CONTOH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
LKPD
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
KELAS 2 SD
TEMA 2
SUB TEMA 3
Pembelajaran 1
Disusun Oleh :
EKA NURBULAN, S.Pd.SD
NUPTK 9750753654300032
Guru Kelas 2
SDN 10 PANAI HULU
KABUPATEN LABUHANBATU
SUMUT 2020
Nama : …………………..
Kelas/Semester : I (Satu)/ 2 (Dua)
Hari/Tanggal : …………………….
A. KOMPETENSI INTI
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau ekspolarasi lingkungan.
3.2.1. Membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan intonasi
3.2.3. Menemukan kosakata yang berkaitan dengan benda pada teks
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual
4.2.1 Menulis kalimat menggunakan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar
Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
3.4.1. Menunjukkan kalimat yang berkaitan dengan matematika tentang pembagian dengan tepat.
3.4.2. Menuliskan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan tepat
3.4.3. Menjelaskan pembagian sebagai pengurangan berulang dengan tepat.
4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4.1. Menghitung hasil bagi dua bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 100
Muatan Lokal
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3. Memahami permainan serimbang sebagai permainan tradisional rakyat Sumatera Utara
3.3.1. Mengenal permainan Serimbang
3.3.2. Menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam permainan Serimbang
4.3. Melakukan permainan serimbang sebagai permainan tradisional rakyat Sumatera Utara dalam kehidupan sehari-hari
4.4.1. Mempraktikkan permainan Serimbang
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat membuat pertanyaan yang sesuai gambar dengan tepat
2. Berdasarkan teks bacaan tentang “Bermain di Halaman Sekolah” yang digunakan, siswa dapat membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan intonasi yang tepat dengan percaya diri.
3. Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan benda pada teks dengan tepat.
4. Dengan permainan menyusun kartu huruf, siswa dapat menuliskan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dengan benar..
5. Dengan mengamati teks bacaan “Bermain di Halaman Sekolah”, siswa dapat menunjukkan kalimat yang berkaitan dengan matematika tentang pembagian
6. Dengan demonstrasi, siswa menuliskan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan tepat
7. Dengan praktek pengambilan berulang, siswa dapat menjelaskan pembagian sebagai pengurangan berulang dengan tepat.
8. Dengan mengerjakan LKPD, siswa dapat menghitung hasil bagi dua bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 100 dengan cermat.
9. Dengan permainan serimbang, siswa dapat mengenal dan mempraktikkan permainan tradisional “serimbang” dengan baik.
A. Mari Berlatih
v Tulislah 5 kata yang berkaitan dengan benda berdasarkan teks cerita dengan tepat
v Tuliskan pada Tabel di bawah ini!
No
Kata yang berkaitan dengan keragaman benda
1
Sepeda
2
3
4
5
6
F. Ayo Menulis
v Tulislah 5 kalimat sederhana dengan menggunakan kata benda pada kotak yang tersedia
v Contoh : sepeda
Lita bermain sepeda di taman.
1.
2.
3.
4.
5.
v Bacalah kalimat yang kamu buat di depan kelas!
G.Ayo Berlatih Menghitung
a) Kerjakan soal pembagian di bawah ini dengan cara pengurangan berulang!
1. 8 : 2 = (8 - … - … - … - …= …)
= ….
2. 10 : 2 = (10 - … - … - … - …- …= …)
= ….
3. 6 : 3 = (9 - … - … = …)
= ….
4. 9 : 3 = (9 - … - … - … = …)
= ….
5. 12 : 4 = (12 - … - … - … = …)
= ….
b) Kerjakan soal pembagian di bawah ini dengan tepat!
1. 12 : 2 = … 11. 14 : 2 = …
2. 12 : 3 = … 12. 20 : 2 = …
3. 18 : 2 = … 13. 24 : 4 = …
4. 15 : 3 = … 14. 20 : 5 = …
5. 24 : 3 = … 15. 25 : 5 = …
Selamat Belajar
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
keren
Cara penulisan penilaian /tes/angket nya gimana mohon pencerahannya.
LKPD yang bagus. Rubrik penilaiannya belum ada ya bu?