dwi setyaningsih

Lahir di Wonosobo Jawa Tengah pada 8 Mei 1971. Menjadi guru adalah cita-cita sejak kecil. Pendidikan SD, SMP dan SMA di Wonosobo. Menempuh pendidikan di IKIP PG...

Selengkapnya
Navigasi Web
KENANGAN UNBK 2019 SPENSALEK MANDIRI
SPENSALEK BER-UNBK 2019

KENANGAN UNBK 2019 SPENSALEK MANDIRI

Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Kegiatan Ujian Nasional atau UN menjadi agenda penting dan strategis dalam dunia pendidikan Indonesia, mulai dari tingkat sekolah, kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional. Kegiatan UN yang dilaksanakan masih banyak dalam bentuk berbasis kertas (paper based test), artinya soal ditulis di kertas kemudian peserta ujian menjawab di kertas pula.

Dalam beberapa tahun terakhir ini soal Ujian Nasional Berbasi Komuter atau UNBK mulai dilaksanakan oleh banyak sekolah di Indonesia, khusunya jenjang SMP dan SMK sederajat. Diharapkan dengan UNBK ini mampu meminimalisir kecurangan dalam pelaksanaan UN, terutaman dalam hal menyontek di atara para peserta ujian. UNBK diperkenalkan oleh Kemendikbud dalam pelaksanaan UN tahun 2015 berdasarkan Permendikbud Nomor 144 tahun 2014.

SMP Negeri 1 Leksono yang berada di kecamatan Leksono, kabupaten Wonosobo, yang dikenal dengan "spensalek" oleh warga sekolah ini dan merupakan sekolah tempat tugas saya telah melaksanakan UNBK sejak tahun 2016. Tahun 2019 merupakan pelaksanaan UNBK ketiga di sekolah saya. Penyelenggaraan UNBK spensalek tahun ini berbeda dalam hal tempat penyelenggaraannya yaitu diselenggarakan secara mandiri. Tahun 2016 dan 2017 sekolah saya masih menumpang di SMA N 2 Wonosobo dan SMK N 1 Wonosobo karena sekolah belum memiliki komputer/laptop yang memadai.

Tahun 2019 menjadi tahun UNBK mandiri bagi spensalek setelah sekolah bersama koordinator sarpras bekerja sama untuk pengadaan komputer/laptop, jaringan internet dan perlengkapan lainnya untuk memenuhi kebutuhan dalam penyelenggaraan UNBK mandiri. Selanjutnya sekolah menyiapkan juga SDM untuk tenaga teknisi dua orang dan proktor dua orang untuk dua ruang komputer karena ada dua server yang disiapkan dengan komputer/laptop sebagai client sejumlah 30 masing masing server.

Pengalaman pertama saya sebagai salah satu proktor dalam UNBK di sekolah merupakan pengalaman berharga. Banyak hal baru yang saya dapatkan yang selama ini hanya tahu dari membaca dan mendengar. Menjadi proktor menurut saya mempunyai tugas yang tidak ringan. Tugas proktor dimulai dari menyiapkan software UNBK sampai menjalankan software tersebut. Tugas proktor bisa berjalan baik jika ada kerja sama dengan teknisi.

Pengalaman menjadi proktor sangat berharga dan luar biasa bagi saya, karena merupakan tantangan untuk mau belajar tanpa malu untuk bertanya pada orang lain. Menjadi proktor juga ada beban karena menyangkut masa depan siswa dan nama baik sekolah, keberhasilan pelaksanaan UNBK salah satunya juga ada pada lancarnya proktor bersama teknisi dalam menjalankan tugasnya.

Alhamdulillah sejak simulasi satu, simulasi dua, gladi bersih dan pelaksanaan UNBK 2019 telah berjalan lancar. Meskipun pada simulasi dan gladi bersih mengalami masalah yang lumayan serius tapi saya bersama tim berhasil mengatasi sehingga saat pelaksaan UNBK hal-hal yang dialami pada simulasi dan gladi bersih tidak terulang lagi dan UNBK berjalan lacar.

Saya dapat menjalankan tugas sebagai proktor merupakan pemberian kepercayaan sekolah kepada saya, terima kasih atas kepercayaan tersebut sehingga saya dapat belajar dan terus belajar.

Kepada semua teman guru dan karyawan di spensalek saya ucapkan terima kasih atas dukungannya, juga kepada teman-teman di grup UNBK SMP Kabupaten Wonosobo saya sampaikan penghargaan atas bantuannya.

Harapannya semoga pelaksanaan UNBK di tahun depan lebih baik lagi. Namun Allah menentukan lain, Covid 19 membuat semua rencana yang telah dipersiapkan untuk suksesnya UNBK tahun 2020 hanya menjadi rencana. Simulasi UNBK 1 dan simulasi 2 telah terlaksana. Sosialisasi pelaksanaan UNBK bagi proktor dan teknisi juga sudah dilaksanakan. Tinggal menunggu waktu untuk sinkron isasiisasi hingga datanglah Corona dan bapak menteri memutuskan untuk pembatalan UN.

Apapun keadaannya saya bersyukur memiliki kenangan indah bersama teman-teman dan anak-anak didik saya di tahun 2019, UNBK mandiri menjadikan semangat untuk selalu belajar hal baru. Semoga Corona cepat pergi dan sekolah kembali normal tanpa pembatasan lagi untuk bertemu antara guru dan peserta didik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post