Efi Sufiah

Seorang pensiunan guru yang sedang asyik menggeluti hobby sebagai crafter sambil mengasuh cucu. Tertantang untuk menaklukan ketidakmampuan menulis, dengan mula...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sehari Menjadi Guru SD

Kata ibunya, hari Rabu Kaka ulangan. Karena jadwalnya sekolahnya berubah-ubah, kadang masuk , kadang melalui zoom meeting, kadang hanya tugas yang harus dikerjakan dengan bimbingan orang tua. Dan Ibunya juga sibuk bekerja, akhirnya dia kewalahan Si Kaka pelajaran sekolahnya tidak terkontrol.

Pengalamanku, Buku Tematik terpadu Kurikulum 2013, untuk  Kelas I SD, Tema 5 dari Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesai , ada di hadapan Sang Nenek.

Sang Nenek, membuka-buka buku pelajaran. Tema 5 ini terdiri dari empat subtema. Setiap subtema diuraikan ke dalam enam pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk satu hari. Begitu informasi yang dibaca di petunjuk.

Kalau harus mempelajari semua, tidak mungkin , waktu dua hari harus menggantikan 24 hari yang terlewati.

Gurunya memberikan soal latihan via WA. Si Kaka diminta menjawab dulu soal-soal latihan, sebisanya. Yang dia tidak bisa jawab dibiarkan, Soalnya berbentuk pilihan ganda dan uraian terbatas.

Sang Nenek  membiarkan dia mengerjakan soal sambil main-main dengan kucing, tidak terlalu serius. hanya ingin tahu saja penguasaan awal dia.

Tetiba dia berteriak” Oma ini ada soal yang rusak!!”  Sang Nenek menghampirinya , dia menunjukkan soal seperti ini:

Memuji membuat orang merasa ….

a.sedih                    b. kecewa               c. kecewa

Ternyata pinter juga Si Kakak, sudah bisa mengoreksi alat evaluasi.

Dia bisa menjawab soal-soal ,kecuali  soal C1, soal untuk menguji ingatan ya harus diajarkan dulu faktanya. Dan soal olahraga tidak satu pun bisa dikerjakan , karena mungkin tidak pernah dilakukan.

Akhirnya Sang Nenek mengajari Si Kaka ngacak, beranjak dari soal yang tidak bisa dijawabnya.

Dia nyeletuk, “ Kenapa Oma nggak marah-marah ?  Kalo ibu suka melototin Kaka “

Memang susah sekali  mengajak Si Kaka diam pantatnya, dia mudah sekali teralihkan oleh apa pun.  

 

Kutamaya, 21 Februari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow...tulisan yang cuaaannntiikkk...sukaaa Bunda. Gemesss. Sehat ya Bundaku

22 Feb
Balas

Thanks ., geuliis , seht juga ya

22 Feb

Haha...sm bunda. Cucu sy jg bgtu. Maklum msh balita. Bljr sbtr msh suka bosen. Sht dan bahagia sllu bunda Efi

22 Feb
Balas

Iya betul , salam sehat juga Jeng

22 Feb

Oma yang bijak.... Sangat keren ceritanya, penuh pembelajran dan inspiratif

22 Feb
Balas

Makasiih Paak, sehat selalu

22 Feb

hehe... sang nenek dipaksa dan terpaksa, unjuk rasa... eh unjuk gigi... eh salah unjuk kerja

21 Feb
Balas

Hehehe.., sang nenek ternyata diuji anak keas 1 sd

22 Feb

Kosa kata anak menggelikan . Sehat selalu Pa Sis

22 Feb
Balas

Kakak luar biasa hebat . Jawaban tes gak ada dibilang soal rusak, pandai sekali. Sukses selalu buat bunda

21 Feb
Balas

Makasih kunjungannya, kosa kata anak kecil menggelikan. Sukses n sehat juga yaa

22 Feb

Iya bunda sangat lugu dan apa adanya

22 Feb



search

New Post