Eko Adri Wahyudiono

Saya hanyalah seorang guru biasa. Jika bukan pengajar pastilah pendidik dalam tugasnya. Bisa jadi adalah keduanya. Namun, jika bukan keduanyapun, saya pastilah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
PENJELASAN DARI KENAPA IKLAN JAM SELALU MENUNJUKKAN PUKUL 10.10
imagesource.from.shutterstocks.com

PENJELASAN DARI KENAPA IKLAN JAM SELALU MENUNJUKKAN PUKUL 10.10

PENJELASAN DARI KENAPA IKLAN JAM SELALU MENUNJUKKAN PUKUL 10.10

Oleh: E.A.Wahyudiono

Anda pernah mengamati iklan jam tangan di media cetak ataupun media elektronik? Pernahkan anda mengamati dengan cermat kenapa jarum jamnya selalu menunjukkan pukul 10.10 ?

Saat berkesempatan bertugas atau jalan-jalan ke beberapa negara di luar negeri, saya pernah mengalami kasus dimana jam tangan saya mati karena baterainya sudah low batt alias harus ganti. Untuk itu saya terpaksa harus pergi ke toko arloji di Jepang ataupun saat saya berada di Jerman.

Nah, sambil menunggu tukang servis mengganti batu baterai jam tangan, saya mengamati bahwa semua jam yang ada di toko itu, baik di kedua Negara yang berbeda, yaitu di Jepang dan di Jerman, semua jarum jam menunjukkan pukul 10.10. Hal itu membuat saya semakin penasaran dan menyempatkan untuk berdiskusi dengan petugas yang ada di situ. Jawaban mereka dari toko arloji di Jepang ternyata berbeda dengan penjelasan dari toko jam di Jerman.

Dari petugas servis jam di Jepang, dia menjelaskan bahwa angka 10 merupakan angka sempurna bagi orang Jepang. Anda tahu sendiri kan bagaimana tipikal orang Jepang? Mereka semua sangat perfeksionis, semua harus sempurna, termasuk tata cara membangun rumah, atau pun pada semua hal termasuk urusan yang sepele dan kecil menurut kita.

Selanjutnya, jika dicermati, angka jam pada 10.10, ternyata alasannya hanya untuk menghindari jarum jam menutupi Merk atau Brand dari jam tersebut sehingga pembeli bisa tahu jam tersebut merk terkenal apa tidak sesuai dengan garansi kualitas yang tinggi juga tentunya.

Terakhir dari penjelasan orang Jepang, bahwa angka yang menunjukkan pukul 10 lebih 10 menit, ternyata membentuk huruf “V”. Bagi orang Jepang, huruf atau simbol V artinya adalah Victory, yaitu kemenangan. Oleh karena itu, jika anda pernah ke Jepang atau pernah mengamati orang Jepang yang ber-selfie ria dengan kameranya, atau berada dalam sesi foto yang bersama-sama, jari mereka selalu mengacungkan simbol “V”. Jangan-jangan anda juga nih?

Bagaimana waktu saya menanyakan hal itu pada orang Jerman?

Pada prinsipnya hampir sama dengan orang Jepang, kecuali simbol “V”, itu adalah Veni, Vidi, Vici, artinya saya datang, saya melihat dan saya menang. Slogan itu miliknya Julius Caesar, seorang kaisar Romawi sekaligus penakluk semua bangsa dan kerajaan di Eropa. Jadi artinya hampir sedikit mirip dengan Victory atau kemenangan.

Tukang servis jam di Jerman tersebut menambahkan bahwa sebelumnya jarum jam tidak diletakkan pada pukul 10.10, melainkan pada pukul 08.20. Kenapa demikian? Ternyata setelah diamati, jam yang dijual pada pukul tersebut tidak laku dijual, karena menggambarkan wajah seseorang yang sedang sedih. Coba anda check sendiri ya! Semenjak itu jarum jam diletakkan pada pukul 10.10 dengan berbagai alasan di atas.

Penjelasan terakhir dari orang Jerman tersebut adalah bahwa angka 10 bukan merupakan kesempurnaan, tapi lebih untuk mengingatkan 10 perintah Tuhan ( Ten Commandments) dengan sedikit sentuhan filosofi religious.

Nah, bagaimana saat saya ada di toko jam di tanah air?

