Eko Hastuti

Menulis bagiku menjadi salah satu sisi kehidupan yang penting. Ibarat orang hidup yang harus bernafas, menulis sebagai oksigen yang memberi kesegaran otak dan h...

Selengkapnya
Navigasi Web
Perempuan Tangguh

Perempuan Tangguh

Menelusuri jalan menuju ke obyek wisata Telaga Menjer ternyata punya banyak cerita. Bahkan sejak belok kiri di pertigaan Garung kalau dari arah Wonosobo - Dieng, sudah mengusik. Tepat di sebelah kiri pertigaan PLTA Garung tersebut terdapat penjual mie ongklok, lengkap dengan tempel kemul, kopi, teh panas, dan menu lain yang cocok buat penghangat pagi yang dingin. Beberapa meter ke depan, jalan mulai menikung dan menanjak. Beberapa papan penunjuk jalan mulai bertebaran, seperti "Bukit Cinta", "Telaga Menjer", "Seroja", dan lainnya.

Suasana tenang, cuaca sejuk, udara segar begitu terasa mendamaikan. Di sebelah kanan jalan terhampar saluran air dalam ukuran besar bercat hijau tua. Saluran irigasi yang bersumber dari Telaga Menjer tersebut terlihat kokoh, gagah, dan perkasa, menjunjukkan bahwa kebutuhan air untuk pertanian melimpah.

Pada perjalanan selanjutnya terlihat petani bergeliat, bekerja di ladang, merumput, mencangkul, dan aktivitas lainnya. Ada ibu-ibu yang sepagi itu sudah pulang menggendong kayu bakar. Ada juga ibu-ibu yang mengendong rumput dengan selendang. Dengan baju khasnya, perempuan-perempuan tangguh tersebut menaiki dan menuruni bukit. Padahal usia mereka sudah tidak muda lagi, tapi semangat juang untuk meniti kehidupan ini terus berkobar. Itu yang harus dicontoh agar menapaki kehidupan sekeras apa pun harus dijalani dengan tabah dan amanah.

Perjalanan berikutnya semakin terjal dan berliku, tapi pemandangan di kanan kiri jalan sangat mempesona. Hampir setiap sudut indah, sejauh mata memandang terlihat hamparan bukit yang menghijau. Petani di ladang-ladang jagung, tembakau, loncang dan bawang merah begitu bergairah. Memang kita perlu sekali waktu menyaksikan panorama seperti itu. Agar ada rasa syukur, tumbuh semangat, dan selalu berenergi dalam menjalani kehidupan.

Jalan sempit yang hanya satu jalur itu memberi pengalaman yang mendebarkan. Belum lagi ketika melihat tebing tinggi di tepi jalanan tersebut. Wih, dag-dig dug debar jantung ini berdenyut tak karuan. Namun begitu sampai ke puncak, semua terbayar dengan tamasya yang indah. Pemandangan alam yang mempesona, hamparan telaga di Bukit Cinta, Bukit Seroja.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pingin ke Wonosobo. Dan ingatkan soal kopinya.ok.bu

12 Jul
Balas

Ayo pak ke Wonosobo, terus mampir ke Manggisan Asri, ntar tak buatkan kopi sama tempe kemul haha..

13 Jul

Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa bersyukur dalam menjalani hidup ini. Perempuan-perempuan tangguh dengan semangat yang tetap berkobar, tak peduli usia yang mulai renta. Bagi mereka hidup ini harus diperjuangkan. Hal-hal seperti ini yang seharusnya mampu membuka mata dan hati kita bahwa betapa banyak nikmat yang telah diberi. Di satu sisi, keindahan alam ciptaan Allah seharusnya semakin membuat kita menyadari akan kebesaranNya sehingga bertambah pula ketaqwaan kita kepada-Nya. Jazakillah khoir untuk tulisan yang mengajarkan kita arti rasa syukur. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Srikandi Dieng.

12 Jul
Balas

Alhamdulillah, sapa Dikku ini begitu hangat. Ternyata penulis handal itu sekaligus apresiator yang handal pula. Dengan cepat dapat mengambil makna dan inti tulisan orang lain. Bahkan daya tangkapnya lebih dalam dari yang tersurat. Makasih Dik Nana, salam sehat, sukses, dan semoga berkah. Amin YRA.

13 Jul

Mereka wanita tangguh yg sesungguhnya. Smoga slalu dlm keberkahan. Juga utk kita. Aamiin

12 Jul
Balas

Betul bu Ratih, saya kadang sok malu dengan diri sendiri yang mudah mengeluh. Tapi kalau lihat ibu-ibu seperti itu jadi sadar dan bersyukur. Amin, semoga kita selalu diberi kesehatan, kemudahan, dan keberkahan. Salam sehat dan sukses ya. Makasih.

13 Jul



search

New Post