Eka Mulyani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
#tantangan hari ke 20. Ini gaya belajarku, apa gaya belajarmu?

#tantangan hari ke 20. Ini gaya belajarku, apa gaya belajarmu?

# tantangan hari ke 20

Ini gaya belajarku, apa Gaya Belajar mu ?

Oleh : Eka Mulyani.

Pagi ini cuaca sedikit mendung, namun hujan masih enggan turun, seperti nya akan kalah dengan kuatnya hembusan angin pagi ini. Semoga cuaca cerah segera menyatu dengan cerahnya hati ku hari ini... wkwkwkwk

Hari ini ada materi yang telah ditunggu tunggu siswaku di kelas XI Ips 4. Tentang gaya belajar.

" Buk jangan lupa besok kita membahas topik gaya belajar ya buk" siswa ku mengingat kan.

Sebelum aku jawab, aku sempat kan bertanya kepada mereka " mengapa begitu menariknya materi itu bagi kalian?".

" Kami ingin tahu buk, apa gaya belajar kami, sehingga kami bisa memperbaiki diri" begitu kata mereka.

Singkat cerita aku pun menjelaskan topik gaya belajar dikelas mereka.

Gaya belajar diartikan sebagai karakteristik individu dalam mengumpulkan informasi, menafsirkan, mengorganisir, merespon dan memikirkan informasi tersebut.

Ketika seseorang telah mengetahui gaya belajar nya, maka hal tersebut dapat menjadikan belajar dan berkomunikasi lebih mudah.

Ada 3 macam gaya belajar:

1. Gaya belajar visual.

Yaitu gaya belajar yang lebih banyak menggunakan Indra penglihatan / mata sebagai alat untuk menyerap informasi.

2. Gaya belajar auditori

Yaitu gaya belajar yang lebih banyak menggunakan indra pendengaran atau telinga sebagai alat untuk menyerap informasi.

3. Gaya belajar kinestetik

Yaitu gaya belajar yang lebih menekankan kepada praktek langsung atas apa yang dipelajari nya.

Penjelasan gaya belajar ini di laksanakan dengan 5 tahap.

1. Siswa mengisi angket gaya belajar. Angket ini berisikan pernyataan pernyataan berisikan seputar gaya belajar visual, audio, dan kinestetik semua nya harus dipilih siswa

2. Setelah seluruh siswa selesai mengisi angket, maka tugas selanjutnya adalah siswa menjumlahkan pada kolom gaya belajar apa ia mendapat nilai tinggi.

3. Nilai tertinggi menjadi acuan pada gaya belajar apa siswa tersebut,

4. Selanjutnya siswa akan menuliskan gaya belajarnya di sehelai karton yang telah saya sediakan, dan saya tempel di dinding kelas. Ini bertujuan agar semua guru bisa mengetahui gaya belajar siswa dikelas ini.

Dengan mengetahui gaya belajar siswa , maka mempermudah guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dikelas tersebut.

5. Menjelaskan kepada siswa ciri ciri dari masing masing gaya belajar tersebut serta pola Belajar seperti apa yang harus mereka laksanakan.

# tantangan hari ke 20

Batutaba, 11 February 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post