Wah, seru sekali. Semua jarum suka-suka mau berhenti di angka berapa saja untuk menit dan jamnya. Sungguh negeri yang bebas sekali .Tidak ada filosofi apapun, kecuali jika anda mengamati iklan jam yang di media cetak ataupun elektronik, masih tetap menunjukkan pukul 10.10. Kedua, perasaan, anda dan saya, hanya peduli pada merk yang mahal hanya untuk prestise atau gengsi sampai lupa bahwa jam berharga mahal atau murah, tetaplah menunjukkan waktu yang sama.

Mumpung bulan ramadan, berhubungan angka 10 di bulan suci ini, ternyata ada 3 keistimewaan yaitu pembagian pada 10 hari pertama untuk rahmat, 10 hari kedua untuk maghfirah, dan 10 hari ketiga untuk dibebaskan dari api neraka. Marilah kita semakin meningkatkan ibadah puasa di bulan ini, mumpung kita masih diberi waktu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren pak Eko

01 May
Balas

Keren Pak informasi yg sangat membuka wawasan..terimakasih.kebetulan jam dinding (murahan dan gratisan krn anak menang lomba kegiatan di mesjid dekat rumah waktu peringatan thn baru Islam) di kamar saya mati karena habis baterainya ...gara2 membaca postingan Pak Eko saya langsung melirik ke jam dinding yg mati...hla kok sak ndilalahnya jam matinya menunjukkan formasi jarum di angka 10.10 hahhaha..kebetulan apa tanda ini ya...isyarat supaya hrs bisa meraih kemenangan di bulan suci Romadhon termasuk juga agar menang melawan Corona

01 May
Balas

ha..ha., kok ya pas banget tuh ya..wah..keren habis..pas mati juga pas jam 10:10..pertanda bagus..salut

01 May

Ilmu yang bermanfaat .... Seandainya saya, pastilah si emak ini tak sempat mengamati bahwa semua jam dikondisikan pukul 10.10 pasti yang diamati model dan harga jika terjangkau dan suka hayooo angkut tak peduli dirumah masih ada, tetapi nilai history setiap kunjungan harus ada, terakhir... Tangan membentuk huruf ketika selfie, wefie ataupun di foto, saiyaaa itu.

01 May
Balas

ha..ha.. jadi anda nih yg foto tangannya membentuk huruf V he..he.ngaku sendiri.., salam ya

01 May

Pagi ini Mas Eko A.W. sudah bertengger di puncak penulis populer, banyak ilmu dan mudah berbagi. Sukses selalu Mas.

01 May
Balas

trimakasih apresiasinya,..hanya kebetulan yg disengaja saja he..he.., salam hormat

01 May

MasyaAllah... Alhamdulillah, selalu dapat ilmu baru dan pesan bermanfaat dari Pak Eko. Semoga panjang umur, sehat wal'afiat . Barakallah

01 May
Balas

alhamdulillah, sama sama, semoga menginspirasi ya..salam

01 May

Terima kasih ulasannya pak, keren dan bermanfaat, salam

01 May
Balas

trimakasih apresiasinya bu..salam hormat

01 May

Ilmu yg bermanfaat, trmksh Pak infonya

01 May
Balas

Keren sekali. Dapat ilmu baru dari pak eko yg selalu punya ide brilian. Barakallahu pak. Salam takzim.

01 May
Balas

ha..ha.., bisa aja..trimakasih..hanya berbagi apa yang pernah terlintas dalam hati pak..salam

01 May

Masya Alloh, selalu ada ilmu baru yang didapatkan di setiap artikel yang bapak tulis, semoga sukses selalu dan barokah ilmunya Pak. Selamat menjemput rahmat-Nya di 10 hari pertama ini.

01 May
Balas

Trimakasih, semoga ada manfaatnya ya, menimal artikel ringan utk berbagi cerita..salam

01 May

Pengetahuan yg bermanfaat bagi saya. Terima kasih Pak Eko

01 May
Balas

Masya Allah, selaluuu ada saja ilmu baru yang luput dari perhatian. Padahal secara kelakar, saat anak saya masih kecil dan hendak dibelikan jam tangan, tetiba di toko jam dia tertawa sendiri. Ketika ditanya oleh pemilik toko, dia menunjuk jam dinding yang dipajang. Katanya, di toko ini ada jam yang lagi seneng, ada juga jam yang lagi sedih. Dia menunjuk pada jam yang menunjukkan pukul 8.20 dan 9.50. Pemiliknya tertawa dan menyebut anak cerdas pada si kecil.

