Effen Effendi

Lahir di Garut, saat ini menempati rumah impian di Kota Bekasi. Bertugas di Direktorat Dikdasmen YPI Al Azhar Jakarta. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
631. Jamiyyah

631. Jamiyyah

Sebuah nama yang mungkin asing didengar oleh sebagian masyarakat karena bahasa tersebut berasal dari bahasa Arab tetapi lebih  populer dalam Bahasa Indonesia. Kata ini merupakan sebuah istilah bagi sebuah perkumpulan atau organisasi yang dibentuk oleh masyarakat.

Kata  jamiyyah diistilahkan sebagai organisasi, menurut Prof. Dr. Sondang P. Siagian, organisasi adalah suatu bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan dan dalam ikatan itu terdapat seorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan.

Identitas jamiyyah adalah bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang baik. Bagi lembaga pendidikan, jamiyyah merupakan perkumpulan orangtua murid yang memiliki tujuan meningkatkan  keterlaksanaan pendidikan di sekolah. Para pengurus jamiyyah ini merupakan perwakilan orangtua dari masing-masing kelas perjenjang.

Perkumpulan tentunya memiliki manajemen atau tata kelola organisasi sehingga setiap langkah kegiatannya tersusun dengan baik. Dalam peran serta pendidikan, jamiyyah tentunya memiliki langkah strategis meningkatkan kualitas program pendidikan. 

Pendidikan akan terus berkualitas selama kolaborasi antara sekolah dan orangtua terus dilakukan dengan baik. Tidak mudah untuk mewujudkannya tanpa kesadaran antara pimpinan sekolah, guru, dan orangtua. Kalau kualitas pendidikan dibuktikan dengan prestasi murid, baik agama, ilmu dan teknologi, maka keberadaan jamiyyah sebagai penghubung jembatan antara sekolah dan rumah menjadi sebuah keniscayaan dan sangat penting.

Selamat atas dilantiknya pengurus jamiyyah  Al Azhar. 

Jakarta, 6 September 2022

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat kepada para pengurus Jamiyyah, semoga amanah, Barakallaah

06 Sep
Balas

Terima kasih bunda

06 Sep

Terima kasih bunda

06 Sep

Terima kasih bunda

06 Sep

Terima kasih bunda

06 Sep



search

New Post