EKO ADRI WAHYUDIONO

Saya hanyalah seorang guru biasa. Jika bukan pengajar pastilah pendidik dalam tugasnya. Bisa jadi adalah keduanya. Namun, jika bukan keduanyapun, saya pastilah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Dra. SRI RUSMIATI, M.Pd, The Bionic Woman Teacher
dokpri.selfdesignedbycanva

Dra. SRI RUSMIATI, M.Pd, The Bionic Woman Teacher

Pernah menonton film serial Bionic Woman, tentang wanita kuat bertangan metal di layar kaca era tahun 1980 an saat televisi masih bernuansa hitam putih? Jika sudah, artinya harus diakui bahwa usia termasuk sudah tua nih!

Ada satu guru di SMA 1 Magetan yang mengingatkan saya akan sosok wanita kuat dalam film Bionic Woman itu. Beliau adalah Dra. SRI RUSMIATI.M.Pd. Guru mata pelajaran Kimia yang dilahirkan di Magetan pada tanggal 28 September 1964.

Nama paggilan masa kecilnya cukup unik, yaitu OCH. Rasanya nama itu seperti nama Olimpiade Kimia saja ya!. Seperti halnya Olympiad for Chemistry atau apalah yang berhubungan dengan unsur alkali kimia. Guru cantik ini berhobi traveling dan bersih-bersih rumah. Jika Anda ke rumah beliau, tidak heran semua terlihat rapi dan tertata apik.

Suaminya, Drs. Hendrijanto. M.Pd adalah sosok guru tampan nan cerdas. Wajah beliau mengingatkan kita akan sosok Ridwan Kamil dari Bandung. Tahu, khan, siapa beliau itu? Pak Hendri, mengajar mapel Matematika di SMA Taruna Angkasa, Madiun. Sekolah semi militer seperti halnya SMA Taruna Nusantara di Magelang, Jawa Tengah.

Keluarga bahagia ini dianugerahi 3 anak- anak yang cantik dan tampan. Bunga Daraninggar yang sulung dan sudah mandiri, Adindara Padmaninggar, juga sudah mapan dan yang bungsu, si ganteng Hammam Nahzmi Mizan, masih ada di bangku kelas 12 di Smasa Magetan. Jika ditanya pada ibu Rusmiati kenapa menjadi guru kimia?

Beliau bercerita bahwa cita-citanya pada awalnya ingin menjadi Apoteker. Mau tidak mau, beliau harus suka dengan pelajaran kimia demi mimpinya itu. Nah, justru malah jadi guru kimia, juga di mapel itu, dibutuhkan ketelitian dan ketekunan serta banyak hal kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari hari yang melibatkan bahan-bahan kimia. Apalagi, saat praktikum kimia adalah hal yang menyenangkan dengan berbagai eksprimen.

Bu Rusmiati pernah mendapatkan predikat sebagai Guru Prestasi juara 1 tingkat Kabupaten Magetan pada tahun 2011. Guru yang terkenal disiplin ini sangat super sibuk menjadi ketua Koperasi Sekolah, Asisten waka Humas Sekolah, Asisten waka Sarana prasarana sekolah selama beberapa periode.

Namun, usia tidak bisa dielakkan. Meskipun semangat tetap menyala dalam dirinya, beliau juga harus jatuh bangun akan fisiknya yang mulai dari operasi Cesar, operasi Kista di lututnya, operasi patah kaki saat jatuh di depan laboratorium Kimia dan yang terakhir di tahun 2022 ini, beliau harus menjalani operasi penggantian katup aorta karena gagal jantung.

Operasi penggantian Katup Aorta pada ibu guru ini dilakukan di rumah sakit Kariadi Semarang Jawa Tengah. Itupun harus diperlukan minimal 10 orang pendonor golongan darah AB dengan operasi yang berlangsung selama 6 jam. Akhirnya terpasanglah Katup mekanik metal di Jantungnya.

Dengan tindakan operasi seperti itu, tidaklah salah bila bu Och disebut seorang Bionic woman Teacher. Itu karena ada logam platina di kaki dan Katup logam made in Canada di Jantung beliau. Juga ada sertifikat khusus kalau bepergian naik pesawat udara agar bebas dari metal detector. Jika tidak, bisa berbunyi nyaring dan tidak akan berhenti detector bandaranya tuh!

Terakhir, harapan beliau pada kurikulum merdeka adalah terkhusus pada para generasi generasi muda bangsa Indonesia untuk tidak hanya “cerdas” tetapi tetapi juga unggul, berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa serta punya keyakinan yang kuat dalam beragama bisa dipastikan akan membawa kemajuan bangsa Indonesia.

You Are The Chosen One!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak Eko Wahyudiono. Salam literasi

29 Oct
Balas

Iya bener Bionic Woman ini.Smg selalu sukses memberantas kejahatan eh, memberantas kemalasan siswa maksudnya hehe.... Ulasan yang inspiratif, Pak

30 Oct
Balas

Keren apresiasi terhadap sesama guru

31 Oct
Balas

Keren banget nih tulisan pa Eko masih eksis di tema tulisan tentang sahabat guru di sekolah nya luar biasa pa

29 Oct
Balas

Luar biasa guru2 SMAN 1 Magetan.

03 Nov
Balas

Ya ampuun Pak, itu film kesukaan ku waktu masih unyu, SD ya waktu itu...luar biasa ya Bu Sri..hebat bener beliau...keren sll Pak karyanya n apresianya terhadap bapak ibu guru rekan guru di sekolah nggih..hebat sukses sll

04 Nov
Balas

Ulasan yang menginspirasi Pak Eko,Wonder Woman is excellent

29 Oct
Balas

Sungguh guru bionic woman yang sesungguhnya. Semoga sehat dan sukses selalu Pak Eko.

29 Oct
Balas



search

New Post