Eka Susanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL)

Heriawan (2012: 7) berpendapat metode pembelajaran berbasis masalah merupakan metode yang efektif untuk berpikir tingkat tinggi. Metode ini dapat membantu siswa untuk memproses informasi yang sudah ada dan menyusun pengetahuan peserta didik mengenai dunia sosial dan sekitarnya. Delisle (Abidin, 2014: 159) menyatakan metode pembelajaran berbasis masalah merupakan metode yang dikembangkan untuk membantu guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir dan memecahkan masalah pada siswa.

simpulan :

Pembelajaran berbasis masalah (PBL) adalah suatu model pembelajaran berdasarkan pengalaman yang menuntut kecerdasan atau kemampuan siswa dalam memecahkan sebuah masalah dengan mengerahkan kemampuan berpikir, menyusun pengetahuan sendiri, mengembangkan kemandirian, menjalin komunikasi yang baik, serta mengembangkan inkuiri sehingga dapat menjadikan siswa sebagai pembelajar yang mandiri

Karakteristik`Pembelajaran Berbasis Masalah`

Gijbelc et al., 2005; Lam 2004 (Jacobsen, 2009: 242)

Mengangkat suatu permasalahan, pelajaran dimulai dengan mengangkat satu pertanyaan yang nantinya akan menjadi focal point hal ini diperlukan untuk usaha investigasi siswa. Siswa memiliki tanggung jawab utama untuk menyelidiki masalah dan pertanyaan, baik tanggung jawab instruksional maupun secara motivasional karena dalam pembelajaran berbasis masalah melakukan learning by doing. Guru sebagai fasilitator, dalam hal ini mengharuskan guru untuk lebih membantu secara tidak langsung yakni mengemukakan masalah dan mengajukan pertanyaan.

North Central Regional Educational Library (Warsono, 2013: 149)

Atmosfer kelas harus dapat memfasititasi suatu eksplorasi makna, situasi kelas harus dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk berinteraksi dan bersosialisasi. Pembelajar harus sering diberikan kesempatan untuk mengkonfrontasikan pencarian makna. Makna baru itu harus diperoleh melalui proses penemuan secara personal.

Simpulan

Meningkatkan motivasi belajar siswa Meningkatkan kemampuan dalam bekerja sama atau interaksi social Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi Merupakan metode pembelajaran yang bermakna. Tantangan Menulis Hari Ke-60 #TantanganGurusiana
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post