Edit Kadila, S.Pd

Saya bukanlah orang yang pandai merangkai kata-kata. Tapi saya ingin merangkai kata dalam hidup saya agar saya bisa lebih banyak berarti buat orang lain dengan ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Suaraku (H31T365)

Mamah suaranya sampai kedengaran ke rumah kalau lagi ngajar di PAUD," kata Kaka. "Waduh, yang bener Kak." "Iya bener, jadi ngga perlu pake toa." Astaghfirulllah..jadi suaraku senyaring itu kah? Jarak sekolah Paud dengan rumah kan lumayan jauh? Jadi malu aku..🙈 Tapi yah itulah aku. Yang punya ciri khas suara keras dan lantang. Terkadang berbisik saja aku seperti berbicara biasa. Makanya kalau ngomong sama aku ngga usah pake acara berbisik. Hahahha. Bagiku suara guru memiliki peranan penting dalam melahirkan kualitas variasi mengajar.Karena itu , intonasi , nada , volume dan kecepatan suara guru perlu diatur dengan baik. Umpannya dalam melukiskan dan mendramatisasikan suatu peristiwa atau kata , guru mesti mengetahui kata atau peristiwa yang harus mendapat penekanan. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan guru , ketika dia berbicara. • Penekanan , penekanan dilakukan kepada beberapa peristiwa atau kata kunci dalam materi pelajaran yang tengah disampaikan agar siswa memahami aspek - aspek yang terpenting dari materi pelajaran yang diterimanya. • Pemberian waktu, setelah guru menyampaikan materi pelajaran, siswa perlu diberi waktu untuk menelaah kembali dan mengorganisasikan pertanyaan • Kontak Pandang, Selama menyampaikan materi pelajaran tidak dibenarkan seorang guru hanya memandang ke luar , ke atas atau ke siswa tertentu saja.Guru hendaklah berbagi pandangan kepada seluruh siswa • Gerakan Anggota Badan, Selama menyampaikan materi,seorang guru hendaklah tidak seperti patung atau tidak seperti orang yang lumpuh .Guru perlu bergerak secara leluasa seperti mengelilingi siswa atau bergerak di depan kelas. • Pindah posisi ,Dengan bergerak berarti guru tidak berada dalam satu posisi saja, melainkan ia berpindah - pindah.Perpindahan posisi ini selain bermanfaat bagi guru itu sendiri agar tidak jenuh , juga agar perhatian siswa tidak monoton. Nah seperti itulah aku sekarang. Semenjak mengelola sekolah PAUD, suaraku semakin tambah keras. Dan suara kerasku ini selalu menjadi modal ketika aku mengajar. Sampai -sampai ada anak yang merindukan auara kerasku ini alhamdulillah..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang luar biasa keren. Suara dari lubuk hati terdalam

27 Mar
Balas

Ulasan yang sangat menarik Bu.. Salam literasi, semangat menulis. Semoga sukses selalu.

27 Mar
Balas



search

New Post