Efi Sufiah

Seorang pensiunan guru yang sedang asyik menggeluti hobby sebagai crafter sambil mengasuh cucu. Tertantang untuk menaklukan ketidakmampuan menulis, dengan mula...

Selengkapnya
Navigasi Web
Rasa Ubaran ku Rasa

Rasa Ubaran ku Rasa

Wilujeng enjing,

Ayeuna teh sasih Februari, ke dina ping 21 UNESCO mieling bahasa indung sadunya, bahasa deungeunna International Mother Language Day

Kuring bet emut ka papatah sepuh urang, Urang Sunda, kieu saurna ,” Mun hate urang keur aya kanyeri , keur kuciwa ku pamolah deungeun, poma tong nyalahkeun batur.”

Saurna teh pan urang keneh nu ngijinan rasa eta aya di diri urang, sapertos urang nampi semah, cenah semah teh ngahesekeun nu boga imah. Tong nyalahkeun semah, da urang nu mukakeun pantona, urang nu ngabageakeun , ngangken anjeuna lebet ka bumi urang.

Kitu deui rasa nu aya dina hate urang, mun teu ditarima datangna moal aya nyangkaruk na hate urang. Singkahkeun sing jauh kanyeri jeung kuciwa teh ku jalan jembar hampura.

Ari menta hampura jeung ngahampura teh, teu kudu patarema leungeun, teu kudu patepung lawung paamprok jonghok cukup lubarkeun na hate.

Rasa ubaran ku rasa, hate urang tinangtu bakal tentrem.

Kutamaya, 13 Februari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa kekayaan bahasa Nusantara

13 Feb
Balas

Iya ... dan semua sepuh kita mengajarkan begitu ya Bu, terima kasih sudah mampir

13 Feb

Saya sempat tiga tahun tinggal di Bandung waktu kuliah, tapi jujur belum paham semuanya kalau baca tulisan bahasa Sunda hehehe, tapi sedikitnya saya paham yg ditulis bunda ini

13 Feb
Balas

Bund generasi terakhir berbahasa ibu Sunda yang di perkotaan.... sudah jarang digunakan di keluarga

13 Feb

Waduhh . Sy tggu translate nya bunda ..haturnuhun

14 Feb
Balas

Ari menta hampura jeung ngahampura teh, teu kudu patarema leungeun...atanapi lamun teu covid mah, ...tiasa nya bu?

13 Feb
Balas

Hehehe, maksadna. Bilih isin nyungkeun dihapuntenna ..

13 Feb

Tak mengerti.

13 Feb
Balas

Hehehe ... salam sehat

14 Feb

Walau tak sepenuhnya paham artinya yang pasti keren. Ayo lestarikan bahasa daerah. Salam sehat bunda Efi.

13 Feb
Balas

Terima kasih, bahasa kita berbeda tapi ada rasa yng menyatukan kita hehehe.... terima kasih ya udah mampir

13 Feb

Maaf bunda tersayang tak paham artinya, yang jelas untuk melestarikan bahasa Ibu.Semoga sukses dan sehat selalu bersama keluarga tercinta bunda Efi

14 Feb
Balas

Yang saya tahu hanya gelis dan kasep. Mohon maaf, bunda gelis.

14 Feb

Iya geuliis, kita berbeda tapi satu ya

20 Feb



search

New Post