Eka Nursehah

Keep Humble. No HP 085716669974...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pentingnya Autentikasi Dua-Faktor

Pentingnya Autentikasi Dua-Faktor

Sejak kejadian kemarin, saya sudah mengira bahwa akan banyak sekali tantangan kedepannya. Akun Instagram dengan nama pengguna yang tidak bisa saya sebutkan disini, sudah memiliki sekitar 20.000 followers dan biasa digunakan untuk berjualan online, seketika lenyap. Akun ini milik sebuah brand yang bisa dibilang cukup besar. Apa yang terjadi? Awalnya saya sempat kebingungan. Ketika hendak masuk ke akun Instagram tersebut, biasanya mudah untuk diakses. Tetapi kali ini sudah tidak bisa diakses, bahkan nama penggunanya pun tidak ditemukan.

Berbagai upaya sudah dilakukan sebisa mungkin, meskipun hasilnya nihil. Pada akhirnya harus membuat akun Instagram yang baru dengan berat hati. Merintis dari awal dan kembali mengumpulkan sekian banyak customer, belum lagi menginformasikan ke semua customer lama.

Ada pelajaran yang bisa diambil dari kejadian ini. Pertama, pastikan akun Instagram terhubung dengan Email yang aktif dan dapat diakses. Karena Email itu sangat penting apalagi untuk proses pemulihan akun. Kedua, pastikan keamanan Autentikasi dua faktor aktif.

Fungsi dari autentikasi dua faktor yaitu untuk menjaga kerahasiaan akun Instagram. Karena data-data seperti username dan password merupakan incaran para penjahat cyber. Jadi, autentikasi ini semacam tambahan keamanan yang mengharuskan kita untuk memasukkan kode enam digit setelah login ke akun Instagram, kode ini akan dikirimkan ke ponsel.

Dengan begitu, jika pasword kita di curi, akun Instagram akan tepat aman. Karena si pencuri tidak bisa masuk ke akun tanpa kode yang di kirimkan ke ponsel. Berikut cara mengaktifkan autentikasi dua faktor :

a. Buka profil Instagram kemudian klik tiga garis di pojok kanan atas,

b. klik pengaturan lalu pilih keamanan,

c. klik autentikasi dua faktor dan mulai, disana ada dua pilihan, sebagai contoh saya pilih keamanan "SMS",

d. klik ikon nya kemudian periksa apakah nomor telpon nya sudah benar,

e. masukkan kode verifikasi yang dikirimkan via SMS. Setelah itu akun Instagram telah berhasil diverifikasi.

Pilihan keamanan kedua yaitu menggunakan aplikasi autentikasi, kita diharuskan untuk mendownload aplikasi tersebut agar bisa mengaktifkan autentikasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post