01 May
Balas

ha..ha., ituartinya, anak ibu cerdas banget tuh..sampai tahu seperti itu..memang seluruh dunia ya seperti itu cara memahaminya angka 8.20 itu ..salut saya..cerdas banget

01 May

Amazing !...seperti tak terkira dalam benak, padahal mengandung makna dan pelajaran yang hanya bisa diperhatikan oleh orang-orang peka.

01 May
Balas

iya bu..banyak di sekitar kita nih jika mau mengamati..trimakasih apresiasinya ya..salam hormat

01 May

Barakallah.. Semog menjadi ilmu yang bermanfaat. Aamiin

01 May
Balas

trimakasih apresiasinya...salam

01 May

Membaca sambil melirik jam.Baru tahu saya.Tetima kasih

01 May
Balas

Membaca sambil melirik jam.Baru tahu saya.Tetima kasih

01 May
Balas

Keren, tak pernah kering ide mengalir. Makasih artikelnya pak jadi tahu kenapa 10.10 ...selalu banyak ilmu artikelnya. Sbelumnya saya pikir suka suka yang naruh hehehee

01 May
Balas

waah..hanya artikel ringan saja nih..berbagi pengalamansemoga ada manfaatnya.. he,.he., salam hormat ya

01 May

Keren Pak, emang pergi jalan2 itu bukan hanya utk refresing ya Pak... Utk menambah wawasan/pengetahuan yg utama. Baarakallah..salam

01 May
Balas

Setiap perjalanan selalu ada cerita yang menarik. Suatu hal yang baru bagi saya . Terimakasih atas tulisannya pak. Salam.

01 May
Balas

ha..ha., trimakasih, ya bu..saya juga hanya berbagi pengalaman saja nih,..semoga ada manfaatnya..salam

01 May

Sepele tapi bisa jadi ilmu yang bermanfaat, terimakasih Pak Eko.

01 May
Balas

iya bu..trimakasih ya..semoga bisa menghibur he..he., salam

01 May

Sekali lagi, mantap, Pak. Matur suwun ilminya. Salam.

01 May
Balas

trimakasih apresiasinya..salam hormat

01 May

Super sekali. Selamat Pak. Selalu sukses dengan karya-karya selanjutnya.

01 May
Balas

Mantap, siip bener informasinya.

01 May
Balas

trimakasih..salam hormat

01 May

Tulisan yang keren dan sangat manfaat. Sehat dan sukses selalu. Aamiin

01 May
Balas

trimakasih bu..semoga ada manfaatnya..salam

01 May

Luar biasa pak. Nggak pernah kepikiran kesitu.

01 May
Balas

ha..ha., bisa aja bu..sesekali artikel yg ringan saja bu..salam

01 May

Terimakasih, saya baru tahu kalau 10.10 itu ada filosofi nya. Yang paling hebat tentu negara ke-3. Keren

01 May
Balas

ha..ha.., wah negara ke tiga tuh mana ..bisa saja..iya bu..ada folisofinya..salam

01 May

Selamat ya Pak. Terima kasih atas banyak kebaikan yang ditulis.

03 May
Balas

Luar biasa. Baru saya tahu. Terima kasih Pak Guru.

03 May
Balas

8 20 itu v terbalik. Seperti emot sedih. Iya betul. Ish keren penjelasannya. Semoga Ramadan kita berkah hingga akhir ya Pa. Amin. Sehat dan sukses selalu Bapak.

01 May
Balas

betul sekali, baru tahu ya, he..he..aamiin yra..semoga ramadan ini menjadi lebih baik utk kita semua dan jd pemenangnya..salam

01 May

Membaca artikel bapak Eko yg keren sambil melirik-lirik jam dinding di depan saya .. hehe

01 May
Balas

ha..ha., ada aja...trimakasih apresiasinya ya bu..salam

01 May

MasyaAllah, ilmu yang sangat bermanfaat yang diberikan.. Barusan saya, mereka-reka mencoba mengingat fadhilat Puasa 10 hari pertama, kedua dan Ketiga.. Alhamdulillah, keingintahuan saya terjawab.. Allah Maha Baik, lewat tulisan Pak Eko saya jd ingat dan memahaminya Kebetulan saya pernah ke Oabrik Janet Kulit di Turki Ada Satu jangan yg mmemajang Jam dari brrbagai negara di belacan dunia, rata-rata semua Jam mmg menunduk pada Pukul 10.10, Kebetulan atau bukan mmg itu yg saya lihat ketika itu, tapi hari Paham setelah Bapak uraikan maknanya tadi, Keren.. Satu lagi ternyatasimbol V, itu yg berarti kemenangan, saya suka sekalu selfie seperti itu.. Hehehe.. Sper sper, Keren menewen, membuka wawasan saya khususnya.. Terima kasih banyak Pak Eko Adri, Salam Ramadhan...

