Eka Setia Ningrum

Kepala SDIT CITRA BANGSA, Kab. Bekasi. Tutor Universitas Terbuka. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Prioritas Pada Checklist

Beberapa waktu yang lalu saya sempat berbagi tentang pentingnya membuat daftar checklist kegiatan harian.

Dalam aktivitas sehari-hari anda, terdapat kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan yang membuat anda dibayar ataupun tidak. Biasanya secara normal manusia akan mengutamakan pekerjaan yang memiliki nilai ekonomis ketimbang yang tidak. Bahkan pada kegiatan yang bernilai ekonomis pun masih diurutkan kembali dari yang nilai ekonominya tinggi, sedang sampai ke rendah.

Namun pernahkah anda mericek kembali daftar prioritas anda? Adakah di dalamnya kegiatan yang lebih mendekatkan anda kepada Sang Khalik? Apakah dalam skala prioritas anda sudah tercantum kegiatan yang mengandung unsur sosial? Unsur sosial yang saya maksud di sini adalah selain tidak berhitung untung rugi namun juga membawa manfaat bagi lingkungan sekitar anda.

Jika belum cobalah mulai memasukkan kedua kegiatan tersebut dalam daftar anda. Anda yang beragama islam, sudahkah mendaftar sholat lima waktu dan membaca Al qur'an dalam urutan teratas daftar pekerjaan yang harus anda lakukan sebelum lainnya? Tak kan lari dunia dikejar. Jika anda mengutamakan mendekatkan diri pada -Nya, maka Dia pun akan mendahulukan anda.

Seorang teman bercerita saat menyelesaikan pendidikan S2 nya yang ditempuh dengan KRL dan bis kota, beliau selalu berupaya menyempatkan membaca Alquran. Dan pada kenyataannya, Allah SWT nyaris selalu menyampaikan dan mempermudah segala urusannya. Orang lain menunggu dosen pembimbing berjam-jam sejak pagi, beliau dengan tenangnya datang siang hari dan ternyata bersamaan dengan dosen pembimbingnya. Hal ini bukan sekali dua kali dialaminya.

Pertanyaannya kemudian, mengapa kegiatan sosial pula harus masukkan? Anda makhluk sosial dan tak ada yang kekal di dunia ini, itulah jawaban yang tepat untuk dapat mengusik hati anda.

Sebagai makhluk sosial saya, anda dan semua manusia memiliki ketergantungan pada manusia lain. Melalui kegiatan sosial membuat kita dapat mensyukuri pentingnya kehadiran orang-orang di sekitar kita, sekecil apa pun artinya. Tanpa kehadiran mereka, anda bukan anda.

Dan jelas tak satu pun abadi di dunia ini. Maka kegiatan sosial dapat membangun kepekaan dan empati kita terdapat orang lain. Mulailah dari yang sederhana seperti membiasakan salam, senyum dan sapa. Lalu lanjutkan terus kegiatan sosial anda menjadi lebih tinggi pada setiap waktunya.

Tulisan ini utamanya tertuju pada diri saya sendiri, dan semoga bermanfaat pula bagi para pembaca.

Selamat membuat prioritas!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ini mantul. Tidak receh seperti tulisan saya. Hihihi.

05 Mar
Balas



search

New Post