Eko Adri Wahyudiono

Saya hanyalah seorang guru biasa. Jika bukan pengajar pastilah pendidik dalam tugasnya. Bisa jadi adalah keduanya. Namun, jika bukan keduanyapun, saya pastilah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Azzahra's Diary, Tim Nafil SMA 1 Magetan di GYS Asean Singapura 2022
dokpri

Azzahra's Diary, Tim Nafil SMA 1 Magetan di GYS Asean Singapura 2022

Hai, ini Zahra.

Lengkapnya Azzahra Nuranti, siswi kelas akhir di SMAN 1 Magetan. Akan aku ceritakan kisahnya mengikuti ajang perlombaan Global Youth Summit 2022 di Singapura.

Bisa dibilang Zahra bukanlah anak yang gemar dengan kompetisi, tapi di kesempatan ini dia membuktikan pada dirinya sendiri bahwa dia bisa untuk keluar dari zona nyaman.

Global Youth Summit adalah ajang perlombaan tentang mencari dan membuat inovasi untuk menjaga alam secara berkelanjutan. Bersama teman kelompoknya yaitu, Shafira dan Faradito mereka mengangkat tentang limbah industri kulit. Aku yakin kalian sudah tidak asing dengan industri kulit. Seperti yang kita tahu, Magetan menjadi salah satu daerah industri kulit di Indonesia. Produk dari kulit yang ditawarkan pun juga beragam, seperti sepatu, sandal, tas, sabuk, dan masih banyak lagi. Tapi apakah limbah industri kulit sudah terkelola dengan baik?

Salah satu daerah di Magetan yaitu Desa Mojopurno yang juga sebagian penduduknya membuka industri rumahan kulit ternyata belum mengelola limbah dengan baik. Mereka membuang limbah industri langsung ke sungai, tanpa melalui proses apapun. Bisa dibayangkan bagaimana kondisi sungainya? lalu bagaimana dengan pencemaran udara yang terjadi disana?

Nyatanya, limbah kulit tidak hanya menbawa dampak pada pencemaran air tapi juga pencemaran udara. atas ketidaknyamanan inilah yang pada akhirnya Zahra, Shafira, dan Faradito memutuskan untuk membuat suatu inovasi yang dinamai NAFIL (Natural Filtration) Of Leather Waste.

Suatu langkah kecil dengan manfaat yang luar biasa, mereka fokus pada penghilang bau yang ditimbulkan dari limbah kulit. dengan bahan-bahan yang digunakan, ternyata produk mereka juga bisa sebagai penjernih air. Zahra, Shafira, dan Faradito adalah sekelompok remaja yang mempunyai motto, “Give a change to zero waste”

Setalah melewati berbagai proses mulai dari survei, pengambilan sample, mencari data dari Dinas Lingkungan Hidup, melakukan percobaan berulang kali, dan proses lainnya akhirnya mereka siap untuk berangkat menuju Singapura.

Hari-hari disana sungguh menyenangkan, hari pertama adalah pengenalan acara, penyampaian kriteria penjurian, dan juga bermain bersama teman-teman dari beberapa negara lainnya. Hari Kedua adalah hari perlombaan, malam sebelumnya mereka mematangkan persiapan. Pagi harinya, mereka siap untuk perlombaan. Pengumuman kejuaraan dilaksanakan hari itu juga, sayangnya tim NAFIL harus ikhlas menerima kekalahan.

Tidak apa, karena mereka bertiga yakin setiap proses yang dilakukan ada manfaat dan hikmahnya. Zahra turut bangga pada tim dari SMAN 1 Magetan yang meraih juara 3 dan juara harapan 1. Hari-hari berikutnya diisi dengan mengikuti program GYS yaitu menjelajahi Singapura yang begitu menakjubkan, semua peserta digabungkan dengan berbagai siswa dari negara lain. Sehingga bisa berkenalan dan menambah teman.

Sungguh hal yang tidak akan pernah terlupakan, Zahra belajar banyak hal disana, dan dia berharap semoga perjalanan ini bisa semakin menyadarkan kita akan pentingnya menjaga alam, karena kita akan selalu hidup berdampingan dengan alam.

ini kisah Zahra, terimakasih sudah membaca cerita ini. (Artikel yang sama diunggah di website smasamagetan)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post