Dwi Rostika Dharmawati

Dwi Rostika Dharmawati, Guru SMA Negeri 1 Tanjungpandan. Mengajar bidang Studi Biologi. Lahir di Tanjungpandan, 25 Januari 1964...

Selengkapnya
Navigasi Web
HENNA (2) Pengobatan Herbal
google image

HENNA (2) Pengobatan Herbal

Tantangan Hari Ke-86

#tantanganGurusiana

Pada tulisan kemaren mengenai henna adalah karakteristiknya dan sejarah henna.

Sebagian orang hanya mengenal henna sebagai tanaman hias dan perhiasan wanita yang sudah dikenal dari ribuan tahun yang lalu. Henna digunakan pada upacara ritual dan adat istiadat terutama adat perkawinan.

Ternyata tanaman henna atau mehndi atau inai atau pacar kuku memiliki khasiat bagi kesehatan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan tim peneliti Departemen Farmakologi, Sekolah Tinggi Farmasi Rajgad Dnyanpeeth, Bhor, (MH) India, mengulas fitofarmakologis pada tanaman pacar kuku atau Lawsonia inermis (Linn.). Tanaman ini, memiliki senyawa fitokonstituen seperti flavonoid, kumarin, triterpenoid, steroid, xanthone.

Tim peneliti dari Jurusan Farmasi dan Jurusan Kimia Fakultas MIPA, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, melakukan identifikasi dan uji aktivitas antibakteri fraksi teraktif daun pacar kuku terhadap Staphylococcus aureus dan Escherischia coli.

Secara tradisional orang sudah menggunakan pacar kuku ini untuk mengobati luka bakar, dan terutama luka yang terdapat pada kuku.

Sudah banyak para farmakolog melakukan penelitian kandungan yang terdapat pada tanaman ini, dan dapat mengobati berbagai mavcam penyakit.

Berikut beberapa manfaat tanaman henna/inai/mehndi/pacar kuku.

1. Untuk perawatan rambut dan kulit

Daun inai atau henna memberikan warna yang indah pada rambut,dan juga mampu menyehatkan rambut dan kulit kepala. Masalah rambut seperti rontok, ketombe dan gatal kulit kepala bisa diobati secara alami dengan daun henna yang memiliki sifat anti jamur. Caranya dapat mencampurkan sedikit minyak kelapa dan daun inai untuk hasil perawatan rambut yang lebih mengesankan.

2. Mengandung anti peradangan yang baik untuk rematik dan nyeri sendi

Berdasarkan penelitian, minyak inai yang terbuat dari daun inai terbukti efektif mengobati kondisi yang disebabkan oleh peradangan seperti rematik dan nyeri sendi. Minyak henna mengandung beberapa senyawa bioaktif yang disebut lawaritol dan isoplumbagin. Efeknya mirip dengan fenilbutazon yang dikenal sebagai obat anti-inflamasi. Hanya dengan mengoleskan minyak henna ke area tubuh yang meradang, dapat mengurangi rasa sakit.

3. Mengurangi rasa sakit gejala PMS

Karena memiliki sifat anti-inflamasi, daun inai juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit selama PMS (Premenstrual Syndrome) pada wanita. Di India, praktik pengobatan ini telah digunakan selama berabad-abad dan telah menjadi obat herbal kesehatan yang biasa ditumbuk atau diracik di rumah-rumah.

4. Mencegah penuaan dini

Berbicara tentang penuaan kulit, bukan hanya zat anti oksidan yang diperlukan untuk peremajaan kulit,

tapi zat astringen yang terkandung dalam daun inai juga sangat mendukung anti penuaan. Astringen

mampu meningkatkan elastisitas kulit agar tidakmudah keriput dan mengurahi tanda penuaan dini.

5. Meredakan demam

Daun inai ternyata juga punya kemampuan untuk menyedot panas dan bantu mengurangi suhu tinggi

yang disebabkan oleh demam. Kandungan Phythol dalam daun juga memberi efek meredakan rasa

sakit. Suhu tubuh yang lebih tinggi dari biasanya sebenarnya adalah gejala normal yang menandakan

bahwa tubuh sedang terinfeksi oleh virus dan bakteri. Tapi kalau demam terlalu tinggi, dampaknya bisa

sangat berbahaya.

6. Obat insomniapinterest.com

Gejala insomnia bisa diderita oleh siapa saja dengan sebab yang beragam. Efek kurang tidur pada otak jika dibiarkan terus menerus, dampaknya bisa membahayakan kesehatan. Dalam hal ini, daun inai juga telah terbukti mampu menjadi herbal alami yang efektif mengobati segala jenis gangguan tidur. Pemakaian minyak henna bisa jadi pilihan karena mengandung efek menenangkan untuk tidur lebih nyenyak.

7. Meredakan sakit kepala dan migrain

Penyebab utama sakit kepala terjadi ketika darah tidak dapat mengalir secara normal di kapiler.

Selama kehamilan, migrain dan sakit kepala kadang seringkali diderita ibu hamil, tapi mereka ragu untuk mengonsumsi obat kimia karena khawatir mengandung efek pada janin.

Dalam kondisi ini, daun inai bisa jadi solusi alami yang direkomendasikan. Dengan mengoleskan jus daun inai ke kulit, rasa sakit kepala bakal berkurang karena sifat anti-inflamasinya akan menghilangkan ketegangan dan melancarkan aliran darah.

8. Mempercepat penyembuhan luka

Kombinasi anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-jamur yang terkandung dalam daun inai menjadikannya bagus untuk penyembuhan luka. Selain itu, daun inai juga memiliki efek pendinginan alami untuk menenangkan rasa sakit yang disebabkan oleh luka terbuka, terutama kulit yang terbakar. Cukup oleskan tumbukan daun inai segar ke area yang terkena panas. Seketika daun inai akan menyedot panas dan mengurangi efek kulit terbakar.

Apabila anda ingin mengobati kondisi-kondisi seperti telah dijelaskan di atas, dengan memanfaatkan daun pacar kuku lebih baik gunakan untuk pengobatan luar saja. Sedangkan untuk pengobatan dalam haruslah anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli medis terlebih dahulu.

Tanjungpandan, 13042020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasih infonye bu, ternyata daun inai banyk manfaatnye utk kesehatan

14 Apr
Balas

Mantap, tulisannya bermanfaat bagi pembaca

14 Apr
Balas



search

New Post