan. Lagipula setahuku, masa sulit akan selalu berakhir. Berganti kebahagiaan, lalu kita akan masuk ke periode sulit yang lainnya. Ibarat makan tahu kocek, betapapun pedesnya, toh akan habis juga kita santap. Beberapa menit kemudian, pedasnya sudah tak terasa. Lalu besoknya kita ingin lagi, bahkan meningkatkan level pedasnya. Ya kan? Ya kan??

Ah, aku memang selalu mencintai petualangan, perjuangan, bergerak, bermanfaat. Jika tulisanku bisa memberikan manfaat, maka biarlah aku mencoba membuka kesempatan seluas-luasnya, agar tulisanku, bisa memberikan kemanfaatan sebanyak-banyaknya. Dan jika menjadi penulis AKSI adalah salah satu jalannya, maka aku akan berusaha, menjadi bagiannya.

Sejujurnya, aku mengalami mood swing pagi ini. Tiba-tiba menjadi tak doyan makan meskipun yang kumasak pagi ini kelihatannya sedap. Rasanya juga sedap pasti, karena yang memasak juga sedap dipandang. Wkkwk.. Tapi asli wawancara siang ini menjadikanku sensitif, grogi, bahkan sakit perut tanpa sebab. Harap begitu besar ingin lolos. Apa daya aku harus pasrah pada ketentuanNya. Apapun hasilnya nanti, aku yakini memang itu yang terbaik.

Tuhan lebih tahu dariku. Jadi aku berjanji tak akan berlarut dalam sedih. Sedih sudah pasti, itu manusiawi. Tapi aku akan meramunya dengan kekuatan, agar itu semua tak menjadikan aku jatuh. Justru menjadikanku lebib kuat, lebih bersemangat, lalu lebih baik ke depannya.

Hei anakku Salma dan Fina...

Aku memberi kalian inspirasi lagi hari ini. Aku ingin kalian melihatnya sebagai pelajaran, bahwa semangat dan perjuangan adalah bagian hidup yang akan menjadikamu pemenang. Ada saatnya kita gagal. Tapi percayalah bahwa kegagalan itu berjasa menjadikan kita lebih tangguh dari sebelumnya. Pun kegagalan kadang memberi pelajaran bagi orang lain, agar tak melakukan hal yang sama dan memilih jalan lain.

Well..

Jika mama sukses dan lolos di seleksi AKSI ini nanti, sekali lagi mama memberi kalian bukti, bahwa kapasitas seseorang, tak behubungan dengan jenis kelamin apalagi status. Emak-emak boleh sukses. Mereka boleh jadi orang keren. Begitu pun kalian. Jadi mendongaklah! Katakan dengan lantang "Aku perempuan! Aku sukses!" Insyaallah...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kerennn selalu bersemangat menggelora...lanjutt Bun

11 Feb
Balas

Waaw luar biasa bulik.. Sukses ya.. Proses yang panjang yang bulik lalui smg membuahkan hasil.. Aamiin

14 Feb
Balas

Hemmm, memang benar2 perempuan petarung yang pantang menyerah. Sukses selalu Bu say...inspirasinya vettar .embahana melcutkan semangat siapapun yang membacan. Semoga Sukses.aamiin.

12 Feb
Balas

Mantap bun dan salam sukses selalu. Ijin follow

11 Feb
Balas

Makasih Bund..saya folback njih

11 Feb

Wiih...kereen...semangatnya pool. Semoga lolos ya sayang...

11 Feb
Balas

Aamiiin..makasih Bunda..

11 Feb

Woooow....amazing...top markotop...Lanjuuuut...

12 Feb
Balas

Wes....gak bisa komen lain fikau memang kereen gak salah aku mengagumimu...

12 Feb
Balas

MasyaAllah... Menginspirasi sekali, semoga sukses k"k..

11 Feb
Balas

Hihi..thank you..next year dek Ridha harus ikutt

11 Feb

Mantap Bu, semoga sukses. Tetap semangat, jangan lupa makan..Hehe...

11 Feb
Balas

Terimakasih bunda....hihihi..sudah makan buanyaakk

11 Feb

Superrr duperrr yummy anakku cantik..sukses sllu yacah ayu.... emak mendukungmu...ayo maju...maju...ayo maju maju ayo maju...maju...

12 Feb
Balas

Perempuan keren, semua orang punya hak yang sama. Go ahead mbak. You Can...

11 Feb
Balas

Inspiratif sekali say. Sukses selalu semoga lolos ya. Takjub dengan keuletan yang telah dilakukan.

11 Feb
Balas

Terimakasih Bunda....

11 Feb

Mantap banget. Semangat bucan. Aku selalu mendukungmu!!

11 Feb
Balas

Makasih Bund..terimakasih sudah mampur...

11 Feb

Makasih Bund..terimakasih sudah mampur...

11 Feb

AKSI itu singkatan ya bu? cerita yang menarik. salam kenal dan salam sukses. jangan lupa follow back ya bu hehe

11 Feb
Balas

Assesmen Kompetensi Siswa Indonesia Bu.

11 Feb

Top markotop pokoknya. Meski musim penghujan, tetap saja renyah tulisannya. Kudu tak cubit pipimu

11 Feb
Balas

Hahahaha..habis caring Bund..terimakasih sudah berkunjung

11 Feb

Saluut bunda yg satu ini semangatnya bagai api tak kunjung padam..smoga sukses

11 Feb
Balas

Hihihi.niru bunda Tita loh saya

11 Feb

Smoga sukses selalu....

13 Feb
Balas



search

New Post