Eko Adri Wahyudiono

Saya hanyalah seorang guru biasa. Jika bukan pengajar pastilah pendidik dalam tugasnya. Bisa jadi adalah keduanya. Namun, jika bukan keduanyapun, saya pastilah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengenal Ilma, Juara 1 Putri Duta Kesehatan Remaja Magetan 2023
Dopri: Ilma

Mengenal Ilma, Juara 1 Putri Duta Kesehatan Remaja Magetan 2023

Ilma Lailatul Fajri yang biasa dipanggil Ilma merupakan siswi SMA Negeri 1 Magetan yang kini sedang duduk di bangku kelas 11. Sosok jelita ini merupakan Juara 1 Putri Lomba Duta Kesehatan Remaja tahun 2023. Dibalik keiikutsertaan Ilma dalam lomba tersebut, ternyata memiliki kisah yang cukup menarik. Mau tahu nih ceritanya ?

Pada tahun sebelumya yaitu tahun 2021 Ilma pernah mendaftar Duta Kesehatan Remaja sampai tahap administrasi. Namun sayangnya pada saat itu Ilma belum lolos tahap administrasi. Meskipun mendapat pengumuman seperti itu, tidak membuatnya patah semangat untuk mencoba lagi pada tahun berikutnya.

Nah pada penghujung tahun 2022, saat ada lagi pendaftaran Lomba Duta Kesehatan Remaja atau disingkat DKR, dia mendapat brosur pendaftaran lomba tentang hal itu lagi dari grup kelas. Namun karena masih memiliki sedikit rasa kekecewaan pada tahun lalu, dia ingin mencoba mendaftar lagi sekaligus masih fokus pada persiapan ujian Penilian Akhir Tahun (PAT).

Akhirnya tiba juga pengumuman peserta yang lolos 50 besar dari 190 peserta yang mendaftar. Pada saat menerima pengumuman tersebut, Ilma merasa senang tapi sedikit khawatir juga karena jadwal pembekalan materi DKR bertabrakan dengan jadwal PAT. Dari SMAN 1 Magetan. Juga terdapat 4 orang temannya dan menjadi peserta dari sekolah yang sama berhasil lolos tahap 50 besar.

Hal membuat Ilma sedikit merasa tenang karena memilki teman dari sekolah yang sama. Setelah diumumkan peserta yang lolos diadakan pembekalan materi kesehatan di gedung KORPRI Di sana, para peserta mendapat berbagai materi kesehatan remaja. Materi yang disampaikan sangat beragam mulai dari protokol kesehatan, UKS, kesehatan reproduksi, penyakit menular dan tidak menular serta banyak materi yang lainnya.

Pada saat pembekalan peserta yang lainnya sangat aktif dan semangat membuat Ilma terpacu untuk ikut aktif . Saat itu Ilma merasa sedikit nervous, cemas, dan insecure melihat para teman yang lain. dia merasa tidak mungkin untuk menang. Entah mengapa hal itu terbesit di pikirannya dan bahkan ingin mundur dari lomba DKR, namun karena ini merupakan peluang yang sangat besar, ilma tetap berusaha optimis dan yakin atas dirinya sendiri.

Tiba akhirnya pada tahap penilaian Lomba DKR yang diadakan pada tanggal 26-29 Desember 2022, selama 4 hari ini terdapat berbagai macam tahap penilaian. Hari pertama adalah tes tulis dan tes dinamika kelompok serta membawa karya kerajinan dari bungkus makanan. Hari kedua adalah tes penyuluhan kesehatan untuk teman sebaya dan pada hari itu juga diumumkan peserta yang lolos tahap 20 besar. Alhamdulillah masih lolos.

Pada hari ketiga adalah tes bakat bagi peserta lolos 20 besar. Sehari sebelumya Ilma telah berlatih untuk memaksimalkan bakat yang akan ia tampilkan yaitu menyanyi, bermain gitar serta monolog yang bertemakan pergaulan bebas. Mengapa ia memilih untuk bermonolog? Karena dengan monolog tersebut Ilma berharap dapat mengedukasi kepada remaja untuk menjauhi pergaulan bebas.

Dan pada hari ke-4 adalah tahap wawancara terbuka dan penentuan juara. Pada hari sebelumnya, Ilma juga sudah memepersiapkan materi kesehatan remaja yang telah disampaikan saat pembekalan. Saat hari tersebut tiba, pertanyaan yang didapat adalah menegenai penularan HIV AIDS. Hebatnya, Ilma mampu menjawab pertanyaan dengan lancar dan tepat meskipun merasa sedikit merasa nervous.

Akhirnya, pengumuman akhir muncul dan nama Ilma disebut sebagai Juara 1 Putri Duta Kesehatan Remaja Tahun 2023 oleh para panitia. Perjuangan Ilma dan keinginannya untuk menang serta mengharumkan nama SMAN 1 Magetan membuahkan hasil yang maksimal. Ilma berharap, semoga adik-adik kelasnya bisa mengikuti jejak dan pengalamanya pada event yang sama di tahun berikutnya.

Bravo Ilma!! You are the chosen one!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen reportasenya, Pak E.A. Wahyudiono. Sukses selalu. Salam literasi

22 Jan
Balas

Mantaaap..... Sekolah penuh prestasi. Keren, Pak

23 Jan
Balas

Selamat ya Ilma

23 Jan
Balas

Prestasi yang sangat menginspirasi

22 Jan
Balas

Piye kabare mas....lama gak skss

22 Jan
Balas

Keselimpet mas paragraf satu, di balik dipisah

23 Jan
Balas

Mantap, Bapak. Selamat untuk ananda Ilma. Sukses selalu.

23 Jan
Balas

SMAN 1 Magetan memang pancen oye. Selamat untuk prestasinya.

22 Jan
Balas



search

New Post