Dwi Rostika Dharmawati

Dwi Rostika Dharmawati, Guru SMA Negeri 1 Tanjungpandan. Mengajar bidang Studi Biologi. Lahir di Tanjungpandan, 25 Januari 1964...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kapan Lagi Ibu Beri Kami Tugas?

Tantangan Hari Ke-80

#tantanganGurusiana

Pukul 13.00 hari ini Rabu 8 April 2020, tugasku untuk siswa kelas X MIA.1 sudah disampaikan oleh aplikasi GC tepat waktu. Sebelumnya masih ada 3 orang siswa yaitu E, MR dan R yang belum mendaftar bergabung dalam kelas biologi GC. Aku kabarkan di WA grup nama siswa yang belum bergabung. Tidak berapa lama ada salah satu dari tiga siswa tadi yaitu si E melapor bahwa dia sudah bergabung. Tetapi setelah aku cek namanya belum terdaftar. Aku hubungi lagi lewat WA biar lebih cepat dan ternyata namanya di kelas GC, yang ditulis nama keduanya. Pantas saja dipanggil dengan nama pertama tidak terdaftar.

Satu orang sudah selesai mandaftar, tinggal 2 orang lagi. Lebih kurang 10 menit menjelang tugas ditayangkan baru ada kabarnya dari si R. Dia minta kode kelasnya. Setelah berikan kodenya dan tidak sampai satu menit namanya sudah bergabung dan terdaftar dalam kelas.

Ada saja siswa yang terlambat menerima informasi. Padahal untuk kelas X MIA yang terdiri dari 3 kelas sudah sejak hari Jumat minggu kemarin kuminta untuk bergabung di GC. Karena ingin mencoba menggunakan aplikasi ini. Apakah lebih mudah digunakan untuk tugas online dibandingkan aplikasi lain yang sudah pernah kugunakan.

Sampai dengan tugas sudah ditayangkan GC,siswa yang berinisial MR belum juga bergabung. Dan sudah ku minta ketua kelas untuk menghubunginya lagi.

Tugas kali ini diberi limitnya (batas waktu) sampai dengan hari Rabu minggu depan. Cukuplah waktu untuk mereka membuat video pendek atau poster. Biasanya hari ini tugas diberikan besoknya harus sudah dikumpulkan. Alhamdulillah tugas yang lalu, semua siswa sudah mengumpulkan hasilnya.

Sewaktu terbangun mendengar kumandang azhan waktu sholat ashar, kudengar beberapa kali bunyi pesan masuk digawai. Biarkan nanti saja dibuka setelah mengerjakan pekerjaan yang wajib dilakukan.

Sambil menunggu waktunya magrib kubuka pesan-pesan yang masuk di gawai. Aku tidak menyangka siswa cukup antusias membuat tugasnya. Belum juga genap 1 hari beberapa orang siswa sudah mengirim tugas berupa poster dan 1 orang mengirim videonya. Penilaianku Poster yang mereka buat sudah bagus untuk siswa yang duduk di kelas X.

Jadi kesimpulanku tidak ada kendala bagi siswa kami untuk belajar secara online. Asal tentunya kita sebagai guru harus juga konsekuen. Apabila kita memberikan tugas tertentu, maka pekerjaan mereka harus kita beri nilai. Jangan sampai usaha mereka tidak dihargai dan sia-sia. Dan sebelum limit waktu kita cek apakah ada kendala selama mereka mengerjakannya. Berikan semangat kepada mereka. Jika sudah sampai limit dan mereka sudah mengumpulkan, berikan apresiasi dengan kalimat yang membuat mereka senang, misalnya “Thank you all, for completing the assignment on time. You guys are great.” Dijamin mereka akan bertanya, “kapan lagi ibu beri kami tugas?”

Tanjungpandan, 08042020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren bu, beri tugas ag hehe....

09 Apr
Balas

Iye sudah

10 Apr

Kasih lagi, Bu.

09 Apr
Balas

Ye tp kite ikut aturanb uak bu

09 Apr

Aku pakai GC dax lmk buk ngundang kls xi ipa setg jam la masuk semua, mggu ini UH pakai GC waktu 60menit lgsg kmk nilai, ade beberapa yang lum dinilai la arai nanyak e ade 2 urg ipa 1 nk telat jm 4 bru ngumpul

09 Apr
Balas

Iye bu, yg la masok ne kini sore baru diberi nilai

09 Apr



search

New Post