Eka Resmita

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
RPP Tutorial Buku Digital

RPP Tutorial Buku Digital

LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

BALAI INSAN CENDIKIA

DIKLAT DALAM JARINGAN

RENCANA PELAKSANAAN DIKLAT

DARING BALAI INSAN CENDIKIA

Sekolah : SMA Negeri 2 Kota Solok Sumatera Barat.

Mata Pelajaran : Buku Digital.

Materi Pokok : Menggunakan Aplikasi Flipp Book Maker

Alokasi Waktu : 14 hari

A. Kompetensi Inti

· KI-1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

· KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di diklat dalam jaringan secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

3.1 Memahami cara membuat Buku Digital

· Memahami konsep Buku Digital.

· Memahami aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat Buku Digital.

· Memahami jenis ekstensi/format file yang dapat dibuka di komputer/laptop.

4.1 Mempraktikkan cara Menginstal Flip Book Maker

· Instal Flip Book Maker

· Menggunakan Menu-menu yang tersedia pada Flip Book Maker.

4.2. Membuka Buku Digital di Komputer

· Menginstal FlashPlayer.

4.3. Membuat Video Tutorial cara membuat buku Digital menggunakan Flip Book Maker dengan Aplikasi SOM, atau aplikasi lainnya.

· Membuat Video Tutorial Cara menggunakan Flip Book.

C. Tujuan Diklat

Setelah mengikuti proses diklat, peserta diklat diharapkan dapat:

· Menginstal Flip Book Maker.

· Membuat buku digital menggunakan Flip Book Maker serta menu-menu yang tersedia di dalamnya.

· Membuka Buku Digital di Laptop.

· Membuat Video Tutorial menggunakan SOM atau yang lainnya bagaimana cara membuat Buku Digital menggunakan Flip Book Maker.

· Membagi/share link Buku Digital di Komunitas FB Balai Insan Cendikia.

· Membagi/share link YouTube video tutorial.

D. Materi Diklat

1. Flip Book Maker

2. FlasPlayer

3. SOM

4. YouTube

E. Metode Diklat

1) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)

2) Metode : Diskusi dan Praktik.

F. Media Pembelajaran

Media :

Ø Modul yang didownload dari Channel Telegram.

Ø Soft file: Flip Book, FlasPlayer, SOM.

Ø Internet

Alat/Bahan :

Ø Laptop/ Komputer.

Ø HP

Ø Earphone

G. Sumber Belajar

Ø Buku penunjang / modul dari Balai Insan Cendikia, YouTube, Google.

Ø Pengalaman peserta diklat.

H. Kegiatan Diklat

Mengetahui Solok, 26 Agustus 2018

Tutor/Instruktur Peserta Diklat Daring

Diklat Daring Balai Insan Cendikia, Balai Insan Cendikia,

ttd

………………………………... Eka Resmita, S.Pd.

Catatan Tutor/Instruktur:

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post