Efi Sufiah

Seorang pensiunan guru yang sedang asyik menggeluti hobby sebagai crafter sambil mengasuh cucu. Tertantang untuk menaklukan ketidakmampuan menulis, dengan mula...

Selengkapnya
Navigasi Web

Si Kardun Patah Arang

Bukan karena kita gila hormat, ketika kita meminta orang lain menghormati kita. Tentu saja bukan dengan perkataan meminta, “ Hormati saya “ . Sepertinya tidak seperti itu, tetapi dengan sikap yang tegas ketika kita merasakan seseorang dengan sengaja menunjukkan perilaku tidak menghormati kita.

Siska teman saya, sering merasa jengah dengan perilaku Si Kardun . Apa yang Anda rasakan bila seseorang di muka umum mengatakan “ Ibu tidak kompeten, seharusnya Ibu serahkan pekerjaan ini kepada orang lain” . Atau hal lain yang menyinggung harga diri kita.

Siska sudah belajar mengontrol diri dengan tidak membalas perkataannya, saat itu. Karena Siska sadar bila membalasnya pada waktu itu, Kardun akan berusaha menyelamatkan muka dengan membela diri.

Atau bisa saja balik menyalahkan, Siska yang terlalu sensitif, tidak bisa diajak humor , apa pun yang dia katakan untuk membela dirinya di muka umum. Yang terjadi adalah pertengkaran yang tidak berguna.

Tapi apabila dibiarkan, harga diri kita akan terkikis. Siska berkata dalam hatinya,” Saya harus bertanggungjawab atas diri sendiri. Saya tidak peduli dengan perilaku dia, tapi saya harus menghormati diri sendiri, saya harus menghargai diri sendiri, bukan budak yang boleh diperlakukan semena-mena.”

“Saya harus melakukan hal yang benar, “ lanjutnya “ Saya akan melatihnya, untukku “.

Siska pun mendatangi Kardun, mengajak bicara secara pribadi. Siska berkata , “ Kardun, saya tahu kamu tidak bermaksud buruk dengan ucapanmu kemarin, tapi saya ingin kamu tahu, bahwa kamu menyinggung perasaan saya.”

Mungkin ada dua reaksi, Kardun meminta maaf atau Kardun bersikukuh dia hanya berusaha mengingatkan.

Ketika Kardun meminta maaf, Siska akan tersenyum sambil mengucapkan terima kasih, Siska mengatakan bahwa dia sangat menghargai permintaan maafnya.

Jika yang terjadi yang kedua, Siska akan mengulang perkataannya tanpa meninggikan suara, tanpa mendebat, “ Saya mengerti maksudmu Dun, tapi apa yang kamu katakan menyinggung perasaan saya”. Akhiri percakapan sampai di sana, tanpa ditambah dengan uraian lain.

Kalau pun Si Kardun tidak meminta maaf pada saat itu, dia akan merenung. Dan mungkin saja permintaan maaf darinya tidak kunjung datang.

Namun Siska akan merasa menang, harga dirinya tidak terkikis. Dan Kardun tidak akan lagi berani merendahkan harga diri Siska.

Si Kardun patah arang, bersua baji dengan matan. Ternyata Siska berani menunjukkan kekuatannya, tanpa melemahkan diri sendiri.

Kutamaya, 16 Februari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen bundaku. Salam sehat dan bahagia selalu bund. Izin follow yaaa ,minta follback juga bunda.

16 Feb
Balas

Makasiih , salam sehatvya. Bund follow

16 Feb

Pembelajaran yang sangat keren, Ambu. Mantap nian.

16 Feb
Balas

Nuhuun Ambu

21 Feb

Menunjukkan kekuatan tanpa melemahkan.Ungkapan yang mantap

16 Feb
Balas

Thank u ...

16 Feb

Wahhh ..lha kok sm dg Siska yg asli bunda...he he...trmksh banyak sy sdh GR ini bund...sht sukses sllu bunda Efi

16 Feb
Balas

Pinjam naja yaaa, kok tiba2 teringatnya Siska heheheTerima kasih kunjungannya sehat selalu

16 Feb

butuh "lemesisasi" bahasa mnggnti "kurang kompeten",...atau Si Kar tkut kalah saing?

16 Feb
Balas

Kataknya dia punya harga diri rendah, disembunyikan dengan agresif

16 Feb

Keren nih. Jangan remehkan Sinta ya. Salam sehat dan bahagia selalu Bunda.

16 Feb
Balas

Makasih Neng

16 Feb



search

New Post