Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengoreksi Tulisan Penulis Lain
Salah satu koreksi yang saya lakukan terhadap tulisan teman dari Sumbar.

Mengoreksi Tulisan Penulis Lain

Setiap penulis, memiliki kemampuan berbahasa tulis yang berbeda. Ada yang sudah bagus, namun ada pula yang belum. Terhadap penulis yang sudah bagus kemampuan berbahasa tulisnya, cukup dinikmati tulisannya. Namun, terhadap penulis yang belum bagus, ada tanggung jawab moral dari sesama penulis untuk menunjukkan kekurangannya jika memang mampu.

Meski kemampuan berbahasa tulis saya masih terbatas, kadang saya memberanikan diri untuk memberikan koreksi pada tulisan-tulisan penulis lain jika menurut saya ada kesalahan penulisannya. Selain sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama penulis, rasanya juga tak baik jika saya membiarkan penulis lain melakukan kesalahan penulisan yang bisa jadi sebagai akibat dari ketidaktahuannya.

Sejauh ini, belum ada tanggapan negatif dari teman-teman penulis lain yang saya koreksi tulisannya. Umumnya, mereka justru berterima kasih karena telah saya tunjukkan kekurangannya. Bahkan, kadang ada penulis lain yang "iri" dan kemudian meminta saya agar juga mau mengoreksi tulisannya. Tanpa ragu-ragu, saya pun kemudian menuruti permintaannya.

Sebagaimana diketahui, berbahasa tulis memang tidak mudah. Ada kaidah-kaidah menyangkut banyak hal yang harus ditaati. Kenyataannya, dengan berbagai alasan masih cukup banyak orang yang belum memahami kaidah-kaidah tersebut. Akibatnya, saat mereka membuat tulisan, kadang ada kesalahan-kesalahan penulisan yang tidak mereka sadari. Apakah penulis yang telah memahami kaidah -meski masih terbatas- akan membiarkan penulis lain melakukan kesalahan penulisan? Tentu tidak, bukan?

Karena itu, jika teman-teman mengetahui ada tulisan penulis lain yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan, sudilah untuk menunjukkan kesalahan tersebut jika memang mampu, demi kebaikan kita bersama. Dengan demikian, diharapkan kesalahan-kesalahan penulisan di blog ini nantinya akan semakin berkurang. [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kritis dan melatih kejelian. Ok pak. Salam Sehat sejahtera

10 Dec
Balas

Betul sekali, Pak. Salam sehat dan sejahtera juga.

10 Dec

Siap 86 pak Edi. Prinsipnya saling asih, asah dan asuh.

10 Dec
Balas

Betul sekali, Pak Agus. Kalau sering diasah, akan semakin tajam tentunya.

10 Dec

Mantaap... Terus berbagi dan menginspirasi tiada henti Pak Edi. Saya juga sangat berterima kasih untuk ilmunya yang sering dibagi. Sukses selalu Pak..

10 Dec
Balas

Sama-sama, Bu. Sekarang tulisan Bu Lupi sudah semakin bagus. Sukses selalu untuk Bu Lupi.

10 Dec

Pak Edi memang selalu teliti dan jeli serta peduli. Rajin memberikan komentar untuk kami yang masih berantakan tulisannya sehingga menjadi rapi dan enak dibaca. Hal ini tentu karena pengetahuan Pak Edi tentang tulisan yang baik sudah mumpuni. Pak Edi layak dinobatkan sebagai editornya rumah besar ini. Saya siap belajar dari tulisan dan kritikan Pak Edi. Jazakallah khoir telah menyempatkan diri untuk mengoreksi. Ini akan menjadi amal jariah yang pahalanya tiada henti. Semog sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah..., Pak Edi.

10 Dec
Balas

Aduh, Bu Raihana. Saya jadi malu. Yang jelas, sesama penulis perlu saling memiliki kepedulian, Bu. Amin. Terima kasih atas doa Bu Raihana. Semoga Bu Raihana pun selalu sehat, bahagia, dan sukses.

10 Dec

Terima kasih selama ini sudah memberikan koreksi pada saya Pak. Selalu saya harapkan untuk itu. Sukses selalu dan barakallahu fiiik

10 Dec
Balas

Sama-sama, Bu Ropi. Sukses juga untuk Bu Ropi.

10 Dec

Saya juga mau pak di beri masukan atas tulisan saya.

10 Dec
Balas

Siap, Bu Yuria.

10 Dec

Keren Pak ,terima kasih selalu mau berbagi ilmu. Sehat dan sukses selalu

10 Dec
Balas

Sama-sama, Bu Rumondang. Semoga Bu Rumondang pun selalu sehat dan sukses.

10 Dec

Baik pak, saya siap untuk dikoreksi...

10 Dec
Balas

Hehehe... insyaallah saya siap, Bu.

10 Dec



search

New Post