Dyah Argarini

Guru Bahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Surabaya. Suka menulis dan membaca apa saja. Mendukung literasi dengan daya dan upaya untuk kemajuan an...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hak Allah, The Right of Allah (3)
https://cermin-dunia.github.io/denah/post/gambar-nabi-isa/

Hak Allah, The Right of Allah (3)

Apakah hak Allah itu? Saya akan menceritakannya di sini dalam 2 bahasa yakni bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Saya menceritakannya berdasarkan sebuah buku terjemahan dari kitab Mi'ah Qishshah fi Anis Ash-Shalihin wa Samir Al Muttaqin karangan Muhammad Amin al-Jundi yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Safruddin Edi Wibowo Lc.

Once upon a time, Prophet Isa (as) was on a hill. The devil came and said to him, "Didn't you say that if Allah willed the death of a human, then death would have happened?" Prophet Isa replied, "That is true." The devil asked again, "What if Allah doesn't want it?" Isa (as) replied, "Death will not happen." The devil, may Allah curse him, retorted, "Then jump off this hill. If Allah wants you to die, you will die, but if Allah does not want your death, you will not die.." Prophet Isa snapped at him, "Get out of here, O cursed devil! Indeed, Allah has the right to test His servants, but it is not the right of a servant to test his Lord."

Dalam bahasa Indonesia kurang lebih seperti ini:

Suatu ketika, Nabi Isa a.s berada di atas sebuah bukit. Kemudian datanglah iblis menghampiri beliau dan berkata, "Bukankah engkau mengatakan bahwa jika Allah menghendaki kematian manusia niscaya kematian itu akan terjadi, benar bukan?" Nabi Isa menjawab, " Iya, benar." Lantas iblis bertanya lagi, "Bagaimana jika Allah tidak menghendaki?" Nabi Isa menjawab, "Kematian itu tentu tidak akan terjadi." Iblis, semoga Allah melaknatinya, lantas menukas,"Kalau begitu, ayo,lompatlah engkau dari atas bukit ini. Jika Allah memang menghendaki kematianmu, engkau akan mati. Tetapi bila Allah tidak menghendaki kematianmu, engkau pasti tidak akan mati." Mendengar iblis berkata seperti itu, Nabi Isapun membentaknya, "Enyahlah engkau, wahai iblis laknat!" Perlu engkau ketahui, bahwa sesungguhnya Allah berhak menguji hamba-hambaNya tetapi bukan hak seorang hamba untuk menguji Tuhannya."

Dalam kitab al-Zuhd, Imam Ahmad bin Hanbal memasukkan riwayat tentang perbincangan Nabi Isa ‘alaihissalam dan Iblis tersebut. Berikut riwayatnya:

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُثَنَّى قَالَ: حَدَّثَنِي أَنَسُ بْنُ عِيَاضٍ، عَنْ يُونُسَ قَالَ: حَدَّثَنِي ابْنُ شِهَابٍ قَالَ: قَالَ إِبْلِيسُ لِعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ: يَا ابْنَ مَرْيَمَ إِنَّكَ لَا يُصِيبُكَ إِلَّا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكَ قَالَ: أَجَلْ يَا عَدُوَّ اللَّهِ قَالَ: فَارْقَ هَذَا الْجَبَلَ فَارْمِ بِنَفْسِكَ أَنْظُرُ تَمُوتُ، قَالَ عِيسَى عَلَيْهِ السَّلَامُ: يَا عَدُوَّ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَبْتَلِي عَبْدَهُ وَالْعَبْدُ لَا يَبْتَلِي رَبَّهُ

(Imam Ahmad bin Hanbal, al-Zuhd, Kairo: Dar al-Rayyan li al-Turats, 1992, h. 306)

Sumber: https://islam.nu.or.id/hikmah/debat-nabi-isa-dan-iblis-Y375G

Semoga kisah ini bermanfaat dan kita bisa mengambil hikmahnya. Semoga Allah mengampuni kita jika selama ini kita sering arogan bersikap dan berpikir kurang sopan dan mengujiNya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Good literacy, wonderful ....... good luck........

09 Apr
Balas

Thank you, Bu Afida

09 Apr

Good literacy, wonderful ....... good luck........

09 Apr
Balas

Thank you, Bu Afida

09 Apr

Alhamdulillaah, keren mantap ulasannya, sehat dan sukses bu Dyah Argarini

09 Apr
Balas

Terimakasih, Bu. Sehat dan sukses selalu untuk Bu Zuyyinah

09 Apr

Good

09 Apr
Balas

Thank you, Bu

09 Apr

Luar biasa Bunda penuh inspirasi dan mencerahkan

09 Apr
Balas

Terimakasih Pak Tri, sudah mampir baca. Sukses selalu untuk njenengan.

09 Apr

Tauziah yang mencerahkan, tks bu Dyah

09 Apr
Balas

Sama sama, Bapak. Terimakasih apresiasinya.

09 Apr

Good

09 Apr
Balas

Thank you, Mr. Edy

09 Apr

Good

09 Apr
Balas

Thank you, Mr. Edy. Be blessed

09 Apr



search

New Post