Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kesalahan Penulisan

Kesalahan Penulisan

Perhatikan kalimat yang ditulis dengan huruf merah pada ilustrasi di atas! Apakah ada kesalahan penulisan? Benar, ada dua kata yang salah penulisan, yakni kata "DI BONGKAR" dan "DISINI". Kata "DI BONGKAR" seharusnya ditulis "DIBONGKAR", sedangkan kata "DISINI" seharusnya ditulis "DI SINI". Mengapa?

Sebagaimana kita ketahui, "DI" pada kata "DIBONGKAR" merupakan awalan, bukan kata depan sehingga penulisannya harus serangkai dengan kata berikutnya. Sementara "DI" pada kata "DI SINI" merupakan kata depan sehingga penulisannya harus dipisah dengan kata berikutnya.

Kesalahan penulisan seperti itu memang masih cukup sering terjadi. Rupanya masih cukup banyak orang yang belum bisa membedakan mana "di" yang merupakan "awalan" dan mana yang merupakan "kata depan". Jika "di" diikuti dengan kata kerja, berarti merupakan "awalan" sehingga penulisannya serangkai dengan kata berikutnya. Namun jika "di" diikuti dengan nama tempat, berarti merupakan "kata depan" sehingga penulisannya dipisah dengan kata berikutnya. [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih pencerahannya. Salam dari Pak Nono Hartono terima kasih atas kiriman bukunya.

21 Dec
Balas

O ya, terima kasih juga atas salam dari Pak Nono. Salam kembali, Pak. Semoga kapan kapan saya bisa bertemu beliau.

21 Dec

SukaaaaaSuka banget.

25 Dec
Balas

Terima kasih, Bu Lia.

26 Dec

Alhamdulillah..., selalu ada pencerahan dari Pak Edi mengenai penulisan yang benar. Jazakillah khoir, Pak. Semoga sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah..., Pak Edi.

21 Dec
Balas

Amin. Semoga Bu Raihana pun selalu sehat, bahagia, dan sukses.

22 Dec

Masya Allah, tak bosan Pak Edi mengingatkan tentang penulisan yang, sampai dipakai cara seperti itu, dengan gambar tulisan. Karena masih ada gurusianer yang masih salah penulisan. Terima kasih Pak selalu mengingatkan. Sukses selalu dan barakallahu fiik

21 Dec
Balas

Amin. Semoga Bu Ropiah pun selalu sehat dan sukses.

22 Dec

Amin. Semoga Bu Ropiah pun selalu sehat dan sukses.

22 Dec

Alhamdulillah, dapat ilmu baru. Terimakasih pak Edi.

21 Dec
Balas

Samasama, Pak Tony. Meski hanya sedikit, semoga ada manfaatnya.

21 Dec



search

New Post