Eka Wahyu Setiati

Seorang Guru SD di Kota Cirebon,yang ingin kembali mengembangkan hobinya yang dulu terkubur Membaca dan Menulis...

Selengkapnya
Navigasi Web
NIGHT MARKET

NIGHT MARKET

NIGHT MARKET

Pasar Malam atau Night Market Dalam Bahasa Asingnya merupakan pasar yang disukai masyarakat menengah kebawah Sengaja kutulis judul artikelku dengan berbahasa Inggris,minimalnya pembaca akan penasaran ,ada apa dengan isinya..Seperti malam ini,malam Jumat tempatnya di jalan Mayor Sastra Atmaja,Grubugan dekat jalan menuju rumahku.Pasar Malam itu berpindah tempat setiap malamnya.Seperti yang saya ketahui.Dari Malam Senin ada di lapangan kesambi,Malam Rabu di Cucimanah,Malam Kamis di Keraton Kacirebonan,hingga malam minggu ada di Jalan Kriyan.Intinya keliling Kota Cirebon.

Jika Malam cerah,dipastikan pasar malam akan ramai,banyak ibu-ibu yang membawa anak-anaknya ke pasar malam untuk naik berbagai macam permainan.Disana ada permainan Odong-odong,Kereta mini,Mobil-mobilan,Kuda-kudaan yang cukup digelar ditempat sempit pinggir jalan,karena tidak perlu memakan lahan besar.Harganya pun cukup murah hanya 4.000 rupiah saja.Ada pula permainan motorik seperti membuat gunung-gunungan dan binatang dari pasir,memasukkan kelereng keadlam lubang disuatu kotak kecil,menyusun puzle yang menurut saya cukup edukatif.

Ada pula beberapa penjual pakaian anak,dewasa,pakaian dalam,serta jilbab/kerudung yang beraneka warna.Cukup menarik,ramai tapi tetap merakyat karena disana ternyata kami bisa bertemu dengan tetangga sekitar yang sedang menikmati pasar malam.Jadi disana bisa sekaligus kami manfaatkan untuk ngobrol santai sambil menunggu anak bermain.Seperti malam ini,ketika anak perempuan saya menagih janji pergi ke pasar malam untuk naik kereta mini,disana saya bertemu dengan tetangga beda RW untuk sekedar ngobrol santai,karena kadang kami disibukkan dengan jadwal masing-masing,sehingga jarang bertemu.

Jadi menurut saya,kepergian kami ke pasar malam ini,selain menyenangkan anak,juga bisa jadi ajang silaturahim dengan tetangga sekitar.seperti kata pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui .Pasar malam juga bisa menghidupkan ekonomi rakyat ,karena saya lihat,cukup banyak pembeli membeli makanan dan minuman ringan yang ada di tempat tersebut,dan cukup membuat insting jiwa usaha saya ikut bangkit,ternyata yang jualan makanan dan minuman tersebut adalah tetangga sekitar juga,jadi saya tergerak mau ikut jualan juga,jualan apa nih menurut bapa/ibu,ada ide??

Sagusabu Kota Cirebon

28 Desember 2017

Echa Smile

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Disaya Bu, pasar malamnya sudah gratis tidak bayar lagi, karena hanya ada kumpulan pedagang saja, apapun mainan anak bayarnya dilokasi, salam literasi

28 Dec
Balas



search

New Post