01 May
Balas

Oabrik =pabrik. Janet=jaket Jenangan=Ruangan ..Afwan

01 May

Oabrik =pabrik. Janet=jaket Jenangan=Ruangan ..Afwan

01 May

ha..ha., waah yernyata ibu juga punya pengalaman yg luarbiasa ya dengan asalah jarum jam 1=0.10 itu..bahkan saat di Turki tuh..keren habis daah..itu pas umroh ya? he..he.. iya, V ,artinya victory, atau kemenangan..utk selalu bersemangat..salam

01 May

Wah pintarnya pak Eko mengambil hikmah dari hal yg mungkin dianggap orang kecil dan sepele. Terima kasih atas pencerahannya pak. Barakallah.

01 May
Balas

trimakasih apresiasinya bu..hanya berbagi pengalaman saat jalan jalan he..he..

01 May

Keren, pak Eko. Jadi bertambah lagi wawasan. Terimakasih, sehat selalu untuk bapak ,aamiin.

01 May
Balas

trimakasih apresiasinya bu..semoga bermanfaat..salam hormat

01 May

tulisan yang bermanfaat. ini kunci dari pk Eko yang selalu bertengger di atas artikelnya

01 May
Balas

ha..ha.., nggak juga bu..hanya kebetulan saja nih...suatusaat pembaca juga bosen ha..ha., salam

01 May

Keren Pak tulisannya, terimakasih ilmunya

01 May
Balas

trimakasih apresiasinya bu..salam

01 May

Oh, jadi seperti alasannya.. saya juga baru knp klo foto jari membentuk huruf V.. terima kasih atas ilmunya pak..

01 May
Balas

ha..ha., bisa jd begitu jg..banyaklah, tergantung mau difilosofikan seperti apa..suka suka bu.karena bebas., pasti ibu sering simbol gitu ya waktu foto, ha..ha....trimakasih apresiasinya..salam

01 May

Ulasan yg sangat bermanfaat, dari tidak tahu menjadi tahu... Salam..

01 May
Balas

trimakasih apresiasinya bu..semoga bermanfaat, .salam

01 May

Selalu ada pengetahuan baru yg didapat dari artikel bapak. Pilosofi jam dii angka 10.10. Di dua negara berbeda. Padahal kita di Indonesia, angka jamnya suka-suka. Mgk orang Indonesia nggak syka pilosofiYa pak..hehe..Terimakasih dengan 3 keistimewaan tiap10 hari di bulan ramadhan.

01 May
Balas

hm,...kitajuga suka filosofi nih tapi gak segitu dalamnya bu..trimakasih apresiasinya ya..salam hormat

01 May

Keren ulasanya pak.. terima kasih informasinya

01 May
Balas

trimakasih, semoga ada manfaatnyaya..salam hormat

01 May

Mantap sekali artikel ini. Saya dari dulu penasaran, kenapa jarum jam semua pada 10.10... Ini saya baru paham. Sepertinya penjual jam di tanah air juga harus tahu filosofi ini.

01 May
Balas

he..he., kalau di kita, suka suka bu..yg penring jamnya laku, ..ha..ha., salam deh

01 May

Masya Allah luar biasa, jalan-jalan ke Jeoang dan Jerman sambil menimba ilmu tentang jarum jam. Terimakasih pak. Barokallah

01 May
Balas

ha..ha., alhamdulillah bu..mumpung ada kesempatan jalan jalan he..he., salam hormat

01 May

Keren pak Eko ini, ternyata jam 10.10 bagi mereka mempunyai filosofi tersendiri ya. Itu yg benar Veni atau Vini ya pak ?

01 May
Balas

yg benar VENI ,bu kita sering VINI ya? he..he.. betul sekali, ada filofosinya, salam

01 May

Subhanallah tidak hanya sekedar tulisan tapi oenuh ilmu semoga bermanfaat. Baarakallah

01 May
Balas

trimakasih bu atas apresiasinya, semoga ada mnfaatnya ya..salam hormat

01 May

Penutupnya keren, Pak. Mari tetap melaksanakan ibadah puasa agar rahmat, maghfirah, dan selanjutnya dibebaskan dari api neraka untuk kita. Amin

01 May
Balas

Aamiin YRA..trimakasih pak...semoga bermanfaat...salam hormat

01 May

Ya Alloh, saya tidak bgitu perhatian. iya bener ditoko pun 10.10. juga apalgi di media digital juga diangka 10.10. yahudd pak eko

01 May
Balas

ha..ha., nah tuh khan,,,makasih atensinya ha..ha., salam

01 May

Masya Allah, selalu saja memberikan ilmu dan info untuk kita jadikan bahan renungan. Terimakasih ya pak, sehat dan bahagia selalu untuk bapak dan keluarga.

