Effi susanti

Nama lengkap penulis Effi Susanti, kesibukannya sebagai seorang pendidik di sebuah madrasah pinggir kota Sidoarjo. Masa pandemi merupakan keberuntungan baginya,...

Selengkapnya
Navigasi Web

Praktik Menu Singkong Menjadi Sentiling

#Tagur R-85 (659)

#Oleh: Effi Susanti

Praktik Menu Singkong menjadi Sentiling

Siang hari ini (1/12/22) waktunya Mr. Dion mengajar Prakarya di kelas 8J. Materi pembelajaran terkait Pengolahan Bahan Pangan Serealia, Kacang-kacangan dan Umbi. Pada minggu yang lalu siswa Kls 8J telah melaksanakan praktik mengolah bahan pangan kacang hijau yang disajikan dalam bentuk Kolak Kacang Hijau. Untuk hari ini siswa akan praktik memasak bahan pangan dari singkong. Sebenarnya singkong dapat diolah dengan berbagai macam menu, singkong goreng keju, singkong kukus, getuk singkong, sentiling, kolak singkong.

Pengolahan singkong kali ini disajikan dalam bentuk ‘Kue Sentiling”. Bahan-bahan yang mereka butuhkan adalah; 1 kg singkong (diparut), sedikit gula pasir (sesuai selera), kelapa muda (diparut), pewarna kue, sedikit garam, daun pandan atau vanili (bubuk). Singkong parut dicampur dengan semua bahan, sisakan parutan kelapa untuk taburan diatas kue (jika sudah masak), lalu bagi menjadi 3, dan beri masing-masing pewarna kue. Kemudian letakkan adonan tersebut pada loyang, lalu kukus adonan tersebut secara bergantian. Masak kira-kira 25 menit. Sajikan dengan dipotong seperti dadu (sesuai selera). Sajikan di piring dengan ditaburi kelapa diatasnya. Dijamin rasanya mak nyussss.

Selamat mencoba, semoga manfaat.

Singgasanaku_1 Desember 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post