Eko Budiyono

Menulis adalah ketenangan hati. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Gethuk dan Kopsu
Foto: Dokumen Pribadi

Gethuk dan Kopsu

Gethuk dan Kopsu

Catatan: Eko Budiyono

Malam yang dingin. Iya, malam ini tak seperti kemarin atau pun kemarin dulu. Turunnya hujan ketika para jamaah sedang menunaikan salat maghrib membuat kesejukan tersendiri dalam hati. Bahkan, khas bau tanah yang lama tak pernah terguyur oleh air hujan kini memburat baunya dan sangat menyengat. Pertanda tanah yang tadinya kering kerontang telah kembali basah. Maka, ucapan syukur Alhamdulillah tentu wajib kami ucapkan.

Pasca hujan, tentu suasana menjadi tenang dan adem. Hal ini dapat kami rasakan ketika berada jauh dari kebisingan kendaraan. Benar saja, suasana yang hening langsung terasa dan menyelimuti jiwa-jiwa yang meronta. Meronta karena seharian merasakan panasnya terik matahari pada pada musim kemarau. Turunnya hujan kali ini tentu menjadi pertanda bahwa musim kemarau akan segera berakhir.

Meski hujan tak terlalu deras, tetap saja mendinginkan jiwa-jiwa manusia pada umumnya. Untuk mengusir rasa dingin yang memberontak, tentu kita harus bisa menghardiknya. Kopi susu (kopsu) dan gethuk (makanan dari singkong) bisa jadi solusinya. Tak harus mewah dan mahal. Gethuk dan kopsu yang bisa kita buat sendiri atau dibeli dengan beberapa lembar ribuan saja bisa menjadi teman setia. Faktanya, gethuk dan kopsu bisa menghangatkan jiwa dan membuka cakrawala.

Inilah caraku untuk mengusir dinginnya malam. Bagaimana dengan Anda? Apakah sama dengan caraku yang sangat sederhana ini? (eb)

Alam Pedesaan, 19 September 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makanan sederhana yang ngangenin..Saya suka dengan selera asal Pak... sensasinya bikin bahagia, apalagi jika dimakan bersama-sama.

19 Sep
Balas



search

New Post