Edy Siswanto

Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. adalah Doktor Bidang Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang (Unnes), Pemerhati Politik dan Pendidikan, Lulus ter...

Selengkapnya
Navigasi Web
Wisuda Bukan Akhir Segalanya
Kakom.dan Wali Kelas Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) Mengalungkan Samir dan Memberikan Ijazah Simbolis kepada Wisudawan

Wisuda Bukan Akhir Segalanya

Wisuda Bukan Akhir Segalanya

Edy Siswanto

Sebanyak 436 siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Kendal menjalani prosesi wisuda ke XII pada Jumat 24, Mei 2019. Di Aula SMK Negeri tersebut.

Dalam sambutannya Drs. Maryono, M.Pd. selaku Kepala Sekolah, menyampaikan. Wisudawan/wisudawati yang merupakan putra-putri hebat. Setelah menjalani tiga tahun pendidikan di kawah candradimuka SMK Negeri 4 Kendal. Wisuda bukanlah akhir segalanya. Namun segalanya bisa diawali dari momen wisuda ini. Untuk benar kembali menerapkan teori, kemampuan dan kompetensi yang selama ini didapat dari sekolah. Dalam medan sesungguhnya di masyarakat.

Wisudawan agar senantiasa aktif, update informasi dan tak sungkan untuk silaturahim ke sekolah khususnya yang belum mendapatkan pekerjaan. Karena lewat sekolah akan disalurkan bagi yang belum mendapatkan pekerjaan. Sambung Maryono yang selain sebagai pelaksana tugas (plt) Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Kendal sekaligus sebagai Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Kendal

Dilain pihak Edy Siswanto, selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum menyampaikan laporan kelulusan dan ujian. Dari jumlah peserta 437 yang mengikuti ujian. Dinyatakan lulus 436. Satu orang yang terpaksa ditinggal karena tidak memenuhi persyaratan kelulusan yang ditetapkan oleh sekolah.

Lebih lanjut disampaikan. Secara keseluruhan ada kenaikan rata-rata capaian nilai UN tahun 2019 dibanding tahun 2018. Terutama dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris. Terbukti ada tiga anak mendapatkan perolehan nilai 100 dalam mapel Bahasa Indonesia. Kedepan segala usaha dicapai untuk menaikan capaian nilai akedemik siswa. Namun nilai sikap etika dan karakter siswa jauh lebih penting yang juga perlu dijaga dan dikawal untuk kesiapan memasuki revolusi industri.

Peserta Sebagian besar 60% sudah terserap bekerja di industri. Ada yang masih menunggu tes dan pengumuman. Ada juga yang berwirausaha. Beberapa juga ada yang melanjutkan studi. Sudah ada diterima di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

SMK Negeri 4 Kendal berdiri tahun 2005. Meluluskan pertama tahun 2008. Menerapkan Kurikulum 2013 pertama dari tiga sekolah negeri di Kabupaten Kendal. Salah satu SMK rujukan dan sebagai sekolah model di Kabupaten Kendal. Dengan status terakreditasi A.

Prosesi wisuda dihadiri orang tua siswa. Internal Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Ketua Kompetensi Keahlian dan Wali Kelas.

Ada enam kompetensi keahlian. Berturut-dibacakan wisudawan. Dengan dikalungkan samir oleh Ketua Kompetensi Keahlian (kakom) masing-masing. Wisudawan terbaik mendapatkan reward dari sekolah. Menariknya dari empat kategori perolehan reward nilai terbaik, disabet oleh satu orang. Dari empat kategori berturut-turut sebagai berikut.

Pertama, terbaik kategori masing-masing kompetensi keahlian. Dari Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, terbaik 1, Thoriq Darus Salam nilai 86.8, terbaik 2 Charisma Putri Harjanti nilai 85.6, dan terbaik 3, Agnes Dewi Anjani dengan rata-rata perolehan 85.5. Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, terbaik 1, Muhammad Aryadi nilai 86.7. Terbaik 2, Komsidanah nilai 85.1. Dan terbaik 3, Nia Fitri nilai 84.9. Kompetensi Keahlian Jasa Boga, terbaik 1, Khoirunnisa Firdaus nilai 85.3, terbaik 2, Uswatun Khasanah nilai 84.3. Terbaik 3 Nur Fahmi nilai 83.8. Kompetensi Keahlian Budi Daya Perikanan, terbaik 1, Vergiana Wahyu Isnaya nilai 83.2. Terbaik 2, Arwin Muhammad Chafid, nilai 82.9. Terbaik 3, Indanah dengan nilai 82.7. Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan, terbaik 1, Alan Widi Aprianto nilai 82.8. Terbaik 2, Muzamil Aprilia nilai 82.2. Terbaik 3, Moch Adib Nur Ichsan nilai 81.7. Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan, terbaik 1, Agus Waliyadi nilai 83.9. Terbaik 2, Sultan Adi Setiawan nilai 83.4. Terbaik 3, Ari Yuliyanto nilai 82.4.

Adapun kategori kedua dan tiga, nilai terbaik berdasarkan perolehan rata-rata nilai Ujian Nasional (UN). Dan rata-rata nilai Ujian Sekolah (US). Diraih Thoriq Darus Salam dengan rata-rata nilai 86.8.

Untuk kateori keempat, berdasarkan perolehan nilai UN dengan capaian nilai 100. Berturut diraih dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Thoriq Darus Salam, Anugrah Sandy Sulman, dan Umam Bagus Mubarrok.

Hardiyanto salah satu wisudawan mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan tak terkira. Kepada bapak Ibu guru yang telah membimbing selama ini. Tak lupa kepada kedua orang tua ayah dan ibunda tercinta. Harapan menjadi pemimpin kelak. Siap memasuki revolusi industri 4.0.

Tak lupa, Hardiyanto menyampaikan terima kasih kepada sekolah yang sedalam-dalamnya. Kepada SMK yang telah memberikan pelayanan untuk pendidikan terbaiknya. Saya bangga sekolah dan menjadi alumni di sekolah unggulan ini. Ujar Hardiyanto yang didapuk sebagai ketua alumni angkatan XII SMK Negeri 4 Kendal. #SMK Bisa, #SMK Hebat, #SMK Bisa dan Hebat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Justru wisuda merupakan awal dari babak kehidupan sesungguhnya. Sukses selalu dan barakallahu fiik

24 May
Balas

Iya bu ropiah..wisuda bukanlah akhir segalanya. Namun segalanya bisa diawali dari momen wisuda ini. Untuk benar kembali menerapkan teori, kemampuan dan kompetensi yang selama ini didapat dari sekolah. Dalam medan sesungguhnya di masyarakat. Hehe..Terima kasih sudah mapir dilapak kami..

24 May



search

New Post