Edit Kadila, S.Pd

Saya bukanlah orang yang pandai merangkai kata-kata. Tapi saya ingin merangkai kata dalam hidup saya agar saya bisa lebih banyak berarti buat orang lain dengan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Sains Tema Kendaraan (H30 T365)

Belajar Sains Tema Kendaraan (H30 T365)

Kemarin Jumat 25 Maret 2022 sekolah PAUD AL HAFIZH mengadakan kegiatan sains pada tema kendaraan sub tema kendaraan udara. Kegiatan apakah itu? Membuat balon udara dengan menggunakan campuran fermipan dan gula ditambah dengan air hangat. Kemudian dikocok-kocok tutup dengan balon tunggu deh sekitar 10-15 menit balon akan mengembang. Mudah kan? Sangat mudah, dan mungkin akan memakan waktu hanya 10 menit saja.

Bagi saya kegiatan itu jangan dibuat simpel seperti itu saja. Tapi buatlah hal -hal yang membuat anak menjadi lebih tertantang dan seru. Apa misalnya? Sebelum kegiatan dimulai saya menerapkan dulu aturan bermainnya. Saya menyebutkan semua bahan-bahan yang ada di depan mereka dan anak menunjuk serta mengamatinya.

Setelah itu saya merangsang anak-anak dengan pertanyaan terbuka. Bagaimana ya caranya memasukkan bahan-bahan itu ke dalam botol tanpa tumpah sedikit pun. Jawaban dari anak pasti bermacam-macam. Ada anak yang menjawab corong loh. Tapi corongnya mana ya? Kemudian saya menunjuk potongan kertas yang ada di depan mereka. Yuk, kita buat corong. Saya pun mulai menunjukkan cara membuat corong. Banyak anak yang mengatakan "ibu ngga bisa." Padahal hal sepele ya buat orang dewasa, tapi tidak buat anak-anak. Tapi kita sebagai guru, pada saat anak mengeluh seperti itu terus saja motivasi dan katakan "Kamu pasti Bisa".

Alhamdulilllah akhirnya hampir delapan puluh persen dari anak-anak yang hadir bisa semua. Setelah membuat corong, agar anak-anak tidak merasa jenuh buatlah musik dari balon. Anak dapat meniupnya, kemudian memijit ujung balon dengan jari dan buatlah suara musik dari udara yang ada di balon. Bagaimana seru kan?

Berikutnya anak-anak bisa melanjutkan kegiatannya dengan cara memasukkan fermipan, gula dan air. Anak-anak melakukannya dengan penuh hati-hati. Kemudian mengocoknya setelah mulut botol ditutup dengan tutup botol. Pada saat mulut botol akan ditutup dengan balon saya meminta bantuan mamah-mamah yang ada agar membantu anak-anak. Disinilah terjadi kolaborasi antara anak dan orang tua.

Sekitar 15 menit balon akan mengembang. Sambil menunggu saya melakukan demonstrasi balon udara dengan menggunakan air es dan air hangat. Anak-anak diminta mengamati sebagai pembanding. Jadi ingat, ini kan pelajaran anak SMA kelas 12. Tidak apa-apa kan, mereka jadi belajar banyak hal.

Sekitar 10 menit balon anak-anak mulai mengembang. Kehebohan terjadi. Anak-anak berteriak bahagia. Saya senang melihat anak tertawa bahagia. Saya jelaskan juga kenapa balon itu mengembang.Balon itu mengembang karena ada gasnya. Gasnya darimana? Dari reaksi/kerja fermipan dan gula. Saya juga menunjukkan botol yang diisi air es dan air panas. Yang diisi air es, balonnya mengembang sedikit, sedangkan yang diisi dengan air panas. Kenapa bisa begitu? Karena air panas bisa mematikan fermipan. Fermipan itu adalah makhluk hidup dan dia sejenis jamur. Bila disiram air panas jamur itu akan mati. Sedangkan yang menggunakan air es reaksinya lambat.

Kegiatan sains pun selesai. Anak-anak membawa hasilnya ke rumah. Mereka ingin melihat sampai sebesar apa balon itu akan mengembang. Mereka pulang dengan penuh bahagia. Siang harinya anak-anak melaporkan perkembangan balonnya. Sebagai feedback saya memberikan pertanyaan. Mereka distimulus untuk mengingat lagi. Kenapa balon yang berwarna biru tidak mengembang? Yes, karena airnya panas. Jadi tidak mengembang. Pinter anak Bunda. 👍🏆

Hadiahnya ditunggu hari Senin ya..terimakasih..Bravo PAUD AL HAFIZH.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren kegiatannya memperkenalkan sains sejak dini. Semoga sehat selalu bunda.

26 Mar
Balas



search

New Post