Eko Hastuti

Menulis bagiku menjadi salah satu sisi kehidupan yang penting. Ibarat orang hidup yang harus bernafas, menulis sebagai oksigen yang memberi kesegaran otak dan h...

Selengkapnya
Navigasi Web
Alumni yang Membanggakan

Alumni yang Membanggakan

Siswa kelas 7C sangat senang mengunjungi Festival HAM Indonesia 2018 di Sasana Adipura Kencana pada hari Rabu, 14 Nopember kemarin. Walaupun sedikit hujan-hujanan tapi semangat ingin tahunya luar biasa. Fofo tersebut diambil di depan stand Dena Upakara Wonosobo. Bersama petugas stand tersebut kami diajak foto bersama. Tidak diduga, dua diantara penjaga stand adalah alumni SMPN 1 Wonosobo tahun 80-an. Jadi aku belum sempat ngajar mereka, kecuali satu yang berdiri di belakang itu, mantan siswa yang telah sukses menjadi pegawai salah satu instansi di Wonosobo. Sayang namanya lupa padahal tadi sudah diingatkan.

HAM di telinga awan masih terasa asing, demikian juga bagi pelajar. Karena itu mereka perlu dikenalkan lebih dini, agar mereka tahu kita apa pun agamanya, budayanya, bagaimana pun kondisinya, tingkat pendidikan, umur, latar belakang sosial keluarga, dan lainnya, punya hak yang sama. Selain kesadaran tersebut, anak-anak diharapkan menjadi bersyukur atas karunia Tuhan yang telah dilimpahkan dan kesehatan serta kesempurnaan fisik kita. Hingga kita punya empati pada ketidaksempurnaan orang lain lalu peduli, memaklumi keterbatasan mereka, dan mau membantu di saat diperlukan. .

Selain mengajarkan kepedulian kepada orang lain, penyelenggara festival berharap tumbuh jiwa toleransi dan keadilan dalam berbangsa dan bernegara Indonesia. Beberapa siswa yang berani tampil, menyanyi, menjawab kuiz, mengisi buku tamu, mendapat hadiah yang menyenangkan, seperti topi, tas, dompet, buku, dan lainnya. .

Ternyata kita juga punya hak mendapat layanan publik yang prima. Tidak terkendala mental pelayanan yang buruk, seperti kurang cepat, kurang jelas, kurang menghargai, menyepelekan, mempersulit hal yang mudah, dan lainnya. Semua itu ternyata bisa dilaporkan ke pihak yang berwenang.

Ketika sampai stand lainnya, eh.. ketemu lagi beberapa mantan siswa alias alumni spensa. Satu di stand Telkom, satu di stand Kopi Bowongso, termasuk personil penyelenggara pun ada alumni spensa. Wah, senang dan bangga melihat mereka berjaya. Bukankah kesuksesan alumni itu jadi salah satu kualitas penyelenggaran sekolah yang baik? Semoga adik-adik kelas dapat mencontohnya. Amin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Duuuh...bangga dan bahagianya bu guru ketika ketemu alumni yang sukses, njih mbak ? Event-event seperti ini memang dapat kita manfaatkan untuk menginspirasi dan memotivasi anak didik. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Srikandi Dieng.

15 Nov
Balas

Benar Dikku, senang dan bangga melihat alumni pada sukses. Sama siswa-siswiku, kuperkenalkan: itu lho kakak kelasmu pinter dan sukses, kalian harus mencontoh mereka. Semoga menginspirasi untuk berprestasi dan dapat membawa nama baik sekolah. Amin. Makasih dah singgah, semoga sehat selalu.

15 Nov

Asyiiiik dan ada kebanggaan serta bahagia jika beryemu dg para alumni. Sukses selalu dan barakallah

15 Nov
Balas

Benar bu Siti Ropiah, senang tak terhingga, bangganya luar biasa. Amin, makasih perhatian, apresiasi, dan doanya. Semoga ibu sehat dan sukses juga.

15 Nov



search

New Post