Eka Nur Kayati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Meneladani Sikap Para Pahlawan Bangsa

Meneladani Sikap Para Pahlawan Bangsa

Hari pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November. Hal ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dan berkorban untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Momen ini juga dapat menjadi sarana untuk membangun kesadaran generasi muda sekarang ini agar memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme seperti para pahlawan.

Kemerdekaan Indonesia yang dirasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang sangat luar biasa dari para pahlawan terdahulu. Indonesia merdeka dan berdiri hingga saat ini berkat kerja keras dan perjuangan para pahlawan yang sangat luar biasa. Para pahlawan merupakan sosok pejuang bangsa yang berani, tangguh, pantang menyerah, dan memiliki jiwa patriotisme yang tingggi. Para pahlawan rela mempertaruhkan nyawanya dan rela meninggalkan keluarganya demi bangsa Indonesia.

Sebelum Indonesia merdeka, warga negara Indonesia zaman dulu selalu disuruh-suruh oleh para penjajah untuk bekerja keras akan tetapi tidak digaji sedikitpun. Para penjajah memanfaatkan tenaga warga Indonesia hanya untuk kepentingannya sendiri. Jika ada warga yang membantah maka akan disiksa oleh para penjajah.

Berkat jasa para pahlawan, saat ini kita bisa merasakan kebebasan dan terlepas dari segala penderitaan yang dilakukan oleh para penjajah. Para pahlawan berjuang untuk kemerdekaan Indonesia sekaligus untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Ada banyak sekali pahlawan yang sangat berjasa bagi bangsa Indonesia. Salah satu pahlawannya yaitu Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantara merupakan sosok pejuang pendidikan di Indonesia yang sangat besar jasanya. Ketika Indonesia sedang dijajah oleh Belanda, pendidikan hanya untuk kaum bangsawan saja. Rakyat jelata atau kalangan pribumi tidak diperbolehkan untuk sekolah. Hal bertujuan agar ekonomi dan penjajahan tetap berlangsung dan berkesinambungan. Melihat hal tersebut Ki Hajar Dewantara merasa prihatin dan kasihan kepada kaum pribumi. Karena hal tersebut maka Ki Hajar Dewantara mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang bernama Taman Siswa. Tujuan didirikannya Taman Siswa ini yaitu untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sekaligus untuk memperjuangkan kaum pribumi atau rakyat jelata agar bisa mendapatkan pendidikan yang layak sama seperti kalangan orang-orang Belanda dan kaum bangsawan.

Setelah kita mengetahui sejarah dan sikap serta perilaku para pahlawan, maka kita harus meneladani sikap positif yang dimiliki pahlawan. Seperti semangat, disiplin, menumbuhkan toleransi, pantang menyerah, bertanggung jawab, serta menjaga persatuan dan kesatuan.

Hari pahlawan bukan hanya momentum untuk mengenang jasa para pahlawan saja, namun juga menjadi momentum untuk melakukan intropeksi diri atas kontribusi yang telah diberikan pada bangsa ini.

Sebagai generasi muda kita juga harus memiliki semangat tinggi seperti hal nya para pahlawan. Kita harus menanamkan nilai-nilai juang para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. Kita tidak boleh takut dalam mencoba hal baru dan tidak boleh gampang putus asa, jika kita mengalami kegagalan maka kita harus mencobanya lagi.

Sebagai generasi muda maka kita juga harus belajar dengan sungguh-sungguh, kita tidak boleh bermalas-malasan. Agar kita dapat menjadi orang yang bisa berguna bagi bangsa dan negara. Kita harus berusaha untuk melanjutkan cita-cita bangsa Indonesia agar mencapai masa depan yang lebih baik, sehingga perjuangan para pahlawan tidak sia-sia.

Nama : Eka Nur Kayati

Tempat, Tanggal Lahir : Ponorogo, 06 Juli 2001

Jabatan : Mahasiswa

Instansi : Universitas Negeri Surabaya

Alamat email : [email protected]

No WhatsApp : 082335207975

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap ulasannya

17 Nov
Balas



search

New Post