Eem Ratnaningsih

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Memaknai Hari Pahlawan di Era Digital di SMK Al Bahri  Oleh  Eem Ratnaningsih, S.Pd

Memaknai Hari Pahlawan di Era Digital di SMK Al Bahri Oleh Eem Ratnaningsih, S.Pd

Memaknai Hari Pahlawan di Era Digital di SMK Al Bahri

Oleh : Eem Ratnaningsih, S.Pd

Bicara tentang pahlawan, apa sih arti pahlawan buat kita, orang yang rela berkorban sampai mati untuk membela negara ini, orang yang berjasa terhadap hidup kita, atau yang lainnya??? Jika ya, berarti kita harus memaknai arti pahlawan dimasa kini.

Arti pahlawan di era digital ini mempunyai makna yang berbeda dengan jaman dulu dan tentunya cakupannya lebih luas. Generasi masa kini permasalahannya jauh lebih rumit. Musuh bukan hanya sekedar yang mengancam atau mengganggu kedaulatan, tetapi masalah – masalah lain yang muncul di semua aspek kehidupan yang kedepannya bisa menjadi bumerang untuk negara Indonesia. Generasi muda saat ini, kelak akan menjadi kekuatan untuk bangsa Indonesia. Pernahkah berpikir???Bagaimana negara ini jika generasi mudanya hanya duduk berpangku tangan, malas untuk belajar, tidak mau bekerja keras, mengeluh dll, tanpa ada usaha yang dilakukan. Lalu dengan yakinnya mengatakan, tenang aja!nanti akan indah pada waktunya!! Hey bangun anak muda, tidak ada kesuksesan yang dicapai hanya dengan duduk – duduk manis!!Bahkan negara ini direbut dari penjajah dengan perjuangan yang gigih dan berani sampai berdarah – darah. Tentunya di jaman ini, kita tidak perlu berdarah – darah untuk menjadi pahlawan. Banyak yang bisa dilakukan, minimal menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri. Jadi, pahlawan untuk generasi masa kini menurut saya adalah :

- Generasi yang semangat, giat belajar, selalu berinovatif, kreatif untuk menemukan hal – hal yang baru dan selalu menjaga akhlaknya.

- Generasi muda yang mampu menahan diri dari hal hal yang merusak dirinya seperti tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas(Free Sex). Tak bisa dipungkiri dunia digital menjadi lebih mudah untuk menjangkau itu semua.

- Generasi muda yang tidak mudah terprovokasi misalnya untuk anak – anak SMK tidak mudah terlibat dalam tawuran yang dapat memecah persatuan bahkan akan menjadi polemik yang berkepanjangan.

- Generasi muda yang tidak tergoda iming-iming narkoba atau obat sejenis nya walaupun di depan mata, karena anak milenial menjadi sasaran market paling empuk untuk menggunakan narkoba bahkan untuk jangka Panjang.

Menurut saya, tentang makna kepahlawanan secara luas adalah seorang yang berani dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan kondisinya disertai kesiapan sampai keikhlasannya dalam berkorban. Dia sangat paham dan matang lalu memperjuangkan sesuatu ideanya tanpa diembel-embeli dia dapat penghargaan, posisi, jabatan, kekayaan, kehormatan tertinggi atau tidak mengatakan bahwa semua ini berkat saya. Bapak Sudarsono, S.Kom, Waka Kurikulum SMK Al Bahri, guru Produktif TKJ idola para siswi yang katanya mirip bintang drama korea Lee Min-ho mengatakan : “Arti pahlawan dalam dunia Pendidikan adalah Seseorang yang memiliki niat dan mau berbuat baik bahkan rela berkorban demi kebaikan orang lain dan dirinya serta tanpa mengenal lelah demi memberikan ilmu kepada peserta didiknya” . Masya Alloh sungguh mulia Bapak dua anak ini. Beliau juga yang selalu berinovasi, untuk pengembangan Information Technology (IT) di SMK Al Bahri. Baik untuk kemudahan siswa – siswa maupun guru-gurunya. Bahkan beliau dengan sabar mengajari para guru yang kurang paham dengan IT. Nah ini baru guru inspiratif, guru yang tidak pelit ilmu dan mau berbagi. Sedangkan, bapak Miftahudin, S.Pd yang juga guru Bahasa Indonesia di SMK Al Bahri memaknai hari pahlawan saat ini, dengan mengucap rasa syukur, karena berkat jasa para pahlawan terdahulu lah, sehingga kita bisa menikmati pendidikan ini dengan tenang walau dengan segala keterbatasan, namun bukan halangan. Tekadkan niat, jadikan belajar suatu kebutuhan bukan keterpaksaan. Sungguh bermakna pernyataannya dan mengandung nilai religius. Nahhh, inilah pahlawan tanpa tanda jasa.

Kami guru – guru SMK Al Bahri, berupaya untuk melaksanakan program merdeka belajar yang dicanangkan oleh Mas Menteri Nadiem Makarim. Merdeka belajar mempunyai esensi memberikan kebebasan kepada siswa untuk mendalami bakat dan minatnya masing-masing, karena setiap anak pada dasarnya punya rasa ingin tahu, punya keinginan untuk belajar. Jadi tidak ada anak pemalas atau anak yang tidak bisa.

Inilah beberapa makna pahlawan saat ini. Sudah kah, kita menjadi pahlawan, minimal untuk diri kita sendiri!!

Selamat Hari Pahlawan!!

Sekolah!! SMK Al Bahri @ja.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Generasi muda yang keren. Semangat! Semoga sehat selalu aamiin

29 Nov
Balas

Keren ulasannya bunda Salam.literasi

10 Nov
Balas

Salam literasi bunda

10 Nov
Balas

Salam literasi bunda

10 Nov
Balas



search

New Post