Dwi Yulianti

Saat ini menjalankan tugas di SDN Pondokcina 3. Menulis menjadi hobi yang ditekuni. Buku "Kisah Serdadu-Serdadu Kecil" dan "Dasawarsa Pelangi Kehidupan" adalah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Harapan dan Mimpi

Harapan dan Mimpi

HARAPAN DAN MIMPI

Sebuah keinginan menjadi asa

Asa tumbuh hingga berbuah harapan

Cahaya selalu menaungi dan memberi arti

Kadang menjadi tantangan yang bermakna

Harapan pun menjadi mimpi terindah

Terbang dan menari, seiring asa menuai mimpi

Menguatkan mimpi hingga semburat itu nyata

Dan terwujudlah mimpi dari sebuah harapan

Harapan memang sebuah kata bijak yang sarat makna. Memberikan harapan adalah kata dengan makna positif. Hal ini karena semua orang selalu menginginkan hal terbaik yang akan terjadi di masa yang akan datang. Sebuah perjalanan yang dilalui untuk menggapainya memang tak mudah. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meraih sebuah harapan, diantaranya:

1. Niat untuk meraih harapan

Seperti kata pepatah “semua tergantung niatnya”, maka mulailah dengan niat yang baik maka harapan akan mudah di raih. Rintangan akan selalu ada, namun dengan keyakinan dan kemampuan yang kita miliki,maka rintangan tersebut akan mudah teratasi.

2. Berusaha cerdas

Memilih jalan terbaik dalam meraih harapan menjadi kunci utama agar sebuah harapan dapat diwujudkan. Jalan terbaik juga harus mempertimbangkan banyak hal. Yang paling tepat untuk meraihnya adalah dengan berusaha cerdas.

3. Berdoa

Berdoa menjadi kunci sukses meraih harapan. Tak ada yang bisa memberikan kemudahan kecuali Sang Maha Pencipta. Mintalah pada Allah, maka Allah akan mengabulkannya.

4. Menantang Harapan

Sebuah harapan akan menjadi harapan jika kita tidak berusaha meraihnya. Tantanglah harapan hingga menjadi sebuah mimpi. Mimpi yang akan menemai tidur dan berharap segera terwujud saat terbangun nanti.

Dari keempat hal ini saya akhirnya mencoba mewujudkan mimpi dengan cara terakhir “Menantang Harapan”. Harapan terbesar untuk menerbitkan buku berisi karya tulisan berupa cerpen di tahun 2020,membuat saya mencari kesempatan untuk belajar menulis dengan baik. Akhirnya sebuah wadah menulis di MediaGuru menjadi ajang pembuktian kemampuan menulis. Mendaftar pelatihan di masa liburan akhir tahun adalah tantangan sendiri. Meninggalkan keluarga sejenak, menjadi pilihan menantang harapan lainnya. Hingga akhirnya sedikit demi sedikit kemampuan menulis menjadi terarah dan mematuhi aturan yang berlaku. Dan mimpi menjadi penulis mulai membayangi.

Menulis dan menulis kini menjadi sebuah kegiatan baru yang saya lakukan untuk mewujudkan mimpi. Sedikit demi sedikit tulisan yang saya buat memenuhi syarat untuk dibukukan. Melakukan kegiatan membaca kembali tulisan dan memperbaiki kembali jika ada kesalahan penulisan mulai dipelajari. Perlahan namun pasti, menantang harapan yang telah dilakukan kini mulai membuahkan hasil, ya... kini berhasil mewujudkan mimpi. 3 buku solo berupa kumpulan cerita pendek dan goresan puisi serta 7 buku antologi. Buku-buku antologi yang diwujudkan berupa lomba menulis buku dengan tema tertentu maupun kegiatan literasi lainnya.

Kini saya ingin mewujudkan sebuah mimpi membuat “Klub Literasi”. Saya mulai menantang harapan dengan cara mempersiapkan semua kebutuhan yang akan membantu mewujudkan mimpi saya. Di mulai dengan membuat program yang kan dilakukan selama satu semester nanti, hingga karya yang dibuat oleh peserta “Klub Literasi” menjadi sebuah buku cipta karya dalam klub tersebut. Perjalanan yang akan di mulai ini semoga menjadi wujud nyata yang akan memberikan banyak arti dalam dunia literasi, khususnya kemampuan peserta didik meningkat dalam memahami teks bacaan. Dalam hal keterampilan membaca, peserta didik nantinya mampu menceritakan kembali teks bacaan yang telah dibacanya. Semoga... mimpi dari sebuah harapan ini terwujud nyata. Aamiin.

Dwi Yulianti

Guru dari SD Nasional Plus Tunas Iblam, Kota Depok. Ibu besama suami dari 3 putra dan putri yang masih berusaha menemukan harapan dalam mewujudkan mimpi terbaiknya. Menulis menjadi kegiatan yang menyenangkan disaat mengisi waktu luang atau menghilangkan stres dari sebuah agenda pekerjaan. Dapat dihubungi pada nomor WA 081310276388 atau email [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat untuk 3 buku solonya. Semoga harapan tuk bisa terbitkan buku di klub literasi juga segera terwujud. Salam literasi...

11 Jan
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Sumarjiati

12 Jan

Ulasan ang sangat keren bu Dwi salam kenal ijin follow dan follow back ya terima kasih

18 Jan
Balas

Terima kasih. Done pak

22 Jan



search

New Post