DWI KUMALASARI, S.Pd.I

Lahir di Purwosari (Simalungun) pada 22 Oktobet1970. Saat ini bertugas di SDN 016516 Pulau Sejuk, Batu Bara, Sumatra Utara. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Syukuran Kelahiran Anak

Syukuran Kelahiran Anak

Beberapa waktu lalu, saya menghadiri acara syukuran di rumah adik saya. Syukuran itu dilaksanakan dalam rangka kelahiran anaknya yang kedua. Acara semacam ini, di daerah kami biasa disebut mengayunkan anak atau menabalkan nama.

Dikatakan “mengayunkan anak”, karena anak/bayi akan dimasukkan dalam ayunan yang telah diberi hiasan dan selembar kertas /karton bertuliskan nama dan tanggal lahir si anak. Seraya diayun, akan dinyanyikan dengan lagu-lagu berisi nasehat dan doa harapan untuk si anak. Dikatakan “menabalkan nama”, karena sebelum dimasukkan ke dalam ayunan si anak akan mengalami prosesi penabalan nama (pemberian nama).

Pada awal tahun duaribuan, acara syukuran atas kelahiran anak dengan cara seperti di atas belumlah dikenal. Apabila seseorang mendapat anugrah akan kelahiran seorang anak, mereka tetap membuat acara syukuran, namun tidaklah memakai ayunan dan lagu-lagu yang mengiringinya. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, berbagai budaya dengan mudah sampai dan berkembang dari suatu daerah ke daerah lain. Demikian pula budaya “mengayunkan anak ini’.

(Bersambung)

#Tagur hari ke-15

Batu Bara, 26052020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post