01 May
Balas

trimakasih kehadirannya, semoga ada manfaatnya nih artikel ringan ini, salam hormat

01 May

Selalu keren artikelnya bapak... Sehat dan sukses selalu. Aamiin...

01 May
Balas

alhamdulillah, semoga membawa manfaatya bu..salam hormat

01 May

Di Indonesia semua filosofi diambil, hahaha...

01 May
Balas

ha..ha., boleh bu..ayo kita buat filosofi sendiri...salam

01 May

Selalu bernas. Brarti terbukti saya WNI sejati ...buktinya nggak "ngeh" ada filosofi itu...ha ha ...

01 May
Balas

ha..ha., iya bener nih ha..ha.. dunia ketiga daah..salam

01 May

MasyaAllah keren pak, sangat inspiratif.. Selalu ada pesan yang terselip dari artikwl bapak.. Dulu saat remaja lihat jarum jam yang ditunjuk 10.10 membentuk emogi bahagia.. Jd yang datang ke toko jam akan merasa bahagia dan akan membelinya..

01 May
Balas

betul..ada makna sedikit ke situ..dan itu sah sah saja he..he.., boleh kok...trimakasih apresiasinya..salam hormat

01 May

Klu di Indonesia kok nggak ada makna filosofi nya ya Pak.., apa mungkin angka 10 itu yg memaknai kurang baik. Misalnya seperti dua orang yg satu kurus tinggi kyk angka 1 sedangkan yg lain gendut & bundar kyk angka 0.. hehe. Salam hormat saya

01 May
Balas

waduh..sampai segitu ya bu ha..ha., bisa aja..tp betul juga tuh he..he., boleh juga analisanya..salam

01 May

Ternyata ada pesan dibalik angka 10.10.

01 May
Balas

betul sekali bu..salam

01 May

Jadi semangat foto selfie dengan V,,,heheSalam...

04 May
Balas

KeKeren sekali. Saya suka. Salam

01 May
Balas

trimakasih apresiasinya..salam

01 May

Wow, Maasya-Allah, pesan berlapis, melebihi lapis legit. Saya save di otak saja poin - poin tulisan Pak Eko hari ini. Baarakallaahu fiik, Pak Eko!

01 May
Balas

ha..ha., bisa saja..trimakasih, semoga ada manfaatnya ya..salam hormat

01 May

Great Mr, you think about allthings

01 May
Balas

Artikel yang keren semoga bisa memanfaatkan angka 10 dalam tiga tahap puasa Ramadhan. Amiin

01 May
Balas

trimakasih, saya jg diingatkan pada angka 10, pembagian hari keistimewaan di bln ramadan ini..salam hormat

01 May

Wah, hebat sekali korelasi 10.10 nya dengan paragraf terakhir, mantap Pak Eko, mari kita tuntaskan 3 x 10 di bulan Ramadhan ini agar derajat Taqwa yg Allah janjikan dapat kita raih bersama, salam.

01 May
Balas

betul seklai. itu jg sebagai motivasi diri saya sendiri..salam hormat

01 May

Amin... semoga mendapat kan ketiga tiganya. 10 hari magfiroh.10 hari rohmat.10 hari bebas dr api netaka.Insaalloh . .. Mantap pak

01 May
Balas

Aamiin YRA..iya bu..mari berburu 30 hari dengan 10 perbedaannya..salam

01 May

Alhamdulillah dapat oleh-oleh lagi.Ternyata ada ilmunya juga pada posisi di mana jarum jam di letakkan. Keren. Terimakasih Pak Eko Adri Wahyudiono.

01 May
Balas

betul bu..begitulah..semoga ada manfaatnya..salam hormat

01 May

Subhanallah, sll mantap dan keren ya Pak Eko ini...Salam hormat.Salam Literasi

01 May
Balas

Massa sih mas Eko aq kok gx pernah perhatikan ya ketinggalan info dong ...Salam

01 May
Balas

ha..ha.., iya bu..semogagak ketinggalan lagi ya..salam

01 May

Saya sangat tertarik cara penyampaian dan isi tulisan Pak Eko. Top banget

02 May
Balas

Artikel Mantap Jaya, yang yang tidak pernah kita perhatikan selama ini bisa jadi tulisan yang menarik, suwun Pak pengalamannya.

01 May
Balas

trimakasih atas apresiasinya bu..semoga bisa diambil manfaatnya,.salam hormat

01 May

Keren, Pak.

01 May
Balas

trimakasih,..salam

01 May

Mantap sekali ilmunys

01 May
Balas

trimakasih apresiasinya bu..salam

01 May

selalu ada cerita menarik pak Eko tentang V atau 10.10 kalo di Indonesia kayaknya musiman deh V itu...pernah dipakai pada saat kampanye pilih no V alias no dua....hehehe

01 May
Balas

waduhh..kok sampai urusan kampanye ha..ha., gak mbahas itu lho ya, he..he.., betul sekali bu..salam

01 May

Enak membaca tulisan orang yang sudah banyak pengalaman. intinya tentu banyak membaca sehingga dalam menulis banyak yang bisa di jadikan ide. batu pun bisa di jadikan tulisan oleh pak eko. hehehe. sukses selalu. aamiin

01 May
Balas

ha..ha., trimakasih, waah ternyata jg ikut membaca artikel bicara dengan batu ya..trimakasih sekali lagi deh atas semua apresiasinya..salam hormat selalu yg selalu setia

01 May

Enak membaca tulisan orang yang sudah banyak pengalaman. intinya tentu banyak membaca sehingga dalam menulis banyak yang bisa di jadikan ide. batu pun bisa di jadikan tulisan oleh pak eko. hehehe. sukses selalu. aamiin

01 May
Balas

Wow keren, baru tahu kalau seperti itu filosofinya, terima kasih ilmunya.

01 May
Balas

iya bu..itu pengalaman saya, namun jika anda punya hambaran sendiri juga sah sah saja he..he., trimakasih..salam

01 May

Wow keren, baru tahu kalau seperti itu filosofinya, terima kasih ilmunya.

01 May
Balas

Wah pak terima kasih sekali untuk informasi nya saya baru tahu makna sebenarnya dari jam yang ada di iklan, saya pikir mereka syuting dipas jam 10.10, rupanya setingan mereka ya, pak pernah saya lihat iklan menunjukkan pukul 1.50, apakah sama maknanya?.

01 May
Balas

ha..ha., ibu bisa saja, adamaknanya bu..makanya 10.10..kesempurnaan...jika jam 1.50..itu gak mikir ke arah itu si pembuatnya..gak tahu filosofinya bu ha..ha., salam

01 May

Terimakasih kasih ilmunya pak, baru tau kalo iklan jam 10.10 punya filosofi, Alhamdulillah membaca tulisan bapak jadi semakin banyak pengetahuan. Sehat selalu buat bapak, kami tunggu artikel selanjutnya.

01 May
Balas

trimakasih apresiasinya bu..hanya berbagi pengalaman saja dr jalan jalan he..he., salam

01 May

Keren Pak..

02 May
Balas

Keren Pak..

02 May
Balas

Keren Pak..

02 May
Balas

Keren Pak..

02 May
Balas

Keren Pak..

02 May
Balas

bermanfaat sekali, saya baru tau tentang jam tangab itu, terima kasih pak

01 May
Balas

trimakasih atas kehadirannya..salam hormat

01 May

Baru tahu Pak ..angka 10 disamping sebagai angka yang istimewa dan sempurna.Ternyatan mengandung filosofis juga.Selamat menjalankan ibadah puasa.Salam Hormat

01 May
Balas

betul sekali bu..seperti itulah kurang lebih..tp semua jg terserah kita sih ha..ha., salam

01 May

keren bapak yang satu ini... selalu ada sesuatu yang baru di tulisan beliau.... saluuuuuuut buat Bapak....

01 May
Balas

waah ber;lebihan bu..biasa sajalah..trimakasih atas kehadirannya ya..salam

01 May

Awasome...sukaa bgt.. tabarakallah Pak Eko

05 May
Balas

tulisan yang sangat bagus, trksh pak

01 May
Balas

trimakasih, salam

01 May

Ilmu yg bermanfaat

01 May
Balas

aamiin YRA..semoga ya bu...salam hormat

01 May

Bener kata Mas Eko Prasetyo...coba lihat dan belajar dari tulisan Mas Eko Adri...terima kasih Pa, informatif sekali apalagi bagi penulis pemula sepertiku

15 May
Balas



search